kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,61   10,64   1.07%
  • EMAS974.000 0,72%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Lewat Investment Literasi Goes to Campus, Kontan ajak mahasiswa melek investasi


Kamis, 28 April 2022 / 09:00 WIB
Lewat Investment Literasi Goes to Campus, Kontan ajak mahasiswa melek investasi

KONTAN.CO.ID - Dua tahun terakhir, dunia investasi berkembang pesat. Adanya pandemi yang diiringi kemajuan digital ternyata mendorong banyak orang terjun ke dunia investasi. Tak terkecuali kalangan gen Z dan gen Y yang ternyata juga mulai menjajal investasi.

Sayangnya, setahun terakhir ini kabar tak sedap soal investasi ilegal juga banyak bersliweran. Untuk membekali pengetahuan maupun keterampilan gen Z dan gen Y ini tentang investasi, Kontan menyelenggarakan Investment Literasi Goes to Campus. Dalam event ini Kontan juga menggandeng kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi, yakni Universitas Diponegoro, Telkom University, Universitas Gadjah Mada, Sekolah Bisnis - Institut Pertanian Bogor, Unika Atma Jaya Jakarta, KSPM Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Airlangga dan PPM School of Management.

Rangkaian event Investment Literasi Goes to Campus diawali dengan penyelenggaraan webinar literasi dan keuangan. Lebih dari 500 mahasiswa antusias mengikuti webinar yang berlangsung dua hari pada Jumat-Sabtu, 22-23 April 2022 lalu.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informasi Samuel A. Pangerapan ikut membuka webinar ini dengan memberi sambutan positif terhadap penyelenggaraan event Investment Literasi Goes to Campus ini. “Mulai banyaknya investor dari kalangan milenial menjadi peluang yang sangat besar dan membanggakan, tapi ini juga mendatangkan tantangan lainnya mengingat tingkat literasi pasar modal keuangan hanya sekitar 5%,” jelas dia.

Oleh karena itu, Samuel berharap penyelenggaraan webinar ini bisa meningkatkan tingkat literasi sehingga bisa terus menekan angka kerugian dan jumlah korban investasi bodong di masa-masa medatang.  “ Literasi ditial hingga literasi pasar modal ini sangat penting agar masyarakat Indonesia terutama mahasiswa yang sudah hadir dapat menjadi investor cerdas yang tak hanya dalam melihat peluang, tapi memahami resiko-resiko  yang muncul bersamanya,” kata Samuel.

Ada berbagai topik pembahasan dalam webinar ini. Mulai perencanaan keuangan, reksadana untuk anak muda, seluk-beluk investasi saham, investasi konvensional versus baru, hingga cara praktis berinvestasi. Kontan pun mengundang pembicara yang kompeten dalam pembahasan berbagai topik webinar literasi ini.  Sebut saja, perencana keuangan, manajer investasi, pelaku pasar modal hingga content creator soal investasi Doddy Prayogo.

Para mahasiswa pun terlihat antusias mengikuti webinar ini. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka lontarkan selama webinar berlangsung. Dari pertanyaan-pertanyaan,  terlihat pula ketertarikan mereka di dunia investasi.

Selanjutnya, rangkaian event Investment Literacy Goes to Campus akan beranjak ke Trading Competition. Para mahasiswa bisa mengikuti lomba trading saham ini dengan gratis. Peserta bisa mengikuti ajang lomba berhadiah Rp 46 juta ini dengan mendaftar ke event.kontan.co.id  mulai 25 April 2022 hingga 9 Mei 2022. Kompetisinya sendiri akan berlangsung pada 17-20 Mei 2022.

Selain sejumlah universitas yang disebutkan di atas, rangkaian event Investment Literacy ini juga mendapat dukungan dari sejumlah perusahaan rekanan Kontan, seperti RTI, Bareksa, OVO, Infovesta dan OneShildt Financial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU

×