kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%
ADV / ADV

Dosen S2 Akuntansi Telkom University Siapkan Sistem Akuntansi untuk UMKM di Bandung


Kamis, 04 Juli 2024 / 11:14 WIB
Dosen S2 Akuntansi Telkom University Siapkan Sistem Akuntansi untuk UMKM di Bandung
Dok. Telkom University

KONTAN.CO.ID - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bandung relatif banyak, yang menjadi binaan Rumah BUMN-Bandung sekitar 1000-2000. Sebagai sektor informal, UMKM mampu bertahan Ketika menghadapi krisis ekonomi 1998. Tidak demikian Ketika menghadapi Covid 19, UKM menghadapi kesulitan memperoleh bahan baku, sehingga pendapatan yang diperoleh menurun, bahkan relatif banyak yang gulung tikar. Pasca Covit-19, UMKM bangkit Kembali.

UMKM berkontribusi pada Product Domestic Bruto 61% dan menyerap tenaga kerja sebesar 97%. Hal ini menunjukan UMKM mudah bangkit dan beradaptasi. Oleh karena itu perlu pemberdayaan UMKM. Para pengusaha UMKM menginginkan usahanya menghasilkan keuntungan dan berkembang, serta terukur melalui tertib administrasi keuangan.

Pemilik UKM secara sederhana sudah berupaya melakukan pencatatan keuangan atas usahanya, namun demikian karena dilakukan secara manual dan belum sepenuhnya memahami akuntansi, maka laporan keuangan atau informasi akuntansi yang dihasilkan kurang akurat dan menyita waktu. Atas hal tersebut Dosen Prodi S2 (Magister) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Telkom University menyiapkan sistem akuntansi UMKM. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Pelatihan dengan narasumber Dosen Magister Akuntansi; Dr. Majidah, SE., MSi dan Dr. cahyaningsih, SE., MSi., Ak., CA. Pelatihan ini dilanjutkan dengan pendampingan pemanfaatan Sistem informasi akuntansi dengan memanfaatkan Komputer.

Pendampingan ini dilakukan oleh para Mahasiswa Prodi Akuntansi. Para Peserta yang merupakan UMKM binaan Rumah BUMN antusias mengikuti kegiatan ini, karena dengan pemanfaatan teknologi informasi, dapat mencatat transaksi secara akurat dan cepat dapat diperoleh laporan keuangan UMKM, sehingga akaktivitas usaha mereka terukur.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat, Skema Teknologi Tepat Guna yang merupakan Program Hibah Internal Bagian Pengabdian- Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom. Kegiatan ini diikuti oleh 50 UKM binaan Rumah BUMN- Bandung.

Selanjutnya: PLN Gandeng 28 Mitra Badan Usaha Kembangkan SPKLU, SPBKLU, dan Home Charging

Menarik Dibaca: Cuaca Besok (5/7) di Jakarta Berpotensi Turun Hujan Petir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU

×