kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%
ADV / ADV

Tim Catur Kemenkeu Tampil Menjadi Pemenang Kontan Chess Championship 2023


Rabu, 09 Agustus 2023 / 18:05 WIB
Tim Catur Kemenkeu Tampil Menjadi Pemenang Kontan Chess Championship 2023

KONTAN.CO.ID - JAKARTA – Tim catur dari Kementrian Keuangan berhasil menduduki peringkat pertama Kontan Chess Championship 2023 dengan meraih match point (MP) tertinggi yakni sembilan kemenangan dalam turnamen catur cepat beregu lima babak di South Quarter, Cilandak, Jakarta Selatan (8/8). Selanjutnya, berturut-turut dari peringkat dua hingga peringkat lima adalah tim catur dari Kementrian Dalam Negeri, Otoritas Jasa Keuangan, Derma Elok Farma dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Pertandingan catur yang diikuti oleh 16 tim dari berbagai korporasi, instansi dan lembaga pemerintah ini kian memanas menjelang akhir babak penentuan hingga  tengah malam. Di tengah-tengah permainan, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo pun hadir dan memberikan semangat para peserta yang bertanding.

Dalam sambutannya, Dito berharap turnamen catur antar perusahaan ini bisa menjadi medium perekat silaturahmi, persaudaraan dan pembentukan karakter masyarakat.  “Semoga dari perdana bisa menjadi program berkelanjutan, dan menjadi event untuk menjaring atlet-atlet catur  dan juga pengembangan kualitas catur ke depannya di Indonesia,“ ujar Dito.

Kontan, media ekonomi, bisnis, dan investasi Group of Media, Kompas Gramedia, untuk pertama kalinya menggelar turnamen catur ini. Pemimpin Redaksi Kontan Ardian Taufik Gesuri mengatakan turnamen ini terselenggara setelah menemukan banyak tim catur di perusahaan-perusahaan. “Saya berharap turnamen olahraga ini terus berlanjut dari tahun ke tahun dan menjadi ajang silaturahmi antar perusahaan,” terangnya.   

Kontan Chess Championship juga merupakan turnamen catur pertama yang diselenggarakan perusahaan media dengan melibatkan perserta yang berasal dari karyawan perusahaan. Namun, pemain catur yang terlibat dalam turnamen ini harus datang dari kalangan non master.

Ketua Dewan Penasihat PB Percasi Bambang Soesatyo juga turut membuka kejuaraan catur Kontan. Bahkan, dia menyambut baik adanya turnamen yang melibatkan pemain-pemain non master ini. “Catur bukan olahraga biasa, ini adalah olah otak dan adu strategi, bagaimana mencari kelemahan lawan, mengatur langkah, sehingga kita menyusun serangan dan menghancurkan lawan. Ya, sesekali mengorbankan prajurit, benteng pertahanan untuk mengelabuhi lawan. Ini tak jauh berbeda dengan dunia politik,”  ujar Bambang yang saat ini menjabat sebagai Ketua MPR RI dalam sambutannya.

Pertandingan catur diawali dengan permainan catur simultan. Kontan juga mengundang secara FM Masruri Rahman untuk melawan sejumlah pemain dan juga jajaran direksi yang datang menyaksikan pertandingan ini. Tak ketinggalan, Bambang Soesatyo juga ikut bermain catur simultan dengan hasil remis.

Masruri juga mengatakan penyelenggaraan turnamen catur antar perusahaan ini sangat bagus. “Ilmu catur itu bisa diterapkan di mana pun juga dalam hidup sehari-hari. Dalam catur seseorang dituntut untuk mengambil keputusan dengan benar agar bisa berakhir dengan kemenangan,” ujar peraih gelar Fide Master pada 2014 lalu.   

Turnamen catur ini berlangsung mulai pukul 18.30 hingga tengah malam. Seluruh peserta dan penonton terlihat bersemangat dan antusias dalam setiap babak dari setiap permainan yang berlangsung selama 10 menit. Kejuaraan Kontan Chess Champioship memperebutkan total hadiah Rp 27,5 juta, piala kemenangan dan piala bergilir.

Selanjutnya: Outstanding Kartu kredit Warga Amerika Tembus US$ 1,03 Triliun

Menarik Dibaca: Tahukah Anda 40% Perusahaan Berpikir Gen Z Tidak Siap Masuk Dunia Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU

×