kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,63   -3,01   -0.30%
  • EMAS962.000 0,73%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%
ADV /

Tips, Biaya dan Cara Transfer Uang ke Luar Negeri


Jumat, 01 Juli 2022 / 19:01 WIB
Tips, Biaya dan Cara Transfer Uang ke Luar Negeri
ILUSTRASI. Kontan - DBS Bank Adv Online

KONTAN.CO.ID - Di zaman yang serba canggih saat ini, sudah tersedia banyak cara transfer uang ke luar negeri. Anda sudah tidak perlu khawatir lagi untuk mengirim uang kemana saja dengan mudah dan cepat. Anda bisa memilih platform apa saja yang ingin Anda gunakan sebagai media transaksi Anda. Namun perhatikan terlebih dahulu platform yang ingin digunakan sebelum melakukan transaksi.

Ada tips-tips yang bisa diperhatikan sebelum Anda melakukan transaksi apa saja secara internasional. Anda perlu melakukan perencanaan yang baik dan mulai memilih platform atau media pengiriman uang yang terpercaya secara internasional. Cek syarat-syarat dan ketentuan yang diberikan oleh platform tersebut, cari informasi lebih lanjut sebelum memilihnya menjadi tempat pengiriman uang langganan Anda.

Tips Memilih Platform atau Media untuk Transfer Uang ke Luar Negeri

Saat ini cukup banyak aplikasi dan media yang menawarkan transfer uang ke luar negeri dengan mudah, namun Anda perlu berhati-hati dalam memilih platform sebelum mengirim. Berikut ini beberapa tips memilih platform atau media untuk transfer uang ke luar negeri yang aman:

1. Aplikasi yang Legal

Cari informasi terkait aplikasi yang akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi. Jangan langsung percaya dengan tawaran yang menggiurkan. Apabila aplikasi tersebut sudah legal dan resmi dan mendapatkan izin dari pemerintah, seperti berada di bawah pengawasan Bank Indonesia maka Anda bisa melakukan transaksi dengan aplikasi tersebut.

Terutama untuk transaksi transfer uang ke luar negeri, pastikan aplikasi yang Anda gunakan aman dan terpercaya. Salah satu contoh aplikasi resmi dan dapat dipercaya untuk melakukan transaksi transfer uang internasional yaitu digibank by DBS dengan pelayanan transfer valas yang legal, aman, cepat dan dapat dipercaya.

2. Mudah digunakan

Cari cara transfer uang ke luar negeri yang mudah. Tidak hanya resmi, carilah aplikasi, platform atau media transaksi yang mudah untuk digunakan. Selain itu aplikasi tersebut juga harus memiliki menu-menu yang lengkap dan bisa mendukung proses transaksi yang Anda lakukan.

Jangan sampai aplikasi yang Anda pilih membuat Anda bingung dengan menu dan fitur yang disediakan. Usahakan untuk menggunakan bahasa yang bisa dimengerti dan dipahami dengan baik. Pelajari aplikasi tersebut sebelum Anda benar-benar melakukan transaksi secara langsung.

Cek juga apakah ada fitur yang menyediakan riwayat transaksi yang Anda lakukan atau tidak. Hal ini penting karena Anda akan membutuhkan bukti dari transaksi yang sudah Anda lakukan supaya bisa dipercaya dan orang tidak mengira Anda melakukan penipuan karena tidak memiliki bukti pengiriman yang sah.

Terakhir periksa nama-nama negara tujuan yang sudah terdaftar di dalam aplikasi yang akan Anda gunakan. Periksa rating dan review dari pengguna aplikasi tersebut sebelum menggunakan.

3. Biaya Transaksi Murah

Selain dua tips di atas, yang paling penting dalam memilih platform pengiriman uang yaitu mendapatkan pelayanan transaksi dengan biaya yang murah. Seperti contoh Aplikasi digibank by DBS memberikan pelayanan bebas biaya administrasi untuk setiap transaksi yang dilakukan. digibank by DBS juga memberikan pelayanan terbaik dengan memberikan tampilan aplikasi yang mudah dimengerti dan mudah dilakukan.

