kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,63   -3,01   -0.30%
  • EMAS962.000 0,73%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%
ADV /

Macam-Macam Sewage Treatment Plant (STP) Biotech Yang Sering Digunakan


Selasa, 13 September 2022 / 14:00 WIB
Macam-Macam Sewage Treatment Plant (STP) Biotech Yang Sering Digunakan

KONTAN.CO.ID - Sebagai pelaku usaha yang bergerak di bidang Sewage Treatment Plant (STP) tentu sudah sangat paham terkait dengan jenis dari Savage treatment plant yang banyak digunakan dan juga diaplikasikan di Indonesia.

Macam-macam jenis Sewage Treatment Plant STP Biotech yang akan digunakan di perumahan,  industri,gedung bertingkat atau bahkan Sewage Treatment Plant (STP) yang digunakan di rumah sakit sangat beragam. Pembangunan Sewage Treatment Plant (STP) ini dapat digunakan untuk pencegahan limbah cair yang merupakan hasil buangan domestik yaitu berupa buangan air yang dihasilkan dari rumah tangga seperti memasak mencuci ataupun limbah cair dari kamar mandi. sehingga limbah cair tersebut tidak mencemari lingkungan sekitar.Tujuan utamanya keberadaan Sewage Treatment Plant (STP) yaitu melakukan pengolahan air sehingga limbah air cukup baik kualitasnya dan bisa memenuhi standar baku mutu dari pembuangan.

Saat ini ada banyak perusahaan yang menjual Sewage Treatment Plant(STP) dengan model dan harga yang bervariasi, satu diantaranya adalah PT.SURYA UTAMA FIBERTEK yang menawarkan Sewage Treatment Plant (STP) Biotech yang bisa mengolah limbah domestik dari toilet, kotoran manusia hingga air bekas mandi menjadi air ramah lingkungan dan dapat digunakan lagi atau layak buang ke saluran kota.

Secara langsung proses ini akan mengurangi pencemaran air yang disebabkan oleh air buangan yang berasal dari limbah rumah tangga, limbah industri, maupun limbah domestik yang dihasilkan oleh apartemen, mall, pekantoran, dan gedung-gedung besar lainnya.

Macam-Macam Jenis Sewage Treatment Plant (STP) Biotech

Berikut ini merupakan macam-macam jenis Sewage Treatment Plant (STP)  yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia:

  • Sewage Treatment Plant (STP) Bioreactor Sistem Extended Aeration

Jenis STP yang pertama ada yaitu STP Bioreactor dengan sistem Extended Aeration. STP jenis ini punya model seperti tangki bulat yang modelnya memanjang. Dengan bahan baku dari fiberglass, tangki STP ini bertahan cukup lama sehingga bisa cukup awet untuk digunakan. Pada beberapa tempat,unit ini sering juga disebut dengan IPAL Biotech.

  • Sewage Treatment Plant (STP) Septic Tank

Jenis STP selanjutnya yaitu adalah septic tank. Jenis ini merupakan salah satu yang paling sering didengar dan paling sering digunakan. Septic tank ini digunakan untuk pengolahan limbah tinja dan bisa ditemukan hampir di seluruh rumah warga.

Sistem pengolahan septic tank ini punya fungsi yang hebat karena mengadopsi konsep proses biologi bakteri anaerobik. Hal ini sangat berbeda dengan sistem extended aeration. Pada septic tank ini bakteri yang hidup tanpa udara dapat meningkatkan kualitas dari air limbah sebelum dibuang.

  • Sewage Treatment Plant (STP) Jenis IPAL Komunal

Jenis STP selanjutnya yaitu ada Ipal komunal yang sengaja dirancang untuk pengolahan air limbah terpadu. Ipal komunal ini bertujuan untuk pengolahan limbah cair dan juga penguraian zat pencemar yang berasal dari berbagai sumber perumahan dalam sistem terintegrasi.

Keunggulan dari sistem Ipal komunal ini yaitu setiap rumah tidak perlu ada septic tank. Kualitas air olahan yang didapatkan dari sistem ini juga bisa memiliki fungsi lain yaitu dapat digunakan kembali pada effluent tank untuk dapat digunakan sebagai air bersih kegiatan non komersil seperti sebagai air untuk menyiram tanaman.

Tetapi Ipal komunal ini juga punya kelemahan yaitu tarif retribusi bayaran bulanan untuk tiap meter kubik dari limbah cair yang dihasilkan. Sehingga biayanya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis STP Biotech yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×