kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.017,62   9,82   0.97%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%
ADV /

Mengenal Kelebihan Fasilitas Pinjaman KTA yang Lebih Aman Dibanding Pinjol


Jumat, 24 Desember 2021 / 10:43 WIB
Mengenal Kelebihan Fasilitas Pinjaman KTA yang Lebih Aman Dibanding Pinjol
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - Banyak sekali jenis kebutuhan yang harus kita penuhi dari waktu ke waktu. Semua itu butuh dana yang mungkin kadang tidak bisa kita penuhi. Di saat seperti inilah kita membutuhkan bantuan dana dari program pinjaman. Produk pinjaman KTA dari bank ternyata jauh lebih direkomendasikan daripada pinjaman online yang beberapa waktu ini populer di masyarakat. Mengapa bisa begitu? Simak penjelasannya di artikel ini.

Jenis Pinjaman Bank

Sebelumnya mari kita pahami dulu jenis pinjaman yang ada di bank. Secara garis besar ada dua jenis pinjaman yang bisa kamu temui di bank. Berikut ini adalah dua jenis pinjaman di bank yang bisa dijadikan opsi bagi kamu saat butuh bantuan dana untuk berbagai keperluan:

1. Pinjaman dengan Agunan

Jenis pertama adalah produk pinjaman yang beragunan. Artinya, produk pinjaman ini akan membutuhkan agunan atau jaminan. Jadi kamu harus menyerahkan aset tertentu sebagai agunan atau jaminan untuk mendapatkan dana pinjaman. Aset ini nantinya akan menjadi jaminan dan dilelang apabila debitur tidak bisa melunasi pinjaman tepat pada waktunya. Aset juga bisa dilelang jika debitur menyalahi aturan dalam pelaksanaan pinjaman tersebut.

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman ini maka kamu harus menyiapkan aset terlebih dahulu. Kamu harus punya aset yang sesuai dengan jumlah pinjaman yang akan kamu dapatkan. Nantinya pihak bank akan melakukan survei dan penilaian untuk menentukan nilai dari aset tersebut. Sehingga bisa dikeluarkan berapa banyak nominal uang yang dapat dipinjam dengan memakai agunan tadi.

Tentunya produk pinjaman ini sangat berisiko karena kamu bisa saja kehilangan aset yang berharga. Hanya saja memang jumlah dana yang bisa dipinjam akan jauh lebih besar. Banyak sekali masyarakat yang sudah menggunakan produk pinjaman semacam ini. Sebagian memang bisa mendapatkan asetnya kembali karena menyelesaikan angsurannya sesuai aturan. Namun tak sedikit pula yang harus kehilangan aset karena mengalami gagal bayar.

 

2. Pinjaman tanpa Agunan

Selanjutnya ada produk pinjaman yang berkebalikan dengan produk sebelumnya. Produk ini merupakan pinjaman KTA dimana KTA tersebut merupakan kependekan dari kredit tanpa agunan. Dari namanya saja bisa diketahui bahwa produk pinjaman ini tidak butuh jaminan atau agunan dalam bentuk apapun. Jadi dana pinjaman bisa langsung diterima oleh debitur tanpa harus menukarnya dengan aset tertentu.

Program pinjaman seperti ini sangat diminati oleh banyak orang di Indonesia. Jelas saja banyak diminati karena memang sangat mudah dan praktis. Tidak perlu mengajukan jaminan apapun namun dana bisa langsung digunakan. Selain itu kini proses pengajuan KTA juga semakin mudah bahkan ada yang bisa dilakukan secara online tanpa harus ke kantor bank langsung.

Mengusung konsep tanpa agunan, pinjaman ini banyak direkomendasikan untuk anak muda atau pengusaha pemula. Mereka yang butuh dana cepat tapi tidak punya aset apapun bisa menggunakan program pinjaman ini. Menariknya lagi jumlah dana yang bisa dipinjam bahkan bisa mencapai angka puluhan juta rupiah. Jadi sangat menguntungkan dan mempermudah siapa saja untuk mendapat pinjaman uang.

