kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Kolaborasi Unilever dan Gojek Tingkatkan Taraf Hidup UMKM dan Konsumen Indonesia


Selasa, 27 Oktober 2020 / 17:48 WIB
Kolaborasi Unilever dan Gojek Tingkatkan Taraf Hidup UMKM dan Konsumen Indonesia
ILUSTRASI. Kontan - Unilever Adv Online

KONTAN.CO.ID - Untuk meningkatkan taraf hidup pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dan konsumen di Indonesia, Unilever sebagai salah satu perusahaan fast-moving consumer goods (FMCG) terkemuka di dunia berkolaborasi dengan Gojek untuk memberikan kemudahan akses dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, Unilever dan Gojek meluncurkan GoToko, yakni sebuah platform digital B2B yang menghubungkan para UMKM di Indonesia dengan perusahaan barang konsumen terkemuka. Pasalnya, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dan sudah selayaknya kita membantu mendukung keberlangsungan UMKM, khususnya di saat pandemi ini.

Melalui GoToko, pelaku UMKM dapat mengakses produk kebutuhan sehari-hari secara lengkap dari berbagai merek, termasuk Unilever, dengan harga bersaing dan biaya pengiriman yang terjangkau.

Fokus utama dari kolaborasi ini adalah menjawab kebutuhan sekitar 2,5 juta pemilik warung kelontong dalam kategori underserved atau kurang terlayani yang menghadapi sejumlah tantangan, antara lain terbatasnya ragam produk yang mereka tawarkan, harga produk kulakan yang tidak kompetitif, minimnya dukungan promosi dari produsen, serta kurangnya layanan pengiriman yang andal dan hemat biaya.

Kehadiran GoToko ini tepat di saat mulai meningkatnya layanan belanja online di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian McKinsey & Company pada Juli 2020, diketahui bahwa ada sekitar 60 persen konsumen di Indonesia mencoba melakukan belanja secara online sejak awal tahun ini.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Group, mengatakan, “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Unilever karena kami memiliki misi yang sama dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia, yakni dengan memudahkan akses dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Dengan kemampuan memberikan akses terhadap berbagai macam rangkaian produk kebutuhan sehari-hari, serta pengalaman Unilever yang luas dalam hal bermitra dengan para peritel tradisional yang didukung teknologi dan jejak digital Gojek di Indonesia, kami yakin inisiatif ini dapat bermanfaat bagