kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Pertamina Siap Jadi Pemenang di Masa Depan


Kamis, 28 November 2019 / 00:42 WIB
Pertamina Siap Jadi Pemenang di Masa Depan
ILUSTRASI. Pertamina EF 2019 - Kontan ADV Online

KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Ajang energi terbesar Pertamina Energy Forum 2019 (PEF 2019) berakhir pada Rabu (27/11) dengan menyuguhkan beragam informasi dan diskusi dari berbagai pelaku industri. Melalui PEF 2019, PT Pertamina (Persero) menegaskan akan terus beradaptasi terhadap perkembangan baru untuk menjadi pemenang di masa depan.Dengan tema "Driving Factors: What will Shape the Future of Energy Business”, PEF 2019 tahun ini banyak membahas mengenai transformasi bisnis energi dari berbasis fosil menuju ke energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dharmawan H Samsu, Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), menyatakan PEF 2019 juga banyak membahas mengenai isu-isu seputar energi dari sudut pandang availability, affordability, accessability, acceptability dan sustainability.

“Transisi energi sedang terjadi dan tidak dapat dihentikan, yaitu transformasi dari bahan bakar fosil menuju ke energi baru terbarukan dan energi bersih,” kata Dharmawan dalam sambutannya saat menutup PEF 2019.

Dengan fakta ini, menurut Dharmawan, Pertamina terus beradaptasi dalam melakukan transisi energi akan terus membangun dialog dengan pemerintah maupun semua stakeholder.

“Pertamina terus beradaptasi terhadap perkembangan baru untuk menjadi pemenang di masa depan,” katanya.

Dharmawan menambahkan Pertamina berkomitmen penuh untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang kompetitif, mencapai target yang dimandatkan oleh pemerintah dan menembus predikat Fortune 100 pada 2026.

Sementara itu, Heru Setiawan, Direktur Perencanaan, Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina, mengatakan transformasi energi, siap tidak siap harus dihadapi, termasuk oleh Pertamina. Untuk menghadapi itu ada tiga skenario yang bisa dijalankan. Pertama, menjalankan bisnis seperti biasa. Kedua, menangkap keinginan pasar. Ketiga, menjalankan bisnis yang paling ramah lingkungan.

Heru mengatakan siap atau tidak siap Pertamina akan melakukan transformasi energi. Untuk itu, Pertamina telah menyiapkan rencana jangka panjang yang disesuaikan dengan kondisi dan perilaku konsumen.

“Inilah yang Pertamina akan lakukan untuk tetap bertumbuh untuk rakyat dan juga sebagai perusahaan. Kami harus menyeimbangkan antara menjaga mandat dan menjalankan misi sebagai perusahaan bisnis,” katanya.

Menurut Heru, Pertamina membuat strategi bisnis jangka panjang Pertamina akan menyesuaikan pada enam tren perubahan di sektor energi dunia.

Keenam tren tersebut adalah dekarbonisasi, konsumerisasi, elektrifikasi, desentralisasi, digitalisasi dan integrasi.

“Ini semua yang kami pertimbangkan untuk membuat rencana bisnis. Kami juga melihat ada disrupsi. Terkait ini kami membagi empat, ekonomi makro, regulasi, pelanggan dan kompetisi serta teknologi. Berdasarkan ini kami lihat ada disrupsi yang kami pertimbangkan,” ungkap Heru.

Untuk menghadapi transisi energi, Pertamina telah melakukan berbagai upaya, mulai dari melakukan penelitian untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik hingga konversi kilang minyak agar bisa mengolah minyak sawit mentah menjadi bahan bakar.

Seperti yang dilakukan di Kilang Plaju dimana Pertamina telah mulai mengolah produk turunan CPO menjadi bensin. Selain itu, Pertamina juga memproses produk turunan CPO menjadi solar yang dilakukan di Kilang Dumai serta melakukan riset bersama ENI untuk pengembangan green refinery.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Massimo Trani, Vice President Licensing Contract Management ENI yang mengatakan tujuan ENI mengubah kilang konvensional menjadi kilang ramah lingkungan adalah untuk menyelamatkan iklim dan menumbuhkan perekonomian dan mengurangi gas rumah kaca.

ENI fokus pada untuk mengurangi emisi di sisi hilir dengan lima pilar. Salah satunya adalah bahan bakar terbarukan, yakni konversi kilang menjadi biofuel. Pada saat bersamaan ENI melakukan penelitian untuk sumber-sumber energi yang berkelanjutan serta mengembangkan penggunaan gas alam.

“Kami percaya, gas tidak terbarukan namun sangat melimpah. Dan bisa digunakan untuk kapal, truk besar dan kendaraan lain berupaa LNG. LNG memiliki karbon rendah,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Sundeep Biswas, Partner and Head of AT Kearney’s Energy Practice in Sea, mengatakan transisi energi akan memunculkan potensi bisnis baru. Di perusahaan migas, listrik, mereka menemukan celah baru untuk menghasilkan pendapatan.

“Misalnya, kendaraan listrik butuh baterai. Jadi Energi baru menciptakan bisnis baru,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Arifin Rudiyanto, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), mengatakan transisi energi sangat mendesak. Energi adalah sektor yang berkontribusi emisi karbon, untuk itu pemerintah fokus menurunkan emisi energi.

“Langkah pertama mengembangkan energi rendah karbon. Kami inginkan plastik potensi pembangunan bisa direalisasi dan emisi karbon bisa diperkecil,” ka tanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Sumber : Commercial Content
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×