kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%
ADV /

OrderOnline.id Mudahkan UMKM dengan Fitur “Logistik”


Kamis, 29 September 2022 / 11:48 WIB
OrderOnline.id Mudahkan UMKM dengan Fitur “Logistik”
ILUSTRASI. Kontan - OrderOnline.id Advertorial Online

KONTAN.CO.ID - Apakah Anda mulai lelah antar barang ke ekspedisi sembari menunggu antrian yang lama? Atau, Anda mulai bete karena tidak sanggup kirim barang sendirian ke kantor cabang ekspedisi? Tenang saja, PT Ordivo Teknologi Indonesia atau OrderOnline.id punya inovasi yang memangkas waktu kirim barang dengan fitur barunya bernama “Logistik”.

Founder & CEO OrderOnline.id, Rovan Alfarry menjelaskan, fitur yang dikenalkan bulan Agustus lalu itu memang dibuat untuk meningkatkan digitalisasi sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. Rovan mengatakan, masalah layanan logistik UMKM harus diatasi, karena menambah waktu dan biaya pengeluaran. Padahal, UMKM sudah banyak mengeluarkan banyak waktu dan biaya produksi. Kendala itu juga harus dipangkas agar UMKM tumbuh lebih cepat dengan inovasi digital.

“Problem pada logistik khususnya di transportasi (express) masih sangat banyak, mulai dari proses pickup, delivery, rekonsiliasi tagihan, cashflow, dan lain sebagainya yang menghambat UMKM untuk bertumbuh lebih besar dan cepat”, ujar Rovan pada (27/9).

Dari masalah itu, lanjut Rovan, OrderOnline.id hadir dengan inovasi yang menghubungkan antara 3PL (Third Party Logistic atau ekspedisi seperti SiCepat, JNE, SAP, J&T, Ninja Xpress, JDL, dan ID Express) dengan seller/UMKM. Inovasi yang didukung pemanfaatan teknologi ini memudahkan UMKM untuk semakin berkembang beserta dengan platform dan ekosistemnya.

Benefit Fitur Logistik

Fitur Logistik dapat digunakan penjual atau seller lewat dashboard OrderOnline.id, sehingga hanya pengguna yang telah terdaftar memiliki akses ke dashboard tersebut. Fitur Logistik punya keunggulan fleksibilitas bagi pengguna yang mampu memberikan kemudahan dari sisi pembeli (buyer) dalam sebuah toko online.

Selain itu, Rovan memaparkan, fitur Logistik pada OrderOnline.id punya keunggulan seperti Transparansi, Sistem Ticketing & Dedicated Support, serta Terintegrasi. Transparansi memungkinkan sistem ticketing setiap orderan terpantau oleh pengguna lewat notifikasi pemberitahuan jika pengiriman terdapat masalah, seperti paket rusak, over SLA, tagihan berat barang yang tidak sesuai aslinya, atau kendala lainnya.

Fitur Logistik dalam sistem ticketing juga didukung tim support yang siap membantu bila pengguna memiliki trouble. Misalnya komplain ke pihak 3PL dengan ticket yang akan dibantu oleh tim support Logistik dari pihak OrderOnline.id guna menyelesaikan masalah dan mempercepat proses pengiriman. Penjual pun bisa lebih fokus ke penjualan tanpa perlu mengurus masalah tersebut.

Sistem OrderOnline.id juga terintegrasi langsung dengan ke-7 pihak 3PL atau ekspedisi, sehingga seller bisa tahu secara cepat jika terjadi kendala saat proses pengiriman. Lebih praktisnya lagi, OrderOnline.id juga merekomendasikan 3PL yang punya layanan terbaik ke alamat tujuan penerima tanpa perlu berurusan dengan berbagai pihak.

Dalam sistem tracking, fitur Logistik pada OrderOnline.id juga memudahkan pengguna untuk memantau dan tracking pengiriman barang, mulai dari penjemputan barang oleh ekspedisi sampai diterima oleh pihak pembeli. Kemudahan ini semakin lengkap dengan sistem pick-up yang mudah, pembayaran COD yang real-time, sistem Return To Seller (RTS) bila pesanan tidak diterima pembeli, serta cakupan pengiriman berskala nasional.

Pengguna juga tidak perlu khawatir, OrderOnline.id sudah terdaftar di KOMINFO dan telah membantu lebih dari 19.000 UMKM di seluruh Indonesia. Rovan berharap, dengan adanya fitur Logistik dari OrderOnline.id mampu mendongkrak perusahaan 3PL untuk memberikan layanan terbaik bagi seller atau UMKM. Perusahaan 3PL yang punya layanan prima, tentunya berdampak positif juga bagi UMKM.

“Semoga dapat mendorong perusahaan 3PL yang telah terintegrasi dengan OrderOnline untuk memberikan performa terbaik mereka, sehingga menjadi top rekomendasi yang berujung untuk keberhasilan dan kepuasan dari Seller/UMKM,” pungkas Rovan.

Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai fitur Logistik dari OrderOnline, silakan dapat mengunjungi laman https://orderonline.id/logistic/ atau https://orderonline.id/logistic-info/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×