kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV / ADV

Perluas Pemasaran Marketplace, Ini 7 Perusahaan Jasa Optimasi Marketplace Terkemuka


Senin, 20 Mei 2024 / 13:43 WIB
Perluas Pemasaran Marketplace, Ini 7 Perusahaan Jasa Optimasi Marketplace Terkemuka
ILUSTRASI. Dok. Freepik

KONTAN.CO.ID - Optimasi marketplace merupakan strategi pemasaran digital yang penting dalam era bisnis online dengan maraknya pelanggan yang beralih ke platform e-commerce untuk berbelanja. Hal ini sebagai strategi yang tepat untuk meningkatkan visibilitas brand guna meningkatkan penjualan.

Dengan menerapkan teknik optimasi, seperti penelitian kata kunci, pengoptimalan gambar dan deskripsi produk, serta manajemen inventaris yang efisien, perusahaan jasa optimasi marketplace dapat membantu bisnis untuk mencapai hasil yang dituju.

Melakukan optimasi marketplace, tentunya membutuhkan bantuan perusahaan penyedia jasa yang sudah ahli di dalam bidang ini, mengingat kompleksitas pengerjaannya serta dunia digital yang dinamis.

Seperti diketahui, perusahaan jasa optimasi marketplace memiliki peran yang sangat penting dalam membantu bisnis untuk meningkatkan kehadiran online mereka. Dalam dunia bisnis yang semakin terdigitalisasi, memiliki kehadiran yang kuat di platform e-commerce, seperti TikTok Shop, Shopee, Tokopedia, dan lainnya menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan. 

Dengan memperhatikan ulasan pelanggan, memberikan layanan pelanggan yang responsif, dan menjaga kualitas produk membuat bisnis dapat membangun citra merek yang positif serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk mereka.

Investasi dalam optimasi bisnis di marketplace bukan hanya tentang meningkatkan penjualan secara langsung, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan.

7 perusahaan jasa optimasi marketplace terkemuka

Agar tidak salah pilih jasa layanan optimasi marketplace, berikut tujuh perusahaan jasa optimasi marketplace terkemuka yang sudah berhasil membantu perusahaan meningkatkan kinerja bisnis skala kecil hingga besar.  

1.     MEA Digital Marketing

MEA Digital Marketing merupakan layanan digital agency yang membantu mengembangkan bisnis wirausaha melalui berbagai jasa pemasaran secara online, baik di marketplace maupun sosial media. Hal ini sesuai dengan visinya yakni “sahabat terbaik”. Saat ini, MEA telah sukses mengelola lebih dari 700 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

Selain aktif dalam memberikan layanan kepada pelanggan, MEA juga merancang platform edukasi berbasis daring dan luring yang dikenal sebagai "SkilSkul Academy". Platform ini tidak hanya menyediakan kursus online tentang berbagai aspek bisnis digital, tetapi juga sebagai tempat bagi siapa saja untuk berbagi kemampuan sambil memperoleh penghasilan.

Dalam mengembangkan platform tersebut, MEA melakukan berbagai kerja sama dengan lembaga pemerintah, lembaga pendidikan (SMA dan Universitas), serta membuat konten edukasi dan hiburan di berbagai platform media sosial. seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan artikel di website Mea Digital Marketing.

Seperti diketahui, MEA meluncurkan tiga jenis produk utama. Pertama, menghadirkan berbagai tools digital marketing, seperti Shopeasy Tools, Sebari dan Gowebin. Tools ini untuk membantu pelaku bisnis mengoptimalkan upaya pemasaran.

Kedua, menawarkan platform edutech SkilSkul Academy dengan menggelar berbagai webinar, mini workshop, workshop, dan bootcamp untuk memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang dunia bisnis digital.

Ketiga, MEA menyediakan jasa digital marketing yang mencakup berbagai layanan seperti optimasi sosial media, jasa optimasi marketplace, affiliate marketing, dan optimasi digital advertising.

Secara garis besar MEA Digital Marketing pilihan terbaik untuk:

●      Pengelolaan pemasaran online bagi UMKM yang baru mau berkembang di marketplace dan media sosial.

●      Inovasi teknologi untuk mendukung transformasi digital bisnis.

●      Pendidikan dan pengembangan keterampilan bisnis digital.

●      Platform pendidikan daring dan luring yang menyediakan kursus dan pelatihan.

●      Kolaborasi dengan lembaga pemerintah dan pendidikan untuk mengedukasi masyarakat.

●      Digital marketing komprehensif, termasuk optimasi sosial media, marketplace, dan digital advertising dengan berbagai tools yang canggih.

