kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Laba Bersih SeaBank Melesat 283% di Kuartal I 2024 dengan Nasabah Nyaris 12 Juta


Rabu, 15 Mei 2024 / 10:00 WIB
Laba Bersih SeaBank Melesat 283% di Kuartal I 2024 dengan Nasabah Nyaris 12 Juta
ILUSTRASI. Kontan - Seabank Adv Online

KONTAN.CO.ID - PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank) mencatatkan kinerja keuangan positif pada kuartal pertama tahun 2024.

Bank milik Sea Group ini membukukan laba bersih periode berjalan sebesar Rp52 miliar atau tumbuh 283% (yoy). Tingkat pengembalian aset (ROA) SeaBank pun melesat dari 0,22% menjadi 0,82% dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Kenaikan laba sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit perusahaan di kuartal I-2024 yang tercatat sebesar Rp18,2 triliun atau tumbuh 22,1% (yoy). Capaian ini lebih tinggi daripada rata-rata penyaluran kredit perbankan yakni 12,4%. Begitu pula rasio NPL (Non Performing Loan) terkendali di angka 2,02%, menunjukkan kemampuan perusahaan mengendalikan kualitas penyaluran kredit.

Faktor pendukung lainnya adalah kenaikan rasio dana murah (CASA) dari 62,1% ke 64,5%, serta dana pihak ketiga (DPK) di kuartal I-2024 sebesar Rp24,5 triliun. Naiknya CASA dan DPK menurunkan beban bunga sebesar 5,9% dibandingkan periode sama tahun lalu.

Direktur Utama SeaBank Indonesia Sasmaya Tuhuleley mengatakan, kenaikan laba di kuartal I-2024 menandakan kemampuan SeaBank dalam menjalankan bisnis dengan baik sehingga bisa terus melanjutkan tren positif dari tahun 2022 hingga awal 2024.

“Kami menjalankan bisnis selalu dengan prinsip kehati-hatian dan terus mengedepankan inovasi yang menguntungkan nasabah, terbukti di awal tahun ini capaian SeaBank positif, kami berharap terus menjadi lebih baik hingga akhir 2024,” ungkap Sasmaya.

Hampir 12 juta nasabah

Hal positif lain yang berhasil diraih SeaBank di kuartal I-2024 adalah kenaikan sekitar dua juta nasabah baru. Penambahan ini mendongkrak total nasabah SeaBank sejumlah hampir 12 juta di seluruh Indonesia.

Peningkatan nasabah diikuti kepuasan dari segi produk. Aplikasi SeaBank rata-rata mendapatkan rating tinggi 4,9 di Apps Store & Google Play Store yang diartikan sebagai pengalaman baik nasabah selama menggunakan aplikasi SeaBank.

“Akhir 2023 kita berhasil meraih 10 juta nasabah, kuartal I-2024 naik menjadi hampir 12 juta nasabah. Ini merupakan hal yang harus disyukuri dan dijaga, kami berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman perbankan yang terbaik bagi nasabah,” jelas Sasmaya.

Kontan - Seabank Adv Online

Demi meningkatkan pengalaman perbankan yang baik untuk nasabah, SeaBank menghadirkan beragam fitur dan layanan baru. SeaBank menjadi bank yang pertama kali meluncurkan program Flash Deal Deposito. Promosi tetap ini menawarkan deposito berjangka dengan bunga hingga 6,5% pada waktu-waktu tertentu.

SeaBank juga menghadirkan fitur Transfer Grup yang memudahkan nasabah melakukan transfer ke lebih dari satu orang secara bersamaan. Fitur ini contohnya dimanfaatkan pelaku UMKM yang rutin melakukan transfer gaji karyawan atau vendor.

Top 3 Bank versi Forbes

Pertengahan April 2024 Majalah Forbes merilis daftar bank terbaik di Indonesia dan SeaBank masuk ke dalam peringkat tiga besar. Peringkat bank terbaik versi Forbes didapatkan melalui survei kepada nasabah. Survei tersebut mengukur kepuasan nasabah terhadap layanan bank serta tingkat keinginan merekomendasikan bank tersebut kepada orang lain.

Dalam survei itu nasabah juga mengurutkan bank berdasarkan beberapa kriteria seperti tingkat kepercayaan terhadap bank, biaya dan bunga bank, pelayanan nasabah (customer service), layanan digital (kemudahan beraktivitas melalui website maupun aplikasi), serta informasi keuangan yang tersedia.

Berikut daftar lima bank terbaik di Indonesia versi Forbes di 2024:

1. Bank Central Asia

2. Bank Mandiri

3. SeaBank Indonesia

4. Jago

5. Bank Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×