Pada umumnya beban biaya pengiriman bisa menjadi cukup banyak dan menjadi beban jika melakukan transaksi berkali-kali dalam sebulan. Sehingga Anda akan lebih untung dan hemat jika memilih platform yang memberikan pelayanan pengiriman dengan biaya admin murah bahkan bisa sampai gratis saat melakukan transaksi.

Biaya Transfer ke Luar Negeri

Biaya transfer uang ke luar negeri memang tidak sedikit, namun ada beberapa aplikasi yang memudahkan Anda dengan memberikan pelayanan gratis biaya pengiriman uang ke luar negeri. Ada dua cara transfer uang ke luar negeri, pertama secara manual dan kedua secara online. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi lebih lanjutnya:

1. digibank by DBS

Cara transfer uang internasional secara online bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah resmi terdaftar di pemerintah. Salah satunya yaitu digibank by DBS.

Aplikasi digibank by DBS menyediakan cara transfer uang ke luar negeri dengan transfer valas. Dimana transfer valas ini merupakan cara transfer uang ke luar negeri bebas biaya. Anda bisa melakukan transaksi pengiriman uang kemana saja sampai ke luar negeri tanpa biaya admin.

Selain itu dengan transfer valas Anda juga bisa mendapatkan layanan waktu pengiriman uang bisa diterima di hari yang sama ke 20 negara tujuan.

Untuk cara pengiriman uang internasional dengan digibank by DBS cukup mudah dilakukan. Pertama buka Aplikasi digibank by DBS, pilih menu transfer dan pilih transfer valas. Kemudian pilih negara tujuan beserta mata uang pengiriman dan pilih nama bank. Lalu masukkan jumlah uang yang akan dikirim, tunggu dan pilih lanjutkan. Sangat simpel dan mudah bukan.

2. Transfer Bank

Cara transfer uang ke luar negeri dengan bantuan bank ada dua cara yaitu dengan online dan manual. Cara transfer uang melalui Bank dengan cara online bisa melalui aplikasi sesuai dengan jenis bank yang akan Anda gunakan, untuk pengiriman menggunakan online dengan aplikasi pastikan Anda sudah berpengalaman dalam menggunakannya. Jangan sampai salah kode dan keliru.

Sedangkan menggunakan cara manual yaitu dengan datang langsung ke cabang bank tertentu yang Anda inginkan. Kemudian laporkan keperluan Anda ke satpam yang berjaga di depan pintu masuk, Anda akan diberikan formulir untuk diisi. Setelah mengisi formulir dengan jelas, serahkan formulir beserta sejumlah uang yang akan Anda kirim ke teller bank. Kemudian uang kiriman Anda akan diproses dengan cepat dan aman. Kemudian Anda hanya perlu menunggu uang Anda sampai ke penerima.

Cara transfer uang ke luar negeri menggunakan bank berbeda-beda sesuai dengan jenis banknya. Begitu pula untuk biaya transfer ke luar negeri akan berbeda-beda sesuai dengan jenis bank dan negara yang dituju. Namun tidak semua bank melayani pengiriman uang ke luar negeri. Ada beberapa bank yang belum menerima pengiriman tersebut. Sehingga sebaiknya bertanya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Biayanya bisa berkisar Rp30.000 sampai dengan Rp50.000 untuk satu kali transaksi.

Tentang Transfer Valas dan Lama Waktu Pengiriman

Transfer valas adalah salah satu metode transfer valuta asing yang memberikan layanan transfer bebas biaya dan layanan transfer valas reguler. Transfer valas bebas biaya dan uang sampai di hari yang sama adalah transfer yang dilakukan ke beberapa negara tujuan yang sudah terdaftar di dalam sistem Aplikasi digibank by DBS.