Website : https://www.meagency.co.id/, https://komunitasmea.web.id/

2. Arfadia

Arfadia menjadi salah satu pelopor dalam industri pemasaran digital di Indonesia. Sejak awal, Arfadia telah berkomitmen untuk menyediakan solusi pemasaran digital yang efektif dan berorientasi pada hasil.

Salah satunya, dengan merancang strategi komunikasi, perencanaan strategi digital, strategi kanal secara menyeluruh, pembuatan konten yang terstruktur, serta panduan gaya visual.

Arfadia juga menangani tema kampanye, aktivitas digital dengan influencer, serta manajemen dan pemasaran di media sosial. Selain itu juga, Arfadia ahli dalam optimasi mesin pencari, optimasi Google Maps, YouTube, TikTok, dan manajemen reputasi online. Oleh sebab itu, layanannya mencakup pada produksi konten artikel, desain grafis dan animasi, serta distribusi dan pemantauan rilis media.

Sebagai jasa search engine optimization (SEO) terkemuka, Arfadia juga menawarkan layanan email marketing, periklanan berbayar, dan penempatan iklan asli. Dalam hal pemeliharaan media sosial, kampanye, dan periklanan, Arfadia  menyediakan platform manajemen data, produksi dan distribusi video pemasaran, serta produksi video interaktif berbasis HTML5.

Di bidang desain web, Arfadia menawarkan layanan pembuatan situs web serta produksi e-learning dan LMS.

Penjelasan tersebut membuktikan bahwa Arfadia pilihan terbaik untuk:

●      Strategi komunikasi, perencanaan, dan kanal digital.

●      Pembuatan konten terstruktur dan panduan gaya visual.

●      Kampanye digital dan aktivitas dengan influencer.

●      Optimasi SEO, Google Maps, dan manajemen reputasi.

●      Produksi konten, desain grafis, dan distribusi media.

●      Email marketing, periklanan berbayar, dan iklan asli.

●      Manajemen media sosial, produksi dan distribusi video.

●      Pembuatan situs web dan solusi e-learning.

Website : https://www.arfadia.com/

3. Payo.asia

Payo.asia merupakan salah satu layanan yang membantu pedagang online dalam mempercepat proses logistik melalui layanan berbasis teknologi.

Kehadiran Payo.asia, dapat dijadikan sebagai solusi terbaik bagi pedagang yang ingin berjualan di online marketplace, seperti Shopee, Lazada, Zalora dan sebagainya. Layanan ini, dapat membantu pedagang dalam berbagai aspek, mulai dari pembuatan dan manajemen toko hingga pemrosesan dan manajemen pesanan.

Selain itu, Payo.asia juga membantu pedagang dengan pergudangan dan pemenuhan pesanan. Melalui gudang yang ditempatkan secara strategis di seluruh negeri, Payo.asia membantu pedagang dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan memastikan proses pengiriman berjalan lancar.

Dengan penjelasan tersebut, Payo.asia merupakan pilihan terbaik untuk:

●      Pedagang online yang ingin mempercepat proses logistik mereka.

●      Pedagang yang berjualan di online marketplace, seperti Shopee, Lazada, dan Zalora.

●      Pergudangan dan pemenuhan pesanan yang terpercaya karena dapat membantu pengiriman yang lancar dan efisien melalui gudang strategis di seluruh negeri.

Website : https://payo.asia/

4. Ardata

Ardata Media (PT. Ardata Digital Asia) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing and software house. Perusahaan ini menyediakan layanan pembuatan website, aplikasi dan software, digital marketing, dan information and technology (IT) training.

Terdapat beberapa penawaran layanan di perusahaan ini, yakni digital marketing yang komprehensif, mulai dari optimasi SEO, manajemen media sosial, hingga penanganan digital advertising (ads).

Selain itu, Ardata juga menawarkan layanan software house, meliputi pembuatan website, aplikasi mobile, sistem manajemen, dan sebagainya.

Perlu diketahui, Ardata membuka kerja sama dengan pihak ketiga untuk mengadakan pelatihan-pelatihan terkait IT di seluruh Indonesia. Komitmen ini, sejalan dengan visi perusahaan guna mendukung perkembangan industri dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selain memberikan dampak positif di sektor bisnis, Ardata juga berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat di sektor pendidikan. Salah satunya, melakukan kerja sama dengan berbagai instansi pendidikan. Tujuannya untuk menyusun kurikulum, pengembangan sistem akademik, dan lain sebagainya.

