kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%
ADV /

Serba-serbi Manfaat Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Perusahaan, Apa Saja?


Sabtu, 01 Oktober 2022 / 11:00 WIB
Serba-serbi Manfaat Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Perusahaan, Apa Saja?

KONTAN.CO.ID - Sistem manajemen mutu atau kualitas merupakan salah satu komponen penting yang wajib dimiliki setiap perusahaan. Dilansir dari Investopedia, manajemen mutu dilakukan agar kualitas layanan maupun produk yang dihasilkan mampu memenuhi standar yang diinginkan perusahaan.

Manajemen mutu tidak hanya dilakukan melalui pengecekan standar kualitas, tetapi juga mencakup standar untuk jenis bahan baku, proses dan durasi pengerjaan, hingga prosedur kerja.

Melalui manajemen mutu yang tepat, perusahaan dapat menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk atau jasa yang dihasilkan. 

Kendati manajemen mutu dapat dirancang dan dikembangkan secara mandiri oleh perusahaan, belum tentu standar mutu yang dijalankan sesuai dengan praktik terbaik. Bisa jadi, standar mutu yang digunakan justru kurang efektif atau ketinggalan zaman.

Agar perusahaan dapat mempertahankan kredibilitas dan kualitas layanan, mengadopsi standar mutu internasional atau International Organization for Standardization (ISO) bisa jadi pilihan.

Dengan menerapkan standar ISO, perusahaan dapat menjalankan manajemen mutu yang terkelola dengan baik. Misalnya, dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan, mulai dari peraturan kerja, batasan pekerjaan, serta tindakan preventif apabila ada karyawan yang resign atau pensiun.

Sementara pada kegiatan produksi atau layanan, standar ISO dapat dimanfaatkan sebagai acuan untuk mengantisipasi apabila terdapat masalah pada produk atau jasa. Dengan menerapkan standar ISO, perusahaan bisa menentukan tindakan yang tepat tanpa harus menurunkan kualitas produk atau layanan.

Standar ISO 9001:2015

Berbicara tentang standar ISO, perusahaan bisa mempertimbangkan untuk mengadopsi salah satu standar ISO yang banyak digunakan perusahaan di Tanah Air. Standar tersebut adalah ISO 9001:2015.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat tujuh komponen yang menjadi beberapa fokus pengendalian mutu perusahaan, yakni fokus pada pelanggan (customer focus), kepemimpinan (leadership), dan keterlibatan sumber daya manusia (engagement of people).

Fokus selanjutnya adalah proses pendekatan (approach process), perbaikan (improvement), pengambilan keputusan berdasar fakta dan data (evidence-based decision making), serta manajemen hubungan (relationship management).

Sama seperti standar ISO pada umumnya, ISO 9001:2015 tidak hanya bisa diterapkan pada dunia industri, tetapi juga bidang jasa seperti sekolah, universitas, hingga rumah sakit.  

Penerapan standar ISO juga bisa diperluas untuk keperluan berbagai divisi, termasuk pengukuran kinerja per divisi, akuntansi dan keuangan, serta  manajemen dokumen.

Temukan Solusi Sistem Manajemen Mutu Perusahaan Anda Bersama Itokindo (Dok Foto www.freepik.com)

Syarat sertifikasi ISO 9001:2015

Untuk dapat memiliki logo standar ISO 9001:2015 yang diizinkan untuk dicetak pada kop surat, box packing, dan semua identitas perusahaan; perusahaan harus mengajukan proses sertifikasi dan kelengkapan dokumen kepada lembaga sertifikasi ISO. Adapun dokumen yang perlu disiapkan mencakup ruang lingkup Sistem Manajemen Mutu (SMM), pengendalian proses, kebijakan mutu, sasaran mutu, dan pengendalian operasional; serta catatan mengenai hasil audit internal, dokumen tinjauan manajemen, dll.

Di samping itu, perusahaan juga perlu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta rencana perbaikan di masa depan. Namun, perlu dicatat bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mendapat sertifikat ISO 9001:2015 berada di kisaran angka yang cukup tinggi, yakni berkisar antara Rp70 juta dan Rp100 juta.

Biaya tersebut belum termasuk biaya sertifikasi, akomodasi tim konsultan, biaya pendampingan, pajak, serta biaya implementasi software akuntansi yang mendukung standar ISO 9001:2015.

Namun, jika belum memiliki dana tersebut, perusahaan bisa mempertimbangkan untuk menggunakan modul softcopy bertajuk “ISO Toolkit paket bisnis Indonesia” dari Itokindo.

Sebagai informasi, Itokindo merupakan perusahaan penyedia materi ISO 9001 sejak 1998. Untuk membantu perusahaan mengadopsi standar ISO, panduan ini menyediakan materi komplet tentang cara membuat parameter manajemen risiko, manajemen sasaran mutu (KPI), hingga analisis kebutuhan training.

Selain dokumen user manual, Itokindo juga menambahkan beberapa tools, seperti rumus Microsoft Excel untuk perhitungan KPI, Manajemen Risiko dan  formulir;  serta cara menerapkan indikator performa (KPI) versi Itokindo. Hadir juga program Enterprises Resources Planning (ERP) yang tergabung dalam program akuntansi Accurate.

Terkait waktu implementasi, rilis resmi Itokindo menyebut bahwa prosesnya  memakan waktu empat bulan hingga satu tahun. Karena sistemnya cukup kompleks, Itokindo menyarankan agar perusahaan memiliki SDM yang berasal dari program pendidikan akuntansi, komputer, serta teknik industri.

Untuk menikmati layanan ini, perusahaan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp2.820.000. Harga tersebut sudah termasuk dengan dokumen softcopy editable, serta bonus software Accurate Cloud non-manufaktur selama satu tahun untuk dua pengguna.

Proses pembelian dapat dilakukan langsung melalui https://www.tokopedia.com/itokindoApabila masih membutuhkan informasi lebih dalam tentang ISO Toolkit paket bisnis Indonesia, kunjungi laman web Itokindo di https://www.itokindo.org/manajemen-mutu-pdf/iso-toolkit-paket-bisnis/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×