Dimana pengiriman uang ke negara berbeda, digibank by DBS akan memberikan pelayanan pengiriman sesuai dengan mata uang yang digunakan oleh negara tujuan. Seperti contoh pengiriman ke Amerika Serikat, uang akan dikirim dalam bentuk mata uang USD dan begitu seterusnya sesuai dengan mata uang negara tujuan.

Untuk waktu pengiriman uang same day memiliki batas waktu. Dimana batas waktu pemrosesan pengiriman uang bisa dilakukan di atas jam 17.00. apabila dilakukan pengiriman di jam atau di atas jam tersebut, dana akan disimpan di dalam sistem dan akan dilakukan pengiriman untuk hari kerja berikutnya.

Untuk layanan transfer valas reguler merupakan layanan pengiriman uang dengan metode dan sistem Swift. Dimana swift ini adalah pengiriman uang internasional yang mengikuti sistem perbankan internasional. Setiap pengiriman dan penerimaan uang sudah tercover bersamaan dengan standar keamanan yang dapat dipercaya.

Pengiriman valas reguler ini adalah pengiriman uang yang dilakukan di luar layanan transfer valas bebas biaya. Sehingga biaya pengiriman akan ditentukan sesuai dengan negara tujuan. Biaya pengiriman juga akan ditentukan oleh bank penerima di negara tujuan.

Untuk waktu penerimaan uang yang dikirim dengan menggunakan layanan transfer valas reguler bisa sampai 1-3 hari apabila dilakukan pengiriman di atas jam 17.00. untuk pengiriman di jam tersebut dan di atas jam tersebut akan diproses selama 2-4 hari di hari kerja berikutnya.

Kelebihan Transaksi Transfer Valas dengan digibank by DBS

Cara transfer uang ke luar negeri dengan menu transfer valas merupakan salah satu layanan dari digibank by DBS yang menyediakan banyak pelayanan. Salah satunya yaitu transfer uang internasional secara gratis. Tujuan pengiriman uang yang sudah masuk daftar pengiriman secara gratis yaitu Amerika Serikat, Singapura, Inggris, Australia, Eurozone, Hong Kong dan Kanada.

Selain itu penukaran uang dengan berbagai mata uang yang disediakan negara tersebut juga aman jika menggunakan digibank by DBS. Saat ini Anda sudah tidak perlu lagi datang dan antri ke cabang-cabang kantor, Anda bisa melakukan transaksi apa saja dengan digibank by DBS dimana saja dan kapan saja.

Anda bisa memperoleh banyak keuntungan dari transfer valas dengan digibank by DBS, berikut ini dijelaskan beberapa keunggulan menggunakan digibank by DBS :

1. Akses Mudah dan Cepat

Proses transfer uang kemana saja bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah. Buka Aplikasi digibank by DBS dan semua transaksi bisa diselesaikan dengan cepat.

2. Gratis Biaya Transfer

Biaya transfer ke luar negeri gratis lebih dari 20 negara tujuan pengiriman dengan 7 mata uang diantaranya USD, SGD, GBP, AUD, EUR, HKD dan CAD. Anda bisa mengirim uang dengan bebas tanpa harus memikirkan biaya transfer.

3. FX Rate Juara

Dengan transfer valas digibank by DBS Anda akan mendapatkan nilai tukar uang yang terbaik dan kompetitif tanpa ada biaya tambahan lainnya.

4. Transfer Uang Cepat Sampai

Transfer uang internasional dengan digibank by DBS bisa sampai di hari yang sama jika transaksi dilakukan sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Transfer Valas di Aplikasi digibank by DBS cocok digunakan untuk pembayaran sekolah, melakukan transaksi bisnis yang aman dan cepat, serta pembayaran iuran kesehatan di luar negeri.

Tunggu apalagi, tidak perlu bingung dan khawatir lagi jika ingin transfer uang internasional. Cara transfer uang ke luar negeri di digibank by DBS bisa mempercepat proses transaksi Anda sehingga tidak hanya hemat biaya pengiriman namun bisa hemat waktu dan tenaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×