Dari penjabaran tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Arfadia pilihan terbaik untuk:

●      Digital marketing: Perusahaan ini menawarkan layanan digital marketing termasuk optimasi SEO, manajemen media sosial (host live TikTok & dubbing video), dan penanganan digital ads.

●      Software house: Ardata juga menawarkan layanan software house yang mencakup pembuatan website, aplikasi mobile, dan sistem manajemen.

●      IT training

●      Pembuatan website dan aplikasi untuk sekolah, instansi, sistem ujian online, sistem perpustakaan, dan masih banyak lagi.

Website : https://ardata.co.id/

5. Wolacom

Wolacom merupakan jasa optimasi e-commerce di Tokopedia dan Shopee. Salah satu manfaat utama penggunaanya adalah mampu meningkatkan visibilitas dan penjualan, mendapat pengalaman dan pengetahuan dalam strategi pemasaran online, serta membantu pengguna dalam mengatasi tantangan dalam berjualan.

Tim ahli dari Wolacom akan membantu pengguna untuk mengoptimalkan profil dan penampilan toko serta melakukan penelitian kata kunci yang mendalam untuk memastikan produk mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Wolacom akan mengelola aspek-aspek teknis dan pemasaran toko online pengguna. Tujuannya agar pengguna dapat lebih banyak waktu untuk mengembangkan produk, meningkatkan kualitas layanan, dan menjalin hubungan dengan pelanggan.

Secara garis besar Wolacom pilihan terbaik untuk:

●      Jasa iklan Tokopedia dan Shopee

Website : https://wolacom.com/

6. Four Vision Media

4VisionMedia.com atau Four Vision Media merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dalam menciptakan desain web, aplikasi, pengembangan perangkat lunak, dan layanan lainnya, Four Vision Media selalu berusaha untuk berinovasi dalam hal teknologi, kualitas kerja, dan layanan purna jual.

Perusahaan ini mengawali layanannya dengan memberikan solusi pada IT, seperti pembuatan website dan aplikasi berbasis web dengan mayoritas klien dari kalangan korporat dan badan pemerintahan.

Namun, seiring berjalannya waktu, dengan peningkatan kapasitas bisnis dan inovasi bisnis, Four Vision Media telah berkembang menjadi enam divisi bisnis yang berbeda. Keenam divisi tersebut mencakup berbagai bidang, mulai dari proyek hingga pemasaran digital, serta layanan cloud dan pelatihan.

Pada tahun 2018, Four Vision Media berhasil menyelesaikan lebih dari 300 proyek dari sekitar 150 klien yang mengukuhkan posisinya di pasar. Adapun prestasi yang diraih, seperti penghargaan Smesco Award dalam kategori Innovative Business dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Capaian ini menjadi bukti nyata kemampuan Four Vision Media mampu bersaing melalui inovasi. Dengan demikian, Four Vision Media pilihan terbaik untuk:

●      Desain web dan aplikasi

●      Pengembangan perangkat lunak

●      Layanan cloud dan pelatihan

●      Pemasaran digital: Dengan berkembangnya menjadi enam divisi bisnis yang berbeda, 4VisionMedia juga menawarkan layanan pemasaran digital yang komprehensif, termasuk strategi pemasaran online, manajemen media sosial, dan optimasi mesin pencari (SEO).

Website : https://www.4visionmedia.com/

7. Aidee Lab

Aidee Lab merupakan salah satu jasa optimasi marketplace yang memberikan solusi komprehensif untuk mengatasi permasalahan mengenai algoritma platform marketplace serta mampu menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan visibilitas toko pengguna.

Selain itu, melalui jasa ini, pengguna dapat mengelola stok barang dengan lebih mudah dan praktis. Dalam perusahaan ini, pengguna dapat menstabilkan penjualan dengan bantuan tools analisis data dari Aidee Lab sehingga pengguna bisa lebih tepat dalam memasang promo atau diskon.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan lebih dari 100 klien merasa puas dalam layanannya, Aidee Lab telah membuktikan diri sebagai agency creative yang terpercaya.

Secara garis besar Aidee Lab pilihan terbaik untuk:

●      Memahami algoritma platform marketplace

●      Mengelola stok barang dengan lebih mudah dan praktis

●      Stabilkan penjualan Anda dengan bantuan tools analisis data dari Aidee Lab

Website : https://www.aideelab.id/

Selanjutnya: Sri Mulyani Targetkan Anggaran Pendidikan Rp 741,7 Triliun, Ada Makan Siang Gratis?

Menarik Dibaca: Promo Alfamidi Health & Beauty 16-31 Mei 2024, Skincare Emina & Wardah Harga Spesial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU

×