kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
ADV / ADV

Tagihan Terkendali, Usaha Lancar Berkat BRI Smart Billing


Minggu, 24 November 2019 / 15:11 WIB
Tagihan Terkendali, Usaha Lancar Berkat BRI Smart Billing
ILUSTRASI.

Utang piutang dalam kehidupan sehari-hari, juga dalam dunia bisnis, adalah hal yang biasa. Yang tidak biasa adalah apabila kita lupa melakukan penagihan atau lupa melakukan pembayaran tagihan. Apabila lupa melakukan pembayaran tagihan, dampaknya adalah Anda akan terkena denda atau bunga. Sementara kalau lupa melakukan penagihan piutang dampaknya adalah neraca keuangan Anda tak seimbang karena pemasukan tertunda.

Ada banyak hal yang bisa membuat orang lupa melakukan penagihan maupun pelunasan utang. Pertama, terlalu banyak tagihan sehingga bisa terlewatkan pembayarannya karena lupa. Kedua, tagihan datangnya tidak berbarengan sehingga lupa mana prioritas yang harus dibayar. Ketiga, tidak ada pencatatan riwayat pembayaran yang rapi, kecuali melihat riwayat transaksi di bank, tapi itu akan memakan waktu dan repot.

Bagi penagih, kelalaian melakukan penagihan juga bisa terjadi karena banyak hal. Pertama, jumlah klien terlalu banyak sehingga mengirim invoice secara konvensional akan memakan waktu. Kedua, waktu penagihan piutang berbeda-beda waktunya dan bisa terlewat apabila petugas admin tidak masuk pada hari itu.

Pengusaha kecil atau UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) umumnya mengirimkan tagihan/invoice dalam bentuk konvensional, seperti melalui pesan singkat/chat atau telepon. Sementara, pengusaha kelas menengah ke atas yang agak besar dengan klien cukup banyak, proses pengiriman invoice agak lebih canggih, yakni mengirim invoice melalui email, faksimile, atau menggunakan ekspedisi untuk menyampaikan surat invoice yang asli.

Jika klien terlalu banyak, proses pengiriman invoice pun akan memakan waktu, bahkan bisa jadi tertunda berhari-hari yang mengakibatkan klien pun akan telat membayar. Untuk itu, kehadiran sistem pengiriman invoice secara online akan memudahkan para pengusaha maupun klien dalam melakukan penagihan maupun melakukan pembayaran.

Melihat kedua peluang tersebut, BANK BRI menghadirkan BRI Smart Billing untuk mempermudah proses pengiriman invoice serta menerima tagihan. BRI Smart Billing adalah layanan manajemen invoice dan tagihan yang cepat, praktis dan aman untuk seluruh kebutuhan.

Dengan BRI Smart Billing, para pelaku usaha akan lebih mudah dalam mengelola piutangnya. Dalam satu aplikasi, Anda bisa memantau dan mengirimkan seluruh invoice kepada klien. Sistem ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur tertentu sehingga mengelola invoice menjadi lebih hemat dan tepat waktu.

Sistem BRI Smart Billing ini bisa digunakan oleh beragam orang, antara lain pelaku usaha pasar tradisional, pemilik apartemen, pemilik rumah atau kosan, universitas, individu, pengelola kawasan industri, dan pemilik UMKM. Untuk mendaftar BRI Smart Billing bisa dilakukan di kantor BANK BRI terdekat.      

BRI Smart Billing dapat diakses melalui dua versi, yakni website dan aplikasi. Bagi para pelaku usaha atau biller yang akan mengirimkan invoice, BRI Smart Billing hanya bisa diakses melalui website di alamat https://brismartbilling.id. Sementara bagi orang yang akan membayar tagihan atau billee, bisa mengakses melalui website maupun aplikasi di smartphone yang berbasis di Android maupun iOS.

Keunggulan BRI Smart Billing untuk pengusaha adalah:

(1) Variatif & Praktis, yakni apa pun jenis usahanya, BRI Smart Billing menyediakan fleksibilitas pembuatan berbagai jenis tagihan,

(2) Sekuritas Data, yakni dengan sistem enkripsi, semua data di dashboard terjaga aman untuk privasi Anda ketika sedang mengakses,

(3) Praktis, Modern & Paperless,

(4) Multi Notifikasi, yakni selain notifikasi reminder via SMS & Email, Anda juga bisa melacak pembayaran via notifikasi real time,

(5) Analisis Laporan mengenai data transaksi pembayaran atau proses laporan rekonsiliasi finansial perusahaan dalam seketika,

(6) Pilihan Pembayaran Perbankan, yakni banyaknya channel perbankan saat pelunasan tagihan.

Sementara itu, keunggulan BRI Smart Billing untuk billee, antara lain:

(1) Berbasis Mobile sehingga terhubung dengan mudah untuk seluruh kebutuhan tagihan Anda, kapan pun dan di mana pun,

(2) Konfirmasi Otomatis sehingga billee tidak perlu melakukan konfirmasi ulang untuk pembayaran karena biller sudah mendapatkan notifikasi pembayaran real time,

(3) Mudah & Fleksibel, yakni pembayaran kian mudah dan fleksibel berkat variasi channel perbankan yang aman dan nyaman,

(4) Notifikasi Tagihan sehingga billee tidak lagi lupa atau melewatkan tanggal jatuh tempo tagihan karena tagihan masuk secara real time,

(5) Paperless & Digital tanpa timbunan kertas tagihan.


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini
Tag

TERBARU

×