kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.769.000   10.000   0,57%
  • USD/IDR 16.619   -19,00   -0,11%
  • IDX 6.400   164,20   2,63%
  • KOMPAS100 911   27,68   3,13%
  • LQ45 720   23,33   3,35%
  • ISSI 200   4,08   2,08%
  • IDX30 379   12,56   3,43%
  • IDXHIDIV20 459   15,06   3,40%
  • IDX80 103   3,12   3,11%
  • IDXV30 109   2,25   2,11%
  • IDXQ30 125   3,95   3,28%
ADV / ADV

Solid! Laba MR.D.I.Y. Indonesia Naik 205,6%, Ekspansi Berlanjut


Selasa, 25 Maret 2025 / 18:35 WIB
Solid! Laba MR.D.I.Y. Indonesia Naik 205,6%, Ekspansi Berlanjut
ILUSTRASI. Dok. MR.D.I.Y.

KONTAN.CO.ID - Jakarta, 25 Maret 2025 - PT Daya Intiguna Yasa, Tbk [“Perseroan” atau “MR.D.I.Y. Indonesia”, IDX: MDIY] menutup tahun 2024 dengan kinerja keuangan yang solid. Perseroan mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 205,6% YoY menjadi Rp1,1 triliun, melampaui pertumbuhan pendapatan sebesar 73,9% YoY yang mencapai Rp6,8 triliun. Pertumbuhan laba yang solid ini mencerminkan kemampuan Perseroan untuk melakukan ekspansi dengan efisien, sekaligus terus mendorong peningkatan margin dan memperkuat efektivitas operasional.

Di tengah lanskap industri yang dinamis, kinerja memuaskan dari Perseroan didukung oleh fondasi bisnis yang kuat. “Kesuksesan ini mencerminkan strategi ekspansi yang tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan, tetapi juga berfokus pada keberlanjutan jangka panjang. Dengan menjaga keunggulan operasional dan mengutamakan pengalaman pelanggan, MR.D.I.Y. Indonesia berada pada posisi yang tepat untuk terus memperkuat kepemimpinannya di industri ritel perlengkapan rumah di Indonesia,” ujar Edwin Cheah, Presiden Direktur MR.D.I.Y. Indonesia.

Ekspansi dan Kepemimpinan Pasar

Pembukaan toko baru dan peningkatan volume transaksi, yang didukung kesuksesan strategi pemasaran efektif, menjadi pendorong utama pertumbuhan pendapatan Perseroan. Sepanjang 2024, Perseroan berhasil menambah 270 toko baru, sehingga jumlah toko yang beroperasi mencapai 961 toko per Desember 2024 yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, tepatnya di 389 kota di 37 provinsi di Indonesia. MR.D.I.Y. Indonesia melanjutkan ekspansi termasuk ke kota-kota tier 2 dan 3, untuk memperluas akses masyarakat Indonesia akan perlengkapan rumah tangga yang lengkap dan terjangkau.

Dengan jaringan toko yang luas, MR.D.I.Y. Indonesia unggul di antara pelaku industri ritel sejenis, memperkuat posisinya sebagai peritel perlengkapan rumah terbesar di Indonesia.

Daya Tahan Finansial dan Investasi Berkelanjutan

Selain pertumbuhan bisnis dan operasional yang efisien, daya tahan finansial Perseroan menjadi landasan yang kokoh untuk melanjutkan ekspansi strategis pada 2025. “Manajemen operasional yang efisien selalu menjadi prioritas kami. Selama 2024, Perseroan menghasilkan arus kas sebesar Rp1,3 triliun dari aktivitas operasional,

meningkat 62,1%, dengan gearing raĒio yang sehat sebesar 0,5x, mencerminkan struktur keuangan yang kuat untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang,” ungkap Rika Juniaty, Chief Financial Officer MR.D.I.Y. Indonesia.

MR.D.I.Y. Indonesia mencatat tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) pendapatan sebesar 97% (2021 - 2024) dan laba bersih sebesar 191% (2022 - 2024), menunjukkan model bisnisnya yang efisien dan memiliki skalabilitas tinggi.

Proyeksi 2025 dan Seterusnya

Pada tahun 2025, MR.D.I.Y. Indonesia berencana melanjutkan ekspansi jumlah toko yang pesat seperti pada tahun 2024, sekaligus meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pelanggan. Investasi belanja modal (CAPEX) akan ditingkatkan untuk mendukung strategi ini. Seiring dengan itu, perseroan juga akan terus mengoptimalkan struktur biaya, produktivitas toko, dan efisiensi rantai pasok untuk menghadapi dinamika pasar serta memastikan ekspansi yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Lebih lanjut, MR.D.I.Y. Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan nilai tambah jangka panjang kepada pemangku kepentingan perseroan. Perseroan akan mengalokasikan paling sedikit 40% laba bersih di tahun 2025 sebagai dividen, sesuai dengan yang sebelumnya dipaparkan pada prospektus penawaran umum, dengan tetap mempertimbangkan keputusan RUPS dan kondisi keuangan perusahaan.

“Seiring   pertumbuhan kami    di     Indonesia,  kekuatan  finansial,   pendekatan customer-centric yang inovatif,   dan efisiensi operasional akan memastikan MR.D.I.Y. Indonesia tetap berada di jalur yang tepat untuk pertumbuhan berkelanjutan dan resiliensi bisnis jangka panjang,” tutup Edwin.

Ringkasan Kinerja MR.D.I.Y. Indonesia:

Aktual

(dalam miliar Rupiah)

Periode yang Berakhir pada 31 Desember

YoY %

20241

2023

Pendapatan

6.789,6

3.904,6

73,9%

Laba Kotor

3.737,5

1.641,0

127,8%

Laba Bersih

1.078,3

352,8

205,6%

1 MR.D.I.Y. Indonesia telah menyampaikan hasil keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2024. Informasi untuk periode tersebut diambil dari laporan keuangan konsolidasian MR.D.I.Y. Indonesia per dan untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2024 (dengan informasi keuangan konsolidasian pada tanggal dan untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2023 disajikan sebagai komparatif), yang telah diaudit oleh Akuntan Publik sesuai dengan standar audit yang ditetapkan dalam Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia, dengan opini wajar tanpa modifikasian tertanggal 24 Maret 2025. Perlu dicatat bahwa MR.D.I.Y. Indonesia telah menyelesaikan akuisisi atas PT Mitra Indoguna Yasa (“MIY”) beserta entitas anaknya pada kuartal kedua tahun 2024, dan hasil keuangan konsolidasi yang dilaporkan telah mencerminkan dampak dari akuisisi tersebut.

Selanjutnya: Resmi, Antam Masuk Pasar Fisik Emas Digital di ICDX

Menarik Dibaca: Pria Tanpa Sperma, Apakah Ada Harapan untuk Memiliki Anak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

×