kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.005,35   9,37   0.94%
  • EMAS974.000 0,72%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Pulihkan Mata tanpa Rasa Sakit dengan LASIK


Senin, 28 Maret 2022 / 08:30 WIB
Pulihkan Mata tanpa Rasa Sakit dengan LASIK

KONTAN.CO.ID - Hasrat hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai. Peribahasa ini mungkin cocok menggambarkan kesulitan yang banyak dialami para pengguna kacamata bergaya hidup aktif dan energik. Peran kacamata sebagai alat bantu penglihatan sangat dibutuhkan. Tapi aktivitas sehari-hari yang mengharuskan mereka bolak-balik melepas kacamata kerap menimbulkan kerepotan. Walhasil, keinginan untuk nyaman dan leluasa beraktivitas menjadi dambaan semata.

Penggunaan lensa kontak sebagai alternatif kacamata pun bukannya tanpa hambatan. Meski dapat lebih menunjang penampilan, lensa kontak mustahil dikenakan sepanjang hari karena justru bisa membahayakan kesehatan mata. Belum lagi perawatannya yang membutuhkan upaya ekstra.

Untungnya, dengan makin canggihnya teknologi, segala hambatan yang muncul dari penggunaan lensa kontak dan kacamata kini dapat teratasi. Diperkenalkan sebagai teknologi excimer laser pada 1990-an, laser-assisted in situ keratomileusis atau yang lebih dikenal dengan sebutan LASIK terus berkembang sebagai solusi bagi mereka yang ingin dapat melihat dengan jelas dan lepas dari ketergantungan pada lensa kontak dan kacamata.

LASIK adalah prosedur bedah untuk mengobati kelainan refraksi pada mata secara permanen, seperti rabun jauh (mata minus), rabun dekat (mata plus), dan mata silinder (astigmatisme). Pengobatan dilakukan dengan cara mengubah ketebalan dan kelengkungan kornea. LASIK efektif mengobati kelainan refraksi rabun jauh hingga -12 dioptri, rabun dekat hingga 8 dioptri, dan mata silinder hingga +/- 6 dioptri.

Terdapat dua metode LASIK, yakni menggunakan pisau khusus dan tanpa pisau. Dibanding LASIK dengan pisau yang merupakan metode konvensional, LASIK tanpa pisau lebih banyak dipilih karena efektivitas dan kecanggihannya. KMN EyeCare adalah salah satu klinik spesialis perawatan dan pengobatan mata yang menyediakan layanan LASIK dengan teknologi laser tanpa pisau sama sekali yang telah disetujui Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. KMN EyeCare menggunakan alat femtosecond laser dan excimer laser dalam prosedur LASIK untuk memberikan hasil yang lebih presisi dan akurat tanpa rasa sakit.

Prosedur LASIK tanpa Pisau

Sebagai prosedur bedah, LASIK harus dilakukan secara cermat dan sepenuhnya memenuhi standar.  Di KMN EyeCare, prosedur LASIK dijalankan dengan standar internasional. Bukan hanya itu, dokter mata juga akan memastikan pasien memenuhi sejumlah kriteria secara medis. Semua kriteria tersebut harus dipenuhi tanpa pengecualian. Dokter mata tidak akan melanjutkan rencana tindakan jika ada kriteria yang tak terpenuhi. Prosedur ini penting untuk ditaati karena sangat menentukan proses pemulihan penglihatan dan demi keamanan pasien sendiri.

Begitu pula bila hasil pemeriksaan menunjukkan pasien bukan kandidat LASIK. Pasien harus menjalani pemeriksaan dulu sebelum menjalani LASIK. Pemeriksaan ini juga menggunakan teknologi terkini untuk bisa mendapatkan informasi detail mengenai kondisi mata pasien. Sebab, karakteristik mata setiap orang berbeda-beda. Dua orang dengan mata minus yang sama, misalnya, belum tentu membutuhkan tindakan LASIK yang sama pula. Karena itu, pemeriksaan sebelum LASIK ini menjadi langkah yang sangat vital agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan mata masing-masing.

Proses LASIK sendiri berjalan sangat singkat, tidak seperti operasi pada umumnya di rumah sakit yang butuh waktu berjam-jam. Suasana di ruangan LASIK juga lebih santai dan bersahabat, berbeda dengan kamar operasi yang cenderung menegangkan dengan berbagai peralatan medis di dalamnya. Jika berlangsung lancar, prosedur LASIK di KMN EyeCare berlangsung sekitar 20 menit saja sejak pasien masuk hingga keluar dari ruang tindakan.

Sebelum tindakan, dokter akan memberikan bius lokal lewat obat tetes mata, tanpa suntikan. Jadi pasien akan tetap sadar selama tindakan tanpa merasakan sakit sama sekali. Setelah 20 menit itu, mata langsung dapat melihat dengan sempurna tanpa alat bantu apa pun. Tak perlu rawat inap, seusai tindakan pasien pun bisa segera kembali ke rumah dengan penglihatan baru yang cemerlang.

Menggunakan teknologi terbaru dalam pelayanan kesehatan berstandar internasional, KMN EyeCare juga menyajikan fasilitas pendukung yang unggul dan nyaman bagi pasien serta pendamping. Dengan berbagai keunggulan ini, sejumlah figur publik pun telah mempercayakan pengobatan matanya di KMN EyeCare dan berhasil kembali melihat dengan jernih tanpa lensa kontak ataupun kacamata. Aktivitas kerja mereka yang sibuk menjadi lebih ringan dan kepercayaan diri mereka pun meningkat.

KMN EyeCare menyadari bahwa mata merupakan organ yang teramat penting. Karena itu, para tenaga profesional di sini selalu mengupayakan kenyamanan dan keamanan pasien. KMN EyeCare berupaya menghadirkan pengalaman LASIK yang menyenangkan dan aman dengan kualitas terbaik. Dokter mata dan petugas lain juga siap melayani segala pertanyaan untuk menepis kekhawatiran yang sering dikaitkan dengan LASIK.

Bagi pengguna kacamata dan lensa kontak bergaya hidup aktif dan dinamis, kini waktunya menyudahi kerepotan sehari-hari. Ibarat payah-payah dilamun ombak, tercapai juga tanah tepi. Kesulitan yang sebelumnya dialami karena penggunaan kacamata dan lensa kontak kini bisa diatasi dengan LASIK yang terbukti memberikan solusi terbaik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×