kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Tips Efektif dan Efisien dalam Mengelola Karyawan UKM


Selasa, 21 Maret 2023 / 18:21 WIB
Tips Efektif dan Efisien dalam Mengelola Karyawan UKM
ILUSTRASI. Kontan - Zoho Adv Online

KONTAN.CO.ID - Sebagai pemilik usaha kecil atau menengah (UKM), Anda tahu bahwa karyawan adalah elemen penting dalam operasional bisnis.

Keberhasilan bisnis secara langsung bergantung pada seberapa baik kinerja karyawan Anda. Ujung-ujungnya, semua tergantung pada seberapa baik Anda mengelola karyawan.

Mengharapkan karyawan untuk bekerja lebih keras tanpa memberi dukungan yang tepat dapat berdampak negatif pada moral mereka. Akhirnya, karyawan memilih berhenti atau kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya.

Memperkenalkan strategi mengelola karyawan yang pas untuk UKM adalah kunci untuk membuka potensi SDM Anda. Dalam tulisan ini, kita akan membahas lima cara berbeda untuk mengelola karyawan dengan lebih baik sebagai pemilik UKM.

1. Perlakukan Karyawan Anda dengan Benar

Jika Anda melihat karyawan hanya sebagai alat produksi dan mendorong mereka untuk bekerja lebih keras tanpa memperhitungkan kebutuhan mereka, ini akan lebih merugikan bisnis Anda.

Itulah mengapa penting untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli.

Kepedulian ini bisa dibuktikan dengan menghilangkan bias dan favoritisme sepenuhnya dari gambar yang ada di benak Anda dan menempatkan transparansi sebagai inti dari strategi mengelola karyawan.

Anda dapat memberi contoh dengan menampilkan perilaku yang ingin dilihat pada tempat kerja. Hal ini juga efektif untuk menunjukkan kepada karyawan bagaimana pekerjaan mereka membuat perbedaan bagi bisnis Anda.

 2. Sediakan Teknologi yang Tepat

Memilih tools atau teknologi, seperti digital workplace, untuk membangun kerjasama antar karyawan yang tepat dapat mempermudah pekerjaan karyawan. Proses ini merupakan aspek penting untuk mengelola karyawan yang baik.

Niat Anda untuk membantu mereka bekerja secara efisien dan menghilangkan beban administrasi yang berlebihan dapat sangat berarti bagi karyawan.

Sebelum mengimplementasikan teknologi apapun, sebaiknya bicarakan dengan karyawan sehingga Anda dapat lebih memahami apa yang mereka butuhkan.

Tools yang baik hendaknya dapat menyatukan kebutuhan tim berkomunikasi, berkolaborasi, dan membangun ikatan yang kuat dengan tempat kerja mereka.

Salah satu opsi terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini adalah Zoho Workplace, software office suite berbasis cloud dengan fitur yang lengkap dan harga yang terjangkau bagi UKM di Indonesia.

 3. Tunjukkan Minat pada Performa Mereka

Memberi perhatian pada kinerja karyawan berbeda tipis dengan manajemen mikro. Manajemen mikro dapat berdampak negatif terhadap kepercayaan karyawan dan menyebabkan mereka melepaskan diri.

Sebaliknya, perasaan yang tulus dari pimpinan dapat membantu karyawan merasa mendapatkan dukungan. Perhatian harus melibatkan ekspektasi yang jelas dan target kerja untuk karyawan Anda.

Sebelum memulai tugas atau pekerjaan baru, ada baiknya mengadakan diskusi dengan karyawan, mendorong mereka bertukar pikiran, dan membantu mereka memvisualisasikan hasil seperti apa yang diharapkan.

 4. Komunikasi, Komunikasi, dan Komunikasi

Komunikasi adalah kunci untuk mengelola karyawan dengan baik. Sebagai bisnis kecil dengan karyawan terbatas, sangat praktis untuk mengenal mereka secara pribadi dan memahami bagaimana perasaan mereka sebagai bagian dari tim.

Dengan kedekatan ini, karyawan Anda akan merasa lebih nyaman untuk membuka diri tentang berbagai masalah yang mungkin mereka hadapi.

Anda juga dapat meminta tanggapan dan mengadakan rapat rutin untuk menginformasikan tentang apa yang terjadi di UKM Anda. Komunikasi yang konsisten semacam ini membantu karyawan memahami pengaruh dari pekerjaan mereka.

Jangan ragu untuk menyampaikan kabar buruk juga, karena karyawan akan menghargai transparansi dan kejujuran pimpinannya.

 5. Fokus pada Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja yang positif membuat karyawan menjadi lebih loyal dan produktif. Sebaliknya, ketika lingkungan kerja negatif, karyawan yang benar-benar tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda kemungkinan besar akan pergi.

Sebagai bisnis kecil, bukan hal yang bijaksana untuk melepaskan karyawan-karyawan terbaik. Jadi, penting untuk menetapkan standar tempat kerja yang jelas bagi karyawan Anda dan memimpin dengan memberi contoh.

Anda dapat mendorong kerja tim dan kolaborasi dengan menciptakan suasana yang menghargai semua ide. Ingatlah, membuat ruang kerja menjadi hidup, nyaman, dan ergonomis bisa sangat membantu kenyamanan karyawan.

Penutup

Apakah UKM Anda telah menerapkan tips-tips tersebut? Semoga tulisan ini membuat karyawan UKM Anda jadi lebih produktif dalam bekerja, sehingga dapat mendorong pertumbuhan bisnis jauh lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×