Risikonya pun jauh lebih ringan karena tidak ada risiko kehilangan aset. Meskipun memang jika terjadi gagal bayar maka debitur harus berusaha mencari dana dan salah satunya dengan menjual aset. Namun yang paling penting aset tersebut masih menjadi milik sendiri dan tidak diambil alih oleh pihak bank.

 

3 Cara Mengajukan Pinjaman di Bank

Simak berikut ini 3 cara penting untung mengajukan pinjaman KTA bank agar bisa berjalan lancar dan pinjaman langsung disetujui oleh bank:

1. Lengkapi Semua Syarat

Cara pertama, pastikan kamu melengkapi semua syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman. Setiap bank dan setiap jenis program pinjaman pasti punya syarat yang berbeda. Tentukan dulu dimana kamu akan meminjam uang dan program pinjaman apa yang akan kamu gunakan apakah pinjaman KTA atau jenis pinjaman yang memakai agunan.

Sebenarnya persyaratan yang dibutuhkan ini tergolong umum. Bank biasanya akan meminta calon debitur untuk mengumpulkan fotokopi kartu identitas, KK, persetujuan suami istri, surat nikah, dan lain sebagainya. Intinya ikuti saja aturan dari pihak bank dan penuhi setiap syarat yang diminta. Jika syaratnya lengkap maka tidak akan ada halangan berarti dalam proses approval dari pihak bank.

2. Pastikan Tidak Ada Utang Lain

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman, maka pastikan tidak ada utang lain yang kamu miliki. Ini juga penting karena ajuan pinjaman akan dianalisis dan dievaluasi terlebih dahulu. Jika kamu masih tercatat punya pinjaman dari sumber lainnya maka ajuan pinjaman ini tidak mungkin disetujui. Aturan ini sebenarnya diberlakukan untuk kebaikan dirimu sendiri agar tidak merasa keberatan saat harus membayar angsuran.

Apapun jenis pinjamannya, baik pinjaman tanpa jaminan maupun pinjaman beragunan semuanya akan menerapkan syarat tersebut. Jadi memang pihak bank akan menelusuri dulu apakah debitur tersebut masih ada tanggungan hutang atau tidak. Ini juga bisa dilakukan lewat BI checking dimana catatan finansial dan utang yang kamu lakukan akan dievaluasi lebih lanjut.

3. Tentukan Tenor Pinjaman secara matang

Langkah berikutnya yang harus dilakukan agar pinjaman bisa langsung disetujui dan dicairkan adalah pilih tenor yang tepat. Tenor merupakan durasi pinjaman artinya berapa lama waktu yang bisa diberikan kepada debitur untuk melunasi utangnya. Tenor ini bisa bervariasi dan umumnya calon debitur harus menentukan sendiri berapa lama tenor tersebut.

Pastikan kamu membuat perhitungan yang matang agar bisa memilih durasi pinjaman yang tepat. Artinya dengan tenor tersebut kamu bisa memastikan bahwa total pinjaman bisa langsung terbayar lunas. Tentunya ini juga harus diperhitungkan dengan melibatkan bunga yang dibebankan oleh pihak bank.

Itulah tadi 3 cara penting yang harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan pinjaman dengan mudah dari pihak bank. Sebaiknya kamu memilih jenis pinjaman KTA saja daripada pinjaman beragunan karena lebih menguntungkan dan risikonya lebih rendah. Selain itu proses pengajuan dan pencairan juga umumnya akan jauh lebih mudah untuk program pinjaman yang tidak butuh agunan seperti ini.

Namun kamu juga harus hati-hati memilih bank yang menyediakan produk KTA. Pastikan bahwa bank yang kamu pilih memang terpercaya dan menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan fasilitas yang memadai. Salah satunya adalah digibank by DBS yang memiliki produk digibank KTA dengan berbagai kelebihan. Dijamin kamu akan merasa sangat dimudahkan dengan produk pinjaman KTA tersebut.

