kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Kualitas Meningkat, Blibli.com Big Start Indonesia Terus Lahirkan Pengusaha Kreatif


Selasa, 08 Oktober 2019 / 00:05 WIB
Kualitas Meningkat, Blibli.com Big Start Indonesia Terus Lahirkan Pengusaha Kreatif
ILUSTRASI. Blibli.com - Kontan Advertorial Online

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Komitmen Blibli.com untuk terus melahirkan usaha kreatif di Indonesia terus dilakukan. Melalui gelaran tahunan Blibli.com Big Start Indonesia (BBSI) Season 4, online mall terkemuka di Indonesia tersebut menggelar malam penghargaan di IDEAFest 2019 Jakarta Convention Center, Sabtu (5/10) dengan melahirkan jawara-jawara baru di industri kreatif. Ajang BBSI ini pun terus mengalami peningkatan kualitas setiap tahun.

Dari 8.900 pengusaha seluruh Indonesia,  BBSI Season 4 menyaring Top 100 pengusaha dan kemudian disaring lagi hingga menjadi Top 20 di bulan September, telah melahirkan empat jawara baru dari empat kategori yaitu Fashion, Kuliner, Kriya dan Kesehatan & Kecantikan (KKE). Selain para pemenang utama, juga dipilih pemenang favorit dan Editor’s Choice Award yang dipilih khusus oleh para redaktur dan pemimpin redaksi media massa.

Adapun para pemenang utama  adalah sebagai berikut. Pemenang pertama dari kategori KKE adalah Amadeus Pribowo, pendiri Cahaya Naturals. Amadeus berhasil meyakinkan para juri melalui produk usahanya yang bergerak di bidang natural skincare. Cahaya Naturals pun terbukti secara ilmiah menggunakan bahan baku minyak alami seperti minyak tamanu (nyamplung) yang didapat dari produsen UMKM di Jawa Tengah dan tengkawang butter yang bahan bakunya dipasok dari komunitas Dayak, Kalimantan Barat.  Sebagai jawara, Amadeus berhak atas hadiah senilai Rp 500.000.000.

Pemenang kedua adalah Muhammad Nur Rijaldi, pendiri Mango Day dari kategori Kuliner. Rijaldi menciptakan puree buah mangga yang dikeringkan dengan hasil teknologi kreasinya sendiri. Juri pun kepincut dengan produk tersebut dan Manggo Day berhak menggondol hadiah Rp 300.000.000.

Pemenang ketiga adalah Elsana Bekti Nugroho dari kategori Fashion. Elsana mengandalkan produk kain tenun dengan brand Arane. Yang membuat  juri kagum adalah Elsana menggunakan ragam motif dari bahan baku alam seperti daun, batang dan bunga. Dia juga menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dari Klaten. Atas kerja kerasnya tersebut Elsana berhak mendapat hadiah senilai Rp 200.000.000

Pemenang keempat adalah Ilham Pinastiko dari kategori Kesehatan & Kecantikan (KKE). Ilham menciptakan bisnis jam tangan dengan kulit jamur sebagai pengganti kulit sapi. Dia juga berhasil mendapat sertifikat vegan watch pertama di dunia. Lewat brand Pala Nusantara, Ilham berhasil meyakinkan dewan juri dan berhak atas hadiah senilai Rp 100.000.000

Sedangkan untuk Favorite Winner, atau pemenang favorit, adalah Vica Mardika Wong, dengan brand andalannya Kemayu, produk aromaterapi berbahan baku bunga, buah dan rempah. Atas keberhasilannya itu Via menggondol hadiah senilai Rp 50.000.000.

Dan yang special pada tahun ini, BBSI Season 4 memperkenalkan kategori baru, yaitu Editor’s Choice Award, penjurian yang dilakukan oleh para Editor hingga Editor in Chief dari beberapa media. Pemenang kategori ini diraih Lidya Angelina Rinaldi, pendiri La Dame in Vanilla, yang mendapatkan hadiah senilai Rp 50.000.000. Lidya mengenalkan ekstrak vanilla yang halal dan organik serta tidak mengandung alkohol.

Kusumo Martanto, CEO Blibli.com mengatakan, “Blibli.com Big Start Indonesia adalah bentuk komitmen kami dalam mendorong perkembangan pewirausaha kreatif yang menjadi mesin dari pertumbuhan industri kreatif. Para pemenang BBSI Season 4 mewakili pengusaha kreatif dengan produk paling inovatif yang didukung oleh strategi bisnis yang sangat tajam. Dengan demikian, mereka memiliki potensi besar untuk menjadi pemain yang kuat di pasar lokal serta merambah pasar internasional di mana kedua hal ini juga menjadi penilaian penting di BBSI 2019.”

Kusumo juga mengaku bangga dengan gelaran ini karena setiap tahun kualitas makin bagus. Jadi secara keseluruhan, creativeprenuer dari Indonesia makin hari makin bagus. Dan BBSI Season 4 ikut bangga sudah berpartisipasi.

 “Yang menarik dari kompetisi ini adalah saat masuk Top 20, para mitra usaha dan mentor memberikan transfer knowledge kepada para finalis seperti bagaimana supply chain, bagaimana menjaga produksi, merekrut outsourcing, bagaimana menghitung finance dan sebagainya. Mereka dibekali pengetahuan agar usaha tetap bisa bertahan. Sebab yang namanya entrepreneur adalah bukan pada saat memulainya, namun bagaimana bisa bertahan, bisa membuat usahanya lebih besar, sehingga lebih sustainable,” katanya.

Kusmono juga menegaskan, “Terus terang membina UMKM itu bukanlah pekerjaan yang mudah, namun yang terpenting adalah bagaimana membesarkan dan terus memberikan pembinaan pada mereka. Jika hanya sekedar membuat kompetisi, siapapun bisa melakukannya, tapi adakah yang konsisten sampai sekarang ini? Karena itu, kami bertekad untuk tetap mendampingi para peserta BBSI Season 4 karena kami ingin menjadi bagian dari kesuksesan mereka di masa depan. “

BBSI Season 4 telah melalui berbagai fase hingga akhirnya memilih enam pemenang. Kompetisi yang sudah terlaksana sejak 2016 ini membuka pendaftaran selama Juni – Agustus 2019. Setelah kompetisi berakhir, semua pemenang dan juga pengusaha kreatif yang masuk ke Top 100 akan terus mendapatkan pelatihan serta pendampingan dari Blibli.com melalui Galeri Indonesia. 

Pemilihan peserta dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu sudah menjalankan usaha selama minimal satu tahun, memiliki setidaknya dua produk, menampilkan produk inovatif, serta menjalankan strategi bisnis yang berpeluang besar untuk berkembang. Proses tersebut dilakukan oleh empat juri yaitu Chef Rinrin Marinka (kuliner), Didiet Maulana (fashion), Priscilla Pangemanan (kecantikan & kesehatan), dan Luthfi Hasan (kriya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Sumber : Commercial Content
Editor: Akhmad Sadewa Suryahadi

TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×