kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%
ADV /

DAIKIN Center of Excellence Kembangkan Kompetensi Siswa SMK di Jawa Barat


Rabu, 19 Juni 2024 / 16:50 WIB
DAIKIN Center of Excellence Kembangkan Kompetensi Siswa SMK di Jawa Barat
ILUSTRASI. Kontan - Daikin Advertorial Online

KONTAN.CO.ID - Perusahaan air conditioning (AC) ternama di Indonesia, PT. Daikin Airconditioning Indonesia atau DAIKIN resmi membuka program Pusat Keunggulan DAIKIN (DAIKIN Center of Excellence) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cimahi, pada Selasa (11/6). Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia Budi Mulia menjelaskan, program Pusat Keunggulan DAIKIN menjadi komitmen perusahaan dalam mendorong pendidikan vokasi di Indonesia. Pembangunan ini sekaligus mencatatkannya sebagai Pusat Keunggulan DAIKIN pertama bagi SMK di Jawa Barat.

Secara rinci, Pusat Keunggulan DAIKIN di SMKN 1 Cimahi ini menempati satu ruang khusus di antara bangunan kelas. Bagian dalam pun memiliki interior layaknya kelas pada umumnya. Namun, ruangan khusus ini memiliki rak dengan deretan unit AC DAIKIN yang terpasang untuk praktek siswa.

DAIKIN Goes to Campus

Diantara deret produk bagi pendukung praktek siswa didik ini yaitu AC single split bagi hunian dan AC SkyAir DAIKIN yang peruntukannya bagi bangunan komersial. Sementara pada bagian dinding, tertutup poster yang berisikan berbagai pengetahuan terkait dengan AC.

“Menjadi pengembangan kolaborasi kami dengan sekolah, Pusat Keunggulan DAIKIN ini dirancang untuk memberi manfaat utama bagi peningkatan kompetensi siswa didik. Khususnya terkait refrigerasi dan tata udara,” ujar Budi Mulia.

Mengenai kolaborasinya dengan sekolah, Budi Mulia menyatakan, hal ini tertuang dalam nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia sejak 25 Juli 2019 silam. Dalam nota kesepahaman tersebut, kolaborasi DAIKIN dengan berbagai instansi pendidikan vokasi ini meliputi penyelarasan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, menjadi guru tamu, praktek kerja lapangan bagi guru dan siswa, hingga donasi unit praktek guna mendukung pembelajaran di sekolah.

Sejak saat itu, DAIKIN terhitung telah menjalin kerjasama dengan 38 SMK dan delapan Balai Latihan Kerja di Indonesia. “Keberadaan Pusat Keunggulan ini menjadi kesinambungan kelanjutan langkah kami dari berbagai kolaborasi ini,” tambah Budi Mulia.

Selain bagi siswa didik SMKN 1 Cimahi, kolaborasi ini harapannya dapat bermanfaat sebagai lokasi penyelenggaraan uji kompetensi berbasis standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi di masa depan. Hal ini sejalan dengan harapan DAIKIN akan keberadaan Pusat Keunggulan ini agar dapat memberikan manfaat lebih luas yang menjangkau berbagai pihak di luar SMKN 1 Cimahi. Tak hanya sebagai pusat pelatihan, namun pula menjadi tempat pengujian bersama bagi sekolah mitra maupun asosiasi yang terkait dengan refrigerasi dan tata udara.

“Semakin tingginya kompetensi calon tenaga ahli memberi peluang besar bagi industri untuk mendapatkan sumber daya manusia dengan kompetensi unggul.  Hal yang menjadi salah satu kunci utama kemajuan perusahaan,” ujar Budi Mulia.

Bagi DAIKIN, program Pusat Keunggulan berguna untuk mendapat tenaga ahli berkompetensi memadai serta mendukung operasional bisnis perusahaan. Tercatat, DAIKIN kini telah memiliki 16 kantor perwakilan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Secara bisnis, DAIKIN sudah berkolaborasi dengan 1,400 mitra bisnis dalam mendukung distribusi produk dan layanan. Terlebih lagi, tahun depan akan menjadi fase baru DAIKIN di Indonesia dalam memulai produksi AC di dalam negeri melalui fasilitas produksi yang sedang dibangun di Cikarang.

Kontan - Daikin Advertorial Online

“Hal ini setidaknya dapat menjadi gambaran sedemikian besarnya kebutuhan sumber daya manusia dengan kompetensi memadai di bidang refrigerasi dan tata udara,” ujarnya pula.

Menyambut resminya pembukaan Pusat Keunggulan DAIKIN ini, Kepala Sekolah SMKN 1 Cimahi Agus Priyatmono Nugroho, S.Pd., M.Si. berharap, sinergi yang terus berkembang dengan DAIKIN ini dapat berlanjut di masa mendatang. “Kami sangat menyambut baik sinergi dengan industri yang berbuah berdirinya Pusat Keunggulan ini. Sekaligus berharap, sinergi ini akan terus berkembang di masa mendatang,” ujar Agus Priyatmono Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×