kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
ADV / ADV

Menyambut 2020 dengan Pengembangan Dana yang Lebih Aman


Minggu, 01 Desember 2019 / 00:42 WIB
Menyambut 2020 dengan Pengembangan Dana yang Lebih Aman

Penghujung tahun adalah waktu yang tepat untuk merencanakan resolusi-resolusi yang ingin dicapai di tahun mendatang dengan harapan akan kehidupan yang lebih baik lagi. Salah satu resolusi yang dipikirkan tentunya resolusi yang terkait dengan pengelolaan keuangan, termasuk memilih alternatif pengembangan dana.

Setiap orang tentunya menginginkan nilai kekayaan yang meningkat terus setiap tahunnya. Dan berbicara mengenai mengembangkan dana, biasanya langsung terbesit dalam pikiranmu untuk melakukan investasi. Namun, investasi yang menguntungkan saja tidaklah cukup. Sebuah instrumen investasi juga harus menjaga keamanan dana yang diinvestasikan di tengah ketidakpastian ekonomi tahun depan.

Saat mengembangkan dana pastinya setiap orang menginginkan cara pengembangan dana yang aman tanpa risiko. Sayangnya tidak ada return tanpa risk. Maka dari itu, tak kalah penting untuk mengetahui hal-hal yang memitigasi risiko dari sebuah instrumen pengembangan dana.

Resolusi 2020: Mengembangkan Dana dengan Cara yang Aman!

Salah satu bentuk pengembangan dana baru yang dapat dicoba di tahun 2020 adalah Peer-to-peer (P2P) Lending yang sedang berkembang pesat dalam 2 tahun terakhir. P2P Lending menghubungkan peminjam (borrower) dengan pemberi dana (lender). Melalui platform P2P Lending, borrower dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan pinjaman. Setiap pinjaman yang disalurkan kepada borrower memiliki bunga pinjaman, yang dapat dinikmati oleh lender sebagai imbal hasil pendanaannya.

Akseleran sebagai salah satu platform P2P Lending, mengutamakan keamanan dalam mengembangkan dana di 2020. Dengan visi memberikan akses keuangan inklusif untuk setiap lapisan masyarakat, Akseleran menyalurkan pinjaman untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang membutuhkan dana untuk pengembangan usaha, sekaligus memberikan akses pengembangan dana yang aman dan menguntungkan bagi setiap masyarakat. Dengan melakukan pendanaan kepada UKM, para lender juga membantu mengembangkan UKM di Indonesia.

 

Berikut adalah 5 alasan kenapa Akseleran lebih aman untuk mengembangkan dana:

1. Pinjaman Diberikan Kepada Usaha Produktif yang Bervariasi

Dilihat dari tujuan penggunaan pinjamannya, P2P Lending dibagi dua kategori, yaitu pinjaman konsumtif dan pinjaman produktif. Akseleran merupakan salah satu platform P2P Lending yang menyediakan pinjaman produktif. Peluang pendanaan di Akseleran diberikan kepada usaha yang profitable (menghasilkan pendapatan) serta sudah berjalan lebih dari satu tahun, maka risiko menjadi relatif lebih rendah dibandingkan jika pinjaman diberikan untuk kredit konsumtif (untuk keperluan pribadi yang tidak menghasilkan pendapatan).

Di Akseleran kamu bisa memilih melakukan pendanaan di berbagai sektor industri, mulai dari kontraktor, distributor, agency, logistik dan lainnya. Masing-masing sektor industri memiliki risikonya masing-masing dan dengan banyaknya variasi peluang usaha ini tentu akan membuat kamu lebih mudah melakukan diversifikasi dan memitigasi risiko.

