kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
ADV / ADV

Pergi ke Kamboja dan Menonton Festival Air Bon Om Touk 2019


Jumat, 18 Oktober 2019 / 15:27 WIB

Pergi ke Kamboja dan Menonton Festival Air Bon Om Touk 2019
ILUSTRASI.

Cambodian Water Festival atau Bon Om Touk yang digelar pada 10-12 November 2019 ini merupakan salah satu festival terbesar dan paling populer di Kamboja. Sebagian besar kota dan desa di negaara ini turut ambil bagian dalam perayaan dengan membuat perahu dan mengadakan perlombaan di sungai.

Festival ini menandai dimulainya arus balik air antara Sungai Mekong dan Sungai Tonle Sap. Selama musim hujan, Sungai Tonle Sap ini akan dipenuhi air yang kemudian air tersebut dialirkan ke hulu menuju Danau Tonle Sap. Arus air yang banyak dan deras ini membuat daerah yang dialirinya memiliki asupan ikan yang banyak dan lahan pun menjadi subur. Festival Air Kamboja ini juga sekaligus menandai akhir musim hujan yang digantikan dengan awal musim dingin.

Selain menjadi penanda pergantian iklim, festival ini juga memiliki catatan sejarahnya tersendiri. Sejak zaman Kekaisaran Angkor, orang-orang Khmer berpartisipasi mengadakan kompetisi di atas air pada periode ini. Para raja menggunakan festival ini sebagai mengevaluasi latihan dan keterampilan bertempur para prajurit angkatan laut mereka.

Cara menikmati Festival Air Kamboja bersama penduduk lokal

Tak ada yang bisa mengalahkan asyiknya menikmati festival di sebuah negara tanpa berbaur dengan warga lokal, termasuk juga saat menghadiri Festival Air Kamboja ini. Datanglah langsung ke Phnom Penh atau Siem Reap yang merupakan kota tempat diadakannya lomba perahu terbesar di festival ini.

Jangan lupa untuk menelusuri pasar kaget, kios jajanan jalanan, sampai konser musik yang digelar di sepanjang sisi sungai. Untuk mengantisipasi sinar matahari, Anda bisa mengenakan kain krama Kamboja. Dengan cara ini Anda juga akan diapresiasi karena mengadaptasi gaya lokal penduduk Kamboja.

Keramahan penduduk lokal dapat dengan mudah dirasakan saat festival ini. Mereka bersedia untuk berbagi tikar piknik untuk menikmati suasana festival, sebagai balasannya Anda bisa berbagi makanan yang dibeli di jajanan jalanan ke mereka.

Jika Anda ingin merasakan kehidupan malam di Kamboja, jangan pulang dulu setelah lomba selesai. Anda bisa mendatangi Pub Street dan area lainnya di Siem Reap untuk minum-minum dan menikmati musik bersama para muda-mudi Kamboja.

Tips mendatangi Festival Air Kamboja

Festival Air Kamboja akan diadakan selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 10 sampai 12 November 2019 mendatang. Persiapkanlah waktu cuti Anda pada tanggal 11 dan 12 yang jatuh pada hari Senin dan Selasa. Setelah mengamankan jadwal cuti, sekarang waktunya memesan tiket dan akomodasi selama di Kamboja nanti. Anda bisa mulai mengecek harga tiket pesawat ke luar negeri di Traveloka.

Anda bisa mengaktifkan fitur Price Alerts atau Notifikasi Harga untuk mendapatkan penawaran harga tiket pesawat termurah ke Kamboja. Selain itu, Anda juga bisa mencari penawaran tiket promo dari Traveloka agar bujet perjalanan dapat lebih ditekan.

Jangan lupa juga untuk langsung memesan hotel untuk penginapan. Anda bisa memilih hotel di Phnom Penh atau Siem Reap untuk menikmati festival ini. Ingat, jangan ditunda-tunda lagi karena ini adalah festival yang besar akan banyak juga turis yang datang ke Kamboja pada periode ini.

Ketahui juga cuaca yang terjadi di Kamboja. Meskipun ini adalah festival yang menandai akhir dari musim hujan, kemungkinan turunnya hujan masih dapat terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan pakaian ekstra atau jas hujan saat pergi ke sana.

Sudah siap untuk merasakan meriahnya salah satu festival terbesar di Kamboja ini?


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini

Tag
Terpopuler

×