kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Ungkapan Syukur dan Sukacita Nojorono Kudus 90 Tahun Berkiprah di Industri


Selasa, 18 Oktober 2022 / 12:11 WIB
Ungkapan Syukur dan Sukacita Nojorono Kudus 90 Tahun Berkiprah di Industri
ILUSTRASI. Kontan - PT. Nojorono Tobacco International Adv online

KONTAN.CO.ID - Tepat 14 Oktober 2022 lalu, Nojorono Kudus merayakan kiprahnya di industri selama sembilan dekade. Memilih tema “Hidup yang Menghidupi”, Nojorono Kudus menghadirkan rangkaian kegiatan acara yang diisi berbagai kegiatan sosial dan kemeriahan pertunjukan. Dimulai pada 5 Oktober 2022, perusahaan menggelar kegiatan bersama pekerja linting di salah satu pabriknya di Kudus. Dalam acara tersebut, perusahaan memberikan penyuluhan akan pentingnya menjaga kualitas produk kepada perwakilan pekerja giling. Bahan baku terbaik, selalu menjadi prioritas utama Nojorono Kudus. Hal ini tentunya harus diselaraskan dengan standar proses produksi untuk jaminan kualitas, agar dapat memenuhi ragam kebutuhan konsumen.

Selanjutnya pada 10 Oktober 2022, Nojorono Kudus menyalurkan bantuan untuk Rumah Khalwat dan Balai Budaya Rejosari (BBR) yang berlokasi di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Penyerahan bantuan ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan dalam kontribusi sosial dan budaya, serta misi pelestarian budaya sebagai karakter bangsa. “Kita harus memiliki kesadaran pentingnya melestarikan budaya di Indonesia, karena karakter bangsa yang kokoh tercermin atas budaya yang dipelihara masyarakat secara konsisten dan berkelanjutan,” ungkap Stefanus JJ Batihalim selaku Direktur Utama PT Nojorono Tobacco International.

Kegiatan sosial lainnya berlangsung pada 13 Oktober lalu. Nojorono Kudus memberikan bantuan dana pendidikan untuk ratusan putra dan putri karyawan pelinting SKT Nojorono Kudus, dari tingkat SD hingga SMA. Harapannya, bantuan dana pendidikan ini dapat meringankan beban yang harus ditanggung orang tua, serta mampu menurunkan angka putus sekolah yang kerap terjadi di Indonesia. Nojorono Kudus meyakini perlunya mendukung pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat sekitar, khususnya Kabupaten Kudus. Terlebih pemberian bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi masyarakat sekitar untuk mendukung pencapaian wajib belajar.

Mendukung UMKM

Kontan - PT. Nojorono Tobacco International Adv online

Pada acara puncak perayaan, Nojorono Kudus melalui Yayasan Karya Bakti Nojorono (YKBN) meluncurkan buku yang bertajuk “Caping Kalo”, sebagai bentuk “Hidup yang Menghidupi” bagi kebudayaan. Buku ini dicatatkan sebagai Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal, tentang Caping Kalo sebagai Ekspresi Budaya Tradisional maupun sebagai Pengetahuan Tradisional. Seremoni peluncuran buku ini dihadiri oleh Bupati Kudus beserta jajaran pejabat Pemkab Kudus, yang mengapresiasi Nojorono Kudus atas inisiasinya untuk turut berkecimpung dalam pelestarian budaya khas Kudus. “Saya atas nama Pemkab Kudus sungguh mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Nojorono Kudus. Semoga dengan upaya ini, Caping Kalo makin dikenal dan terjaga dari kepunahan,” tutur Bupati Kudus HM Hartopo dalam pidatonya.

Momentum perayaan HUT Nojorono Kudus ke-90 juga dimanfaatkan sebagai momen bersyukur melalui siraman rohani dan misa yang diselenggarakan pada 13 serta 14 Oktober. Nojorono Kudus bersama seluruh pemangku kepentingan di dalamnya memanjatkan doa dengan itikad mulia untuk senantiasa diberkati agar tetap mampu menjadi cahaya dan berkah bagi khalayak luas hingga dekade mendatang.

Selain kegiatan sosial dan berdoa bersama, perusahaan turut membagikan rasa syukur kepada masyarakat dengan bazar bertajuk Semarak Semanak. Acara ini antara lain menghadirkan hiburan musik yang menyemarakkan suasana. Kegiatan berlangsung tertib dan disambut hangat oleh masyarakat sekitar, mulai dari 12 Oktober hingga 15 Oktober.

Kontan - PT. Nojorono Tobacco International Adv online

T. Sugiyanto selaku CSR Department Head PT Nojorono Tobacco International menyampaikan bahwa bazar ini menyediakan beragam produk UMKM asli Kudus. “Kami memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM di Kudus untuk terus berinovasi dan memperkenalkan produknya ke khalayak umum. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian Nojorono Kudus mewadahi para sahabat UMKM untuk mengenalkan kreasi produknya yang berpotensi mengambil andil dalam menggerakkan roda ekonomi daerah, khususnya di Kudus,” terang T. Sugiyanto.

Elisa Kusumo selaku Ketua Panitia HUT 90 tahun Nojorono Kudus menambahkan, Nojorono Kudus secara masif berupaya turut berbagi menjadi Cahaya di tengah Asa. Hal ini adalah wujud ungkapan sukacita merayakan sembilan dekade berkiprahnya Nojorono Kudus sebagai industri padat karya.

“Nojorono Kudus hadir karena adanya dukungan dari masyarakat Kudus, sehingga akan menjadi suatu kehormatan bagi kami untuk turut berbagi kebahagiaan dengan masyarakat, khususnya masyarakat sekitar Kudus. Tentunya dukungan Nojorono Kudus dalam bentuk kontribusi sosial, diharapkan mampu mendukung budaya daerah Kudus agar tetap lestari dan terjaga ke depannya, serta memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Harapannya, Nojorono Kudus akan tetap Hidup untuk Menghidupi selalu ke depannya,” jelas Elisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×