Apply digibank KTA

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Kamu tidak perlu merasa ragu untuk mengajukan pinjaman di bank digital yang satu ini. Ada banyak kelebihan yang akan kamu temui lewat program KTA bank digibank by DBS tersebut. Berikut adalah beberapa kelebihan yang siap ditawarkan:

1. Apply Mudah

Kelebihan pertama, proses apply pinjaman digibank by DBS ini sangatlah mudah. Kamu bisa langsung melakukan pengajuan pinjaman secara online lewat aplikasi digibank by DBS. Sistem pengajuannya sangat praktis dan tidak butuh waktu yang lama. Nanti akan dibahas pula bagaimana cara pengajuannya baik untuk nasabah maupun non-nasabah.

2. Syarat Praktis

Selain prosedur pengajuannya mudah, ternyata syarat yang dibutuhkan juga sangat praktis. Kamu bahkan tidak perlu mengumpulkan dokumen atau berkas apapun. Kamu hanya butuh e-KTP sebagai syarat mutlak untuk mengajukan pinjaman KTA ini. Tak butuh dokumen ribet dan tak butuh agunan pula, sangat menguntungkan bukan?

3. Terjamin Aman

Kelebihan lain dari produk pinjaman digibank KTA ini adalah sudah ada jaminan aman. Layanan ini telah terdaftar OJK sehingga semua aktivitasnya akan diawasi dan dianggap legal. Oleh sebab itu kamu tak perlu khawatir karena semua aktivitas regulasi pinjaman berjalan sesuai aturan hukum.

4. Bunga Ringan

Penawaran menarik diberikan digibank KTA lewat beban bunga yang terbilang ringan. Bahkan nilai bunganya mulai dari 0,95% saja. Tentunya angka bunga ini akan memberikan keuntungan dan keringanan tersendiri bagi kamu. Bunga juga dibebankan dengan sistem flat per bulan sehingga perhitungan dan perencanaannya lebih mudah.

5. Persetujuan Cepat dan Pencairan Real-Time

Menariknya lagi, pinjaman digibank KTA ini menawarkan proses pencairan yang sangat cepat. Bahkan approval dapat dilakukan hanya dalam waktu 60 detik saja. Setelah pengajuan dan approval selesai maka dana pinjaman bisa langsung ditransfer ke akun rekening digibank. Nominal yang bisa ditransfer mencapai angka Rp 80 juta.

Seperti apa prosedur pengajuannya? Berikut ini adalah langkah pengajuan pinjaman KTA digibank by DBS untuk calon debitur yang belum terdaftar sebagai nasabah:

● Kunjungi website berikut go.dbs.com/kta melalui browser.

● Klik opsi Apply di sini yang tertera di laman website.

● Tunggu approval yang berjalan selama 60 detik.

● Lakukan pengunduhan aplikasi digibank by DBS di perangkat smartphone.

● Langsung masukkan username dan password untuk membuat akun.

● Selesaikan verifikasi biometrik dengan bantuan agen digibank.

● Dana langsung cair ke rekening digibank hingga bisa mencapai Rp 80 juta.

Bagi calon debitur yang sudah terdaftar sebagai nasabah, berikut ini adalah panduan cara pengajuan yang bisa dilakukan:

● Akses aplikasi digibank by DBS yang telah ada di smartphone.

● Begitu muncul menu utama aplikasi, klik Personal Loan.

● Muncul formulir pengajuan dan isikan data diri secara lengkap.

● Tunggu proses approval selesai, hanya butuh 60 detik.

● Tentukan limit dan tenor pinjaman sesuai kebutuhan.

● Dana dapat dikirim segera secara real time sampai nominal Rp 80 juta.

Produk kredit cepat cair di bank digital ini sangat mudah untuk didapatkan. Layanan digibank KTA akan menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan taraf hidup. Terutama untuk kebutuhan modal usaha sehingga bisa menjadi modal untuk semakin produktif dan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Manfaatkan pinjaman ini untuk hal-hal yang bermanfaat sehingga akan terasa semakin menguntungkan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan rinci mengenai pinjaman KTA digibank by DBS ini, langsung saja kunjungi laman website resmi mereka. Disana sudah tersedia lengkap informasi pengajuan pinjaman serta syarat yang dibutuhkan. Jangan lupa lakukan simulasi perhitungan agar kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam melunasi pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

×