kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Apakah Bijak Membeli Barang Elektronik dengan Cara Dicicil?


Kamis, 25 Mei 2023 / 16:42 WIB
Apakah Bijak Membeli Barang Elektronik dengan Cara Dicicil?
ILUSTRASI. Kontan - Kredivo Adv Online

KONTAN.CO.ID - Bagi Anda yang baru memiliki rumah, mengisi perabotan rumah seperti kulkas, mesin cuci, kompor, oven dan lain sebagainya, memang sangat berat untuk langsung membeli semua. Baru selesai membeli furniture, perabotan elektronik rumah sudah harus dibeli.

Tak ayal banyak yang memanfaatkan cicilan elektronik online dari berbagai lembaga, mulai dari kartu kredit, hingga layanan fintech seperti Kredivo, yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Hartono hingga Electronic City.

Memang, jika Anda memanfaatkan fintech seperti Kredivo, proses pendaftarannya sangat mudah dan bunga yang diberikan juga cukup ringan, yaitu 0% untuk paylater 30 hari dan cicilan 3 bulan, dan bunga rendah 2,6% saja per bulan untuk tenor 6 dan 12 bulan.

Namun, apakah bijak membeli barang elektronik dengan cara dicicil? Apakah barang elektronik adalah sebuah kebutuhan yang layak untuk dicicil? Mari simak ulasan berikut.

Tidak apa membeli barang elektronik menggunakan paylater, asalkan..

1. Masa Pakainya Panjang

Apabila Anda membeli suatu barang dengan harga yang cukup merogoh kocek, dan membelinya menggunakan cicilan elektronik online, hal yang patut dipertimbangkan adalah masa pakainya.

Jangan sampai Anda membeli barang yang masa pakainya hanya satu tahun saja. Apalagi jika cicilan Anda belum lunas, tetapi barang sudah tidak bisa dipakai lagi atau mulai menimbulkan gejala rusak.

Alangkah baiknya riset terlebih dahulu barang yang memiliki masa pakai yang panjang, karena idealnya barang elektronik bisa dipakai hingga lima tahun. Tidak apa sedikit mahal, apabila kualitas bagus dan awet, barang tersebut pasti worth it untuk dibeli.

2. Bisa Menunjang Pekerjaan

Saat membeli barang elektronik menggunakan cicilan elektronik online, seperti mesin kopi rumahan, pastikan memang Anda ingin merasakan manfaat dari produk tersebut, bukan sekedar ingin punya saja, padahal Anda tidak begitu suka kopi. Sementara, cicilan setiap bulannya terus berjalan.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan paylater, pastikan membeli barang elektronik yang benar-benar bermanfaat, dan menunjang pekerjaan Anda sehari-hari. Seperti mesin cuci, kulkas ataupun air fryer.

Pembelian yang bisa menunjang pekerjaan, sangat layak untuk membelinya menggunakan layanan cicilan elektronik online.

3. Mengetahui Kemampuan Bayar Diri Sendiri

Meski Anda sudah tahu apa saja barang elektronik yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan Anda, jangan langsung membelinya sekaligus tanpa mempertimbangkan arus keuangan.

Sebut saja Anda membeli smart tv seharga Rp17 juta, jangan sampai tagihan bulanan Anda melebihi kemampuan bayar. Misalnya, gaji Anda Rp5 juta, 50% gaji sudah disisihkan untuk kebutuhan sehari-hari, 20% gaji wajib masuk ke tabungan, lalu sisa 30% ini (Rp1,5 juta) adalah jumlah maksimal cicilan yang bisa Anda bayar.

Apabila tagihan cicilan pembelian smart tv Anda melebihi Rp1,5 juta, lebih baik beli sesuai kemampuan saja, atau split pembayaran melalui berbagai macam metode yang disediakan oleh e-commerce atau toko yang menjual barang tersebut.

4. Menggunakan Promo yang Ada

Nah, ini yang bisa membuat Anda semakin hemat membeli barang elektronik menggunakan Kredivo, karena Kredivo selalu menyediakan promo menarik yang membuat barang belanjaan Anda semakin hemat.

Apabila Anda membeli barang elektronik di Tokopedia, Bukalapak, BliBli, Electronic City, Hartono Elektronika, hingga IKEA, Anda bisa mendapatkan diskon 5% hingga Rp500 ribu.

Bukan cuma itu, Anda juga bisa mendapatkan bebas cicilan 1 bulan, di Blibli, Bukalapak, Hartono, IKEA, hingga Tokopedia, apabila Anda memilih tenor 12 bulan. Info lengkap Anda bisa kunjungi website Kredivo.

Nguntungin banget kan pakai paylater dari Kredivo? Yuk, download Kredivo di Apps Store atau Play Store yang ada di smartphone Anda! Lalu, dapatkan limit hingga Rp30 juta dengan mendaftarkan diri sebagai akun Premium Kredivo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

×