kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
ADV /

Mengenal 5 Jenis Sushi Favorit, Bahan Baku Segar Jadi Penentu Kualitas Rasa


Jumat, 28 Juli 2023 / 16:00 WIB
Mengenal 5 Jenis Sushi Favorit, Bahan Baku Segar Jadi Penentu Kualitas Rasa
Sushi Toku selalu mengutamakan kesegaran dan kualitas menu makanan yang disajikan. (Dok. Sushi Toku)

KONTAN.CO.ID - Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sajian ini umumnya terdiri atas nasi, potongan rumput laut, dan aneka makanan laut atau boga bahari (seafood) segar.

Meski memiliki kombinasi bahan dan bentuk berbeda, sejatinya kelezatan sushi terletak pada kesegaran dan kualitas bahannya.

Sebelum menjajal sajian istimewa itu, kamu sebaiknya memahami lima jenis sushi yang umum disajikan di restoran sushi di Indonesia, termasuk di Jakarta. Berikut adalah ulasannya.

1. Maki sushi

Maki sushi dibuat dengan cara menggulung nasi ke dalam rumput laut kering atau nori sehingga bahan ini berada pada lapisan terluar. Sushi ini berisi ikan serta sayuran yang diiris tipis dan kecil.

Adapun maki sushi terbagi dalam beberapa jenis. Salah satunya adalah fotomaki yang berukuran besar serta berisi berbagai macam bahan, seperti sayuran dan potongan ikan. Kemudian, ada pula hosomaki yang hanya berisi nasi dan satu macam hidangan, misalnya tuna, salmon, atau sayuran.

2. Uramaki sushi

Uramaki berbentuk seperti maki sushi. Namun, bagian luar sushi ini adalah nasi. Dengan kata lain, uramaki adalah maki sushi yang dibalik.

3. Sushi gunkan maki

Sushi gunkan sekilas mirip maki sushi, tapi memiliki bentuk yang cenderung lebih oval dan menyerupai kapal. Sushi ini terdiri dari nasi yang dibalut dengan nori lalu diberi topping berupa potongan ikan, telur ikan (tobiko), atau sayuran segar.

4. Nigiri sushi

Berbeda dengan sushi kebanyakan, pembuatan nigiri sushi umumnya tidak digulung. Sushi ini dibuat dengan cara menekan nasi menggunakan tangan sehingga tampak seperti gundukan.

Sushi itu disajikan dengan menambahkan potongan ikan segar pada bagian atas gundukan. Nigiri sushi juga dapat ditambahkan nori kecil sebagai pengencang topping.

5. Inari sushi

Inari sushi sedikit berbeda dengan sushi kebanyakan. Sushi ini berisi nasi yang dibungkus dengan kantung tahu goreng.

Itulah lima jenis sushi populer yang jamak ditemukan di restoran sushi di Jakarta. Seperti disebutkan sebelumnya, kelezatan sushi terletak pada kesegaran dan kualitas bahannya.

Oleh sebab itu, kedua hal tersebut menjadi poin penting yang diterapkan sejumlah restoran sushi. Sushi Toku, misalnya, selalu mengutamakan kesegaran dan kualitas makanan. Semua menu yang disajikan juga tidak mengandung babi dan minyak babi (no pork and no lard).

Authentic Japanese restaurant itu menyediakan berbagai hidangan khas Jepang, mulai dari sushi, gyoza, chawan mushi, karage, miso soup, donburi, ramen, hingga sashimi.

Di samping menu a la carte, Sushi Toku juga memiliki sajian Sushi Omakase. Dengan sajian ini, konsumen bisa memilih jenis paket Omakase dengan menu berbeda.

Untuk diketahui, salah satu menu andalan Sushi Toku adalah live lobster sashimi. Lewat menu ini, pengunjung tidak hanya dapat merasakan kesegaran cita rasa sashimi, tetapi juga menikmati pengalaman kuliner Jepang secara unik.

Salah satu menu andalan Sushi Toku adalah live lobster sashimi. (Dok. Sushi Toku)

Selain makanan Jepang, Sushi Toku juga menawarkan beragam minuman beralkohol khas Jepang, sembilan signatures cocktails, dan beberapa sake.

Sebagai informasi, premium Japanese restaurant and sake bar Sushi Toku berlokasi di Jalan Gunawarman Nomor 39, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untuk menikmati kesegaran sajian menu khas Jepang di Sushi Toku, kamu sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung melalui nomor WhatsApp 0819 1910 8888.

Tak hanya di Jakarta, Sushi Toku juga memiliki cabang di Darmo, Surabaya, Jawa Timur, dan Atlas Beach Club Bali.

Informasi selengkapnya mengenai Sushi Toku bisa kamu temukan pada laman berikut atau akun Instagram dan Facebook Sushi Toku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU

×