kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%
ADV /

Optimalisasi Sistem Akses Kontrol untuk Keamanan Gedung Perkantoran Anda


Selasa, 31 Agustus 2021 / 09:00 WIB
Optimalisasi Sistem Akses Kontrol untuk Keamanan Gedung Perkantoran Anda

KONTAN.CO.ID - Sejak awal pembangunan gedung perkantoran, faktor keamanan adalah salah satu hal krusial yang dipertimbangkan. Salah satu indikator yang dipertimbangkan ketika suatu perusahaan akan menyewa gedung perkantoran adalah  tingkat keamanan gedung. Dengan tingkat keamanan gedung yang baik, perusahaan dapat memberikan jaminan keselamatan  kepada para pekerja. Lebih jauh dari itu, aset perusahaan juga bisa terjaga. Untuk meningkatkan. Seiring dengan bertambahnya kebutuhan keamanan dan munculnya risiko baru untuk gedung, saat ini gedung perkantoran mulai menerapkan sistem keamanan yang lebih kompleks dan ketat. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem keamanan gedung agar sistem keamanan bisa menanggulangi segala faktor ancaman terhadap gedung perkantoran dengan baik.

Secara garis besar, ada tiga faktor yang dapat menjadi ancaman terhadap gedung. Faktor yang pertama adalah keselamatan pegawai. Ancaman terhadap keselamatan pegawai berpengaruh secara langsung terhadap performa perusahaan. Jaminan keamanan kepada pegawai akan meningkatkan produktivitas kerja karena mereka bisa fokus untuk bekerja tanpa dihantui rasa cemas. Faktor kedua adalah kehilangan aset perusahaan. Kehilangan aset akibat tindak pencurian dapat mengganggu operasional perusahaan dan menyebabkan kerugian secara finansial. Dan yang ketiga adalah ancaman yang berada di luar kuasa manusia seperti kebakaran dan bencana alam.

Untuk Faktor keselamatan pegawai dan keamanan aset perusahaan, Optimalisasi sistem keamanan bisa dilakukan mulai dari memberlakukan sistem akses kontrol pintu yang terintegrasi dengan kamera CCTV. Hal ini dilakukan agar arus lalu lintas orang memiliki satu dokumentasi yang mencakup identitas dan rekaman, sehingga memudahkan dalam kontrol dan evaluasi. Integrasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan keamanan, tata letak ruangan, dan poin - poin akses penting seperti gudang atau ruang arsip. Beberapa manfaat yang didapatkan dari pemberlakukan sistem akses kontrol adalah :

● Izin akses terbatas,

Dengan pemberlakukan Akses kontrol, alur keluar masuk suatu ruangan hanya akan diberikan kepada individu yang memiliki kredensial. Hal ini dapat mempermudah pelacakan apabila terjadi sesuatu di dalam ruangan.

● Membantu meningkatkan kebutuhan keamanan suatu perusahaan

Rancangan Sistem Akses Kontrol yang terintegrasi, perusahaan dapat mengevaluasi poin - poin keamanan apa saja yang perlu dibenahi atau diperketat. Semisal apabila karyawan yang masuk ke suatu ruangan tidak dapat teridentifikasi dengan baik pada feed CCTV, Perusahaan dapat mengajukan rekomendasi CCTV dengan kualitas gambar yang lebih baik agar setiap akses dapat terdokumentasi dengan jelas

● Mudah dan sangat efisien untuk menjamin keamanan Anda

Menggunakan Akses Kontrol yang terintegrasi juga mempermudah pengawasan dan mengurangi kebutuhan pengawasan fisik (petugas keamanan dan pos jaga) pada titik - titik krusial bangunan. Selain itu, dengan integrasi akses dengan CCTV, Setiap lalu lintas orang dapat terkontrol dengan baik dan memiliki riwayat yang terperinci.

Integrasi sistem keamanan adalah hal yang perlu direncanakan dengan baik dari segi sumber daya pengelola, peralatan, dan perangkat lunak sistem sentral. Integrasi memerlukan perangkat lunak yang mampu memproses berbagai input dari elemen - elemen sistem keamanan dan menyatukannya menjadi satu dokumentasi keamanan. Untuk mempermudah Integrasi sistem keamanan, Hikvision - Hikcentral hadir untuk solusi keamanan gedung perkantoran Anda. Hikcentral adalah perangkat lunak platform yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan empat industri vertikal umum: bangunan komersial, ritel, kawasan industri, dan pendidikan. Dengan video sebagai kompetensi inti, HikCentral Enterprise Series menawarkan kombinasi teknologi IoT, pengenalan wajah, AI, analisis data besar, dan banyak lagi, memenuhi kebutuhan manajemen perusahaan dengan aplikasi terpadu dan cerdas. Terlebih lagi, sebagai platform terbuka, HikCentral Enterprise dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem pihak ketiga lainnya. Beberapa keunggulan Hikvision - Hikcentral yang ditawarkan adalah:

● Bukan hanya sebagai pengaman, HikCentral Enterprise hadir sebagai platform untuk meningkatkan efisiensi dari berbagai system

● Pada fitur keamanan commercial, dengan bantuan Artificial Intelligence, HikCentral Enterprise membantu bukan hanya dari sisi pengamanan, tetapi dapat memberikan solusi yang komprehensif secara end to end, mulai dari masuk gedung system entry & exit yang ada dalam HikCentral Enterprise Commercial ditambah dengan kamera ANPR serta panduan tempat parkir (Parking Guidance) dapat meningkatkan efisiensi waktu dan kemudahan dalam melakukan management kendaraan. Tidak hanya itu, HikCentral Enterprise Commercial juga menawarkan solusi untuk Human Access Management, mulai dari Visitor Management, akses untuk tenant maupun akses dan kehadiran untuk karyawan pekerja dengan berbagai Autentifikasi.

● Pada fitur keamanan retail, dengan bantuan Artificial Intelligence pada suatu alat, HikCentral Enterprise membantu bukan hanya dari sisi pengamanan, tapi dapat memberikan solusi yang komprehensif secara end to end untuk meningkatkan efisiensi dan strategi yang tepat untuk industri retail saat ini, selain titik panas Hikvision juga mempunyai solusi untuk meningkatkan daya jual suatu produk, yaitu dengan menggunakan strategi proactive marketing, dengan menggunakan kamera CCTV dengan fitur customer analysis serta diintegrasikan dengan customers data VIP, pendeteksian otomatis ketika pelanggan tersebut datang ke suatu toko, petugas atau karyawan toko mendapatkan notifikasi bahwa ada pelanggan VIP datang, karyawan toko bisa memberikan informasi Hot Item atau promo tertentu atau dapat juga meningkatkan service kepada VIP customers. Selain itu CCTV dengan fitur customers analysis juga dapat secara otomatis mengambil data pelanggan yang masuk ke toko kita dan dapat mengenali mana petugas, karyawan dan pelanggan, hal ini dapat membantu kita mendapatkan data pelanggan yang presisi untuk dapat menentukan strategi-strategi lain. Selain itu ada fitur yang hanya ada di HikCentral Enterprise Retail adalah Remote Audit. Hikvision memberikan solusi remote audit untuk memenuhi keluhan customers yang merasa kurang efektif dengan system audit tradisional.

Optimalisasi sistem akses kontrol dapat memberikan lapisan keamanan ekstra bagi gedung. Pemberlakukan pembatasan akses dapat meminimalisir orang yang tidak berkepentingan untuk berada di area - area rawan. Sementara integrasi dengan CCTV dapat memperkuat riwayat akses masuk dan keluar di setiap ruangan yang ada. Dengan tambahan rekaman kondisi ruangan. Selain memperkuat riwayat, rekaman CCTV juga dapat memastikan tidak ada penyalahgunaan izin akses karena log akses diperkuat dengan rekaman .

 


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal
Tag

TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

×