kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS996.000 0,40%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%
ADV / ADV

Toyota New GR Supra Yang Tampil Lebih Bertenaga


Sabtu, 26 September 2020 / 07:28 WIB
Toyota New GR Supra Yang Tampil Lebih Bertenaga
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Setelah 1 tahun resmi mengaspal di jalanan Indonesia, PT Toyota–Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran (facelift) pada New GR Supra menjadi jauh lebih bertenaga, stabil, dan sporty serta hadir dengan varian Special Edition yang tampil menonjol dengan warna Horizon Blue.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto menjelaskan sejak diperkenalkan sejak tahun lalu, GR Supra mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat Indonesia. Kehadiran mobil teratas Toyota ini ditujukan untuk konsumen yang ingin mencoba sensasi berkendara yang menyenangkan  baik di lintasan pacu maupun di jalan raya.

“Melalui New GR Supra ini, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever–Betters Cars bagi para pelanggannya,” kata Henry Tanoto.

Mesin 3.000 cc 6-silinder pada GR Supra telah dikembangkan sehingga tenaga maksimal menjadi 387 PS dari sebelumnya 340 PS. Tenaga maksimal itu dapat dicapai pada putaran mesin 5.800-6.500 rpm dengan torsi maksimal sekitar 50.5 kgm pada putaran mesin 1.800-5.000 rpm.

Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy menjelaskan Toyota terus berupaya agar bisa secepatnya memboyong New GR Supra ke Indonesia. Hal ini sebagai bukti komitmen Toyota menghadirkan kendaraan terbaik untuk konsumen di semua segmen.

“New GR Supra adalah persembahan terbaik dari Toyota untuk pengemar sports car di mana pun berada, termasuk di Indonesia. Dari 12 unit yang dialokasikan untuk Indonesia, semuanya sudah habis terjual,” kata Anton.

Catatan saja, GR Supra adalah Generasi ke-V dari legenda sports car Toyota Supra, dimana generasi pertamanya diluncurkan pada 1978. Setelah sempat vakum selama 17 tahun, yaitu sejak Toyota menghentikan produksi Generasi Supra ke IV pada 2002, Toyota kembali memperkenalkan GR Supra generasi terbaru pada Januari 2019 di Detroit pada ajang North American International Auto Show, Amerika Serikat.

Dalam waktu tidak terlalu lama, penggemar sports car di Indonesia juga sudah bisa ikut merasakan performa GR Supra yang diperkenalkan secara resmi pada ajang pameran GIIAS 2019. Bahkan satu tahun setelahnya, kini pelanggan dapat langsung mencoba New GR Supra yang lebih bertenaga di Indonesia.

Anton menambahkan GR Supra dikembangkan dengan misi untuk mencapai kenyamanan berkendara. Tak hanya mumpuni di lintasan pacu namun menjanjikan performa kelincahan saat berada di jalan raya.

“Kehadiran GR Supra merupakan bagian dari semangat Toyota untuk senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan,” kata Anton.

GR Supra dikembangkan oleh tim teknisi GAZOO Racing melalui serangkaian uji coba yang panjang, baik di jalan raya maupun sirkuit. Bahkan meski masih dalam bentuk prototipe, mobil ini turut diikutsertakan dalam lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nürburgring, Jerman. Hal ini merupakan cara untuk menemukan komposisi dan kunci terbaik sports car sejati dengan tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

GAZOO Racing (GR)

Partisipasi TOYOTA GAZOO Racing (TGR) di dunia motorsport punya satu misi khusus yaitu tidak hanya meningkatkan performa mobil balap, tapi juga kemampuan orang-orang yang membuatnya. Pengalaman dan data yang didapatkan dari arena balap kemudian dibawa ke pabrik sebagai acuan mengembangkan mobil baru. Ini telah menjadi filosofi manufaktur Toyota sejak era founder Kiichiro Toyoda.

Dunia balap mengungkap potensi terbaik kendaraan, sesuatu yang tidak bisa dilihat dalam kondisi normal setiap hari. Dunia balap memberikan Toyota kesempatan untuk menguji sebuah mobil hingga limit tertingginya dan menekan batas itu lebih jauh “to make ever better cars”.

Tidak berhenti di situ, TGR juga meyakini sebuah filosofi yaitu “Roads Build People and People Build Cars”, yang memiliki arti bahwa semua aktivitas di arena balap dapat mengasah sensor dan insting engineer Toyota untuk mengembangkan mobil balap dalam memenuhi tuntutan di lapangan.

Resmi berdiri pada tahun 2015, TGR melebarkan sayapnya salah satunya dengan tidak hanya mengembangkan mobil balap, namun juga turut mengembangkan beberapa produk Toyota hingga menjadi sebuah line-up baru yaitu GR (GAZOO Racing).

Di dalam line-up GR sendiri terdapat klasifikasi yang terbagi menjadi tiga (3). Pertama adalah model Pure GR salah satunya seperti GR Supra yang dirancang dan dikembangkan langsung oleh TGR dengan spesifikasi tertinggi sehingga dapat menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan secara maksimal.

Dua jenis lainnya dikategorikan ke dalam model GR Sport, dimana walaupun pada dasarnya ada model-model yang di-develop tidak langsung dari arena balap, tapi dengan pendekatan GR Sport bisa mendapatkan tuning khusus untuk memberikan sensasi berkendara sebuah mobil sport. Selanjutnya, ada juga model GR Sport ini yang dilengkapi dengan tambahan sentuhan di sisi tampilan exterior dan juga interior untuk menguatkan tampilan dan feeling sporty.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kendaraan ini? Silakan kunjungi https://www.toyota.astra.co.id/


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini
Tag

TERBARU

×