kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,95   2,36   0.25%
  • EMAS938.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.11%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%
ADV /

Transformasi Digital Butuh Teknologi AI yang Aman


Jumat, 03 Desember 2021 / 04:37 WIB
Transformasi Digital Butuh Teknologi AI yang Aman
ILUSTRASI. Kontan - Juniper Networks Adv Online

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung membuat kita menyadari betapa pentingnya peran jaringan dalam mendukung dan menghubungkan pekerja jarak jauh, dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya di Indonesia.

Sekarang, lebih dari sebelumnya, perusahaan dan organisasi di Indonesia membutuhkan inovasi jaringan untuk menghubungkan ide dan mengeluarkan potensi mereka sepenuhnya.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga terus berupaya melakukan percepatan transformasi digital. Dengan tersedianya infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang memadai memungkinkan para pelaku UMKM Indonesia untuk dapat beralih ke digital.

Salah satu cara untuk bisa mengembangkan transformasi digital yakni dengan mengadopsi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Kemenkominfo menyoroti bahwa berdasarkan survei dan observasi yang telah dilakukan oleh banyak platform bisnis, AI telah secara umum digunakan oleh berbagai bisnis di Indonesia untuk melakukan market intelligence, meningkatkan user experience, serta upaya dalam pengembangan bisnis.

Sebuah survei di tahun 2021 oleh Juniper Networks tentang AI mengungkapkan bahwa 95% dari 700 responden mengaku bahwa perusahan mereka, baik bisnis produk maupun jasa, mendapat manfaat dari AI. Dari hasil riset yang sama, 75% responden Asia Pasifik sekarang menganggap AI sebagai prioritas strategis utama.

Dengan menghadirkan kemudahan, tahan uji dan keamanan jaringan melalui AI, tim IT dalam organisasi dapat lebih fokus mengerjakan tugas yang lebih penting. Pengguna juga dapat memperoleh manfaat dari AI tanpa perlu mempekerjakan seorang ahli AI.

Dengan mengintegrasikan AI dengan infrastruktur IT yang mumpuni, perusahaan dan organisasi dapat bersiap menuju kesuksesan dalam perjalanan transformasi digital mereka.

 

Membangun Jaringan Aman yang Didukung oleh AI

Untuk menjawab tantangan tersebut, Juniper Networks hadir menyederhanakan jaringan untuk perusahaan, organisasi maupun UMKM agar dapat bertransisi menuju era multi-cloud. Tentunya jaringan yang disediakan aman dan berbasiskan otomatisasi AI semudah mungkin.

Juniper Networks juga memiliki fitur Mist AI dengan menghadirkan jaringan berbasis AI pertama lima tahun lalu. Fitur ini memenuhi kebutuhan jaringan self-driving yang mengoptimalkan pengalaman pengguna (membuat Wi-Fi lebih dapat diprediksi, andal, dan terukur) dan menurunkan biaya IT (biaya operasional nirkabel) melalui end-to-end automation dan insight.

Dalam lingkungan remote working saat ini, ada kebutuhan bagi tiap perusahaan untuk menyediakan jaringan yang cepat, koneksi yang andal dan memastikan tiap data aman untuk memenuhi peningkatan tuntutan bisnis. Dengan bantuan Enterprise at Home Solutions dari Juniper Networks, perusahaan dapat mencapai transformasi digital mereka dengan manajemen yang terpusat dan operasi proaktif yang menghemat waktu dan uang, sekaligus memaksimalkan efisiensi karyawan.

Diakui dalam inovasi teknologinya, Juniper Networks dinobatkan sebagai Leader dalam Magic Quadrant 2021 untuk Wired dan Wireless LAN Infrastructure selama dua tahun berturut-turut.

Celah keamanan siber di Indonesia masih terbuka sehingga menimbulkan kerentanan peretasan dan pencurian data. Hal ini tidak terlepas dari kurangnya infrastruktur yang memadai dan minimnya kepedulian terhadap perlindungan data.

Menanggapi kebutuhan akan perlindungan data dan keamanan jaringan, Juniper Networks menawarkan Connected Security – teknologi yang memperluas keamanan ke setiap titik koneksi, dari klien hingga cloud, di seluruh jaringan, melindungi tenaga kerja jarak jauh, aplikasi, dan infrastruktur. Hal ini melengkapi organisasi dengan threat-aware networks agar jaringan tetap lancar dan terlindungi.

 

Memperoleh Manfaat Penggunaan AI

Dengan Mist AI, operator dapat menghemat waktu dan uang dengan penyelesaian masalah yang lebih cepat dan kunjungan ke lokasi yang lebih sedikit. Pengguna juga mendapat manfaat dari infrastruktur jaringan yang lebih dapat diprediksi, andal, dan terukur.

Salah satu kisah sukses perusahaan yang menggunakan jasa dari Juniper Networks adalah Alamanda College. Sekolah milik pemerintah yang berlokasi di Melbourne, Australia yang dibuka pada 2013 dan melayani pendidikan dari usia TK hingga SMP ini memutuskan untuk memindahkan semua infrastruktur dan datanya ke basis cloud.

Sejak menggunakan jaringan kabel dan nirkabel Juniper Networks yang kohesif dari Mist AI, siswa, guru, dan administrator menikmati pengalaman belajar digital yang lebih baik dengan koneksi yang andal ke alat pembelajaran online, video, dan Internet.

Sebelum menggunakan jaringan yang disediakan oleh Juniper Networks, Alamanda College mendapat 10 panggilan sehari dari klien karena jaringan tidak dapat terhubung.

Seperti halnya di Korea Selatan, JoongAng Group yang merupakan group media konglomerat juga menggunakan teknologi dari Juniper Networks. Setelah menyelesaikan gedung JTBC yang menjadi pusat operasinya pada tahun 2019, perusahaan ini memulai persiapan untuk menyebar tenaga kerjanya pada dua gedung perkantoran. JoongAng Group ingin memperkenalkan sistem jaringan generasi berikutnya yang akan memberikan pengalaman terpadu bagi semua karyawan di kedua gedung tersebut.

Dengan jaringan berbasis AI Juniper Networks, JoongAng Group telah melompat selangkah lebih maju dari industri lainnya. Khususnya pada efisiensi jaringan dan memanfaatkan otomatisasi untuk menurunkan biaya IT sambil memaksimalkan end-user experience.

Manfaat digitalisasi dapat dirasakan bila ketiga komponen transformasi digital – orang, bisnis, dan teknologi berkolaborasi. Hasil dari kolaborasi tersebut dapat menjadi fondasi bisnis yang berfokus pada pertumbuhan bisnis berkelanjutan dan mengutamakan kepuasan pelanggan.

Untuk itu teknologi kekuatan AI bisa dimanfaatkan secara maksimal, bila dipadukan dengan segenap anggota perusahaan untuk bergerak maju bersama. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari upaya transformasi digital dan pemanfaatan AI, penting untuk memiliki platform terpercaya.

Percepatan transformasi bisnis digital dapat dilakukan apabila teknologi AI diintegrasikan melalui inovasi jaringan yang aman dan terlindungi.

Untuk info lebih lanjut kunjungi website untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana Juniper Networks dapat mengubah bisnis Anda.

Selanjutnya: 6 Hal yang Bisa Orang Tua Lakukan Ketika Anak Berperilaku Tidak Sopan


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal
Tag

TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing #TanpaIklan, #TanpaCoding, #PraktekLangsung NEGOSIASI & MEDIASI PENAGIHAN Batch 2

×