kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,36   -7,11   -0.75%
  • EMAS918.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%
ADV / ADV

Solusi Transformasi Digital Alibaba Cloud Topang Sektor Industri Ritel Indonesia


Selasa, 19 Januari 2021 / 21:46 WIB
Solusi Transformasi Digital Alibaba Cloud Topang Sektor Industri Ritel Indonesia
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. – Masih adanya pandemi Covid-19 di 2021 membuat perusahaan ritel perlu beradaptasi melalui tatanan sistem kerja dan operasional bisnis yang baru. Terlebih, saat ini pola bisnis dan pekerjaan dapat dilakukan secara remote.

Selain itu, terdapat pergeseran pola konsumsi masyarakat dari offline ke online. Untuk mengakomodasi perubahan itu, sektor ritel didorong untuk secara cepat bertransformasi ke layanan digital. Sistem operasi dan infrastruktur teknologi yang mumpuni pun mengambil peranan penting dalam memajukan transformasi digital sebuah entitas bisnis.

Demi menopang bisnis ritel di era digitalisasi, Alibaba Cloud menawarkan solusi mulai dari infrastruktur cloud, platform untuk sektor ritel guna mengembangkan aplikasi layanannya, dan ragam solusi yang dirangkai khusus bagi para peritel.

Alibaba Cloud bukanlah pemain baru dalam industri cloud di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Alibaba Cloud, lini bisnis teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group, telah meluncurkan rangkaian solusi dan teknologi terkemuka di pasar seperti  layanan database cloud-native ApsaraDB untuk PolarDB dan AnalyticDB.

ApsaraDB for PolarDB adalah database relasional cloud-native dengan elastisitas dan keandalan yang tinggi, dan berperan signifikan dalam mendukung operasi platform e-commerce Alibaba, termasuk saat menangani puncak permintaan sejumlah 87 juta per detik selama Alibaba Global Shopping Festival tahun lalu.

Mengusung teknologi terdepan, ApsaraDB for PolarDB memiliki ruang penyimpanan maksimum 100 TB dan dapat dikonfigurasi dengan maksimum 16 node.

AnalyticDB merupakan layanan cloud-native data warehouse yang dapat memproses data secara real time dalam skala petabytes dengan konkurensi tinggi dan latensi rendah. Berkat arsitektur komputasinya yang fleksibel serta kemampuannya dalam mentransmisi data yang bersifat real time, AnalyticDB bahkan mampu memproses hingga 7,7 triliun baris data real-time selama Festival Belanja Global-Alibaba tahun lalu. Dimana, angka ini setara dengan 15x lipat data dari semua Arsip Web Inggris di British Library.

“Selama bertahun-tahun, Alibaba Cloud, lini bisnis teknologi digital dan inteligensi Alibaba Group, telah mempersembahkan serangkaian teknologi yang mumpuni bagi industri ritel. Kami akan terus menyuguhkan solusi dan teknologi yang semakin andal dan kredibel, serta menjadi yang terdepan dalam mempercepat transformasi digital para pelanggan dari sektor industri ritel di Indonesia,” ungkap Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Salah satu perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan teknologi andalan Alibaba Cloud adalah Kopi Kenangan. Perusahaan ritel kopi tersebut mengadopsi solusi database AnalyticDB untuk PostgreSQL dan PolarDB, bersama dengan platform DataWorks, layanan data analytics milik Alibaba.

Kopi Kenangan mempercayakan Alibaba Cloud sebagai penyedia layanan cloud perusahaan karena keunggulan teknologinya yang diakui dunia. Ditambah lagi, Alibaba Cloud memiliki support system yakni tim Alibaba Cloud di Indonesia yang selalu siap sedia dalam memberikan solusi yang spesifik sekalipun bagi para pelanggan industri ritel. Alibaba Cloud juga memiliki rekam jejak yang kuat di dalam penerapan bisnis online to offline (O2O).

Bahkan, Alibaba Cloud juga telah berhasil memindahkan seluruh sistem Kopi Kenangan ke layanan cloud dalam waktu 1 minggu. Proses migrasi juga tidak menganggu operasi bisnis Kopi Kenangan sama sekali.

Sekarang, Kopi Kenangan mendapatkan manfaat dari solusi inteligensi bisnis yang dibuat khusus serta didorong oleh real-time analytics. Pengaturan ini telah mendukung integrasi dan pengalaman pelanggan yang mulus antara dunia offline dan online.

Terbukti, Kopi Kenangan mampu mengoperasikan serta memelihara sistemnya dengan biaya (cost) yang hemat. Solusi berbasis cloud ini juga mampu menghasilkan insight-insight berbasis data untuk memperkuat proses pengambilan keputusan bisnis.

Layanan Auto Scaling dari Alibaba Cloud juga memungkinkan Kopi Kenangan melakukan penjadwalan yang bersifat fleksibel yang disesuaikan dengan sumber daya komputasi dan kebutuhan bisnis pelanggan.

Tidak berhenti sampai disitu, layanan Container for Kubernetes (ACK) milik Alibaba Cloud juga membantu Kopi Kenangan dalam mengelola infrastruktur kontainer dengan proses yang mulus. Informasi selengkapnya mengenai layanan Alibaba Cloud dapat ditemui di https://id.alibabacloud.com.

 


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini
Tag

TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9

×