2. Memiliki Agunan

Akseleran memasang agunan/jaminan di lebih dari 99% nilai portfolio pinjamannya. Meskipun bukan agunan fixed asset (tanah & bangunan), adanya agunan yang kebanyakan berupa invoice/PO/SPK/Kontrak yang difidusiakan dapat memperkecil risiko seperti keterlambatan atau gagal bayar. Apabila peminjam mengalami keterlambatan pembayaran atau gagal bayar, maka agunan ini bisa dieksekusi atau dijadikan dasar proses hukum untuk memastikan pengembalian dana yang dipinjamkan. Bentuk agunan lain yang dapat juga digunakan adalah persediaan dagang (inventory) dan juga peralatan (equipment).

3. Memiliki Risiko Yang Terukur

Bagi seseorang yang sudah paham mengenai dunia investasi tentu mengetahui adanya suatu risiko yang menyertai setiap peluang investasi. Karena itu adanya proses credit scoring sangat diperlukan, terutama dari sisi lender, agar risiko dari setiap pendanaan yang dilakukan bisa lebih diukur. Dengan adanya credit scoring juga kamu bisa melihat dengan jelas imbal hasil dan tingkat risiko dari setiap pendanaan. Jadi, kamu sebagai lender dapat memilih peluang dengan tingkat risiko yang sesuai preferensi (risiko rendah, menengah, atau tinggi), serta lebih mudah melakukan diversifikasi dengan menyebar pendanaan di berbagai kampanye dengan credit score yang berbeda-beda.

4. Proteksi Asuransi

Pengembangan dana di P2P Lending tentu tidak akan luput dari risiko, maka sebagai bentuk perlindungan yang diberikan oleh Akseleran, sebagian besar kampanye pinjaman Akseleran telah dilindungi oleh proteksi asuransi. Para pemberi dana bisa merasa lebih aman karena risiko kehilangan dana yang dipinjamkan menjadi lebih kecil.

Jadi, lender tidak perlu lagi khawatir dengan adanya risiko gagal bayar dengan adanya proteksi asuransi. Apabila ada pinjaman yang mengalami keterlambatan bayar lebih dari 90 hari, maka dana akan kembali hingga 85% dari pokok pinjaman yang tertunggak. Namun, hal ini diupayakan untuk tidak terjadi, karena tim Akseleran selalu melakukan seleksi yang ketat di setiap kampanye pinjaman yang ada.

5. Hanya Mulai Dari Rp 100 ribu, Imbal Hasil Hingga 21%

Untuk mulai melakukan pendanaan di Akseleran bisa dimulai hanya dengan Rp 100 ribu saja. Jadi untuk kamu yang masih baru ingin mencoba untuk melakukan pendanaan tentu lebih mudah dan jauh lebih aman dengan nominal awal yang relatif minim. Salah satu tujuan investasi dengan nominal awal yang kecil ini juga untuk mengajak lebih banyak lapisan masyarakat untuk mencoba mengembangkan dananya.

Dengan melakukan pendanaan di Akseleran imbal hasil yang didapatkan setiap bulannya adalah tetap, tidak akan berubah selama proses tersebut berjalan. Dengan minimnya fluktuasi ini, pendanaan P2P Lending bisa menjadi salah satu tambahan fixed income, dan calon lender pun dapat merencanakan keuangannya dengan lebih baik.

Terdaftar dan diawasi oleh OJK

Dengan terdaftar dan diawasinya Akseleran oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka setiap proses dan transaksi di platform Akseleran tentunya akan melewati pengawasan dari OJK. Hal ini tentu akan membuat para pengguna lebih aman dalam bertransaksi di Akseleran.

Khusus untuk kamu sebagai calon lender baru yang ingin mencoba platform P2P Lending ini, kamu bisa menggunakan kode promo KONTAN2019 untuk mendapatkan dana awal sebesar Rp 100rb. Dengan dana awal ini, kamu bisa mencoba mengembangkan dana di platform Akseleran tanpa harus menggunakan uangmu sendiri.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email cs@akseleran.co.id. Kamu juga bisa unduh aplikasi Akseleran dari Google Play atau Apple App Store untuk mengembangkan dana dengan lebih mudah.

 

 


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini
Tag

TERBARU

×