kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%
ADV /

Metode Belajar yang Ampuh Kembangkan Life Skills Anak


Rabu, 02 November 2022 / 11:00 WIB
Metode Belajar yang Ampuh Kembangkan Life Skills Anak
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID -  Mendidik anak tak hanya sebatas pada mengajarkan cara bicara, membaca, menulis dan berhitung. Tapi juga bagaimana membentuk life skills agar kelak ia dapat mandiri. Life skills merupakan kemampuan untuk bisa beradaptasi dan memperlihatkan perilaku positif yang pada akhirnya memampukan seseorang untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenalkan dan mengajarkan anak tentang life skills, perlu jangka waktu panjang dan dilakukan secara bertahap. Life skills ini sangat penting untuk dilatih sejak dini, seperti kedisiplinan, kemandirian, percaya diri, daya juang, sampai kemampuan dalam memecahkan suatu permasalahan. Orang tua memiliki peran penting dalam menentukan metode apa yang tepat untuk anak agar mereka memiliki life skills sebagai bekal untuk masa depan. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah Metode Kumon.

Di Kumon, anak akan mengerjakan lembar kerja secara mandiri setiap hari. Kedisiplinan dan daya juang anak akan terlatih serta dapat membentuk rasa percaya diri pada anak. Selain itu, anak juga terbiasa menyelesaikan masalah yang ada dan tentunya akan meningkatkan life skills mereka.

Siswa Kumon yang berhasil menyelesaikan soal di lembar kerja

Dengan metode yang tepat anak akan merasakan manfaat secara maksimal sesuai kemampuan masing-masing. Di Kumon anak tidak dikelompokkan dalam satu kelas seperti kursus-kursus lain pada umumnya, pembelajaran yang diberikan secara individual dengan mengerjakan soal-soal latihan sesuai kemampuan mereka.

Pembelajaran Kumon sudah dapat dimulai dari usia prasekolah yaitu mulai usia 3 dan 4 tahun. Metode Kumon bisa diikuti dari anak yang belum mengenal bilangan atau belum bisa memegang pensil sekalipun sampai dengan anak SMA. Keunggulan lain dari Metode belajar Kumon adalah yaitu sistem yang tersusun dengan langkah demi langkah kecil. Metode Kumon menerapkan latihan setiap hari pada para siswa, untuk menemukan solusi atau jawaban secara mandiri.

Misi Metode Kumon adalah menggali potensi yang ada pada setiap individu anak dan mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin, Kumon bertujuan untuk membentuk manusia yang sehat dan cakap sehingga dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat global. Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan orang tua dalam hal pembentukan life skills pada anak.

Orang tua dapat mendaftarkan anaknya di Kumon dengan pilihan Program Matematika atau Progam Bahasa Inggris EFL (English as a Foreign Language), maupun dapat mengikuti keduanya. Saat ini lebih dari 100 ribu anak belajar dikumon. Kumon juga membuka kesempatan terhadap orang tua dan anak melalui program COBA GRATIS yang berlangsung di bulan November 2022. Anak dapat merasakan pengalaman belajar GRATIS di Kumon selama 2 minggu (4x pertemuan). Orang tua juga dapat melakukan konsultasi GRATIS dengan Pembimbing Kumon untuk mendiskusikan kemampuan anak.

Untuk mengetahui program dan info lebih lengkap tentang Kumon, Anda dapat kunjungi link https://id.kumonglobal.com/for-parents/our-programmes/, dan program lainnya seperti kursus BahasaInggris EFL, program kursus Matematika.Jangan lupa ikuti media sosicalInstagram danFacebook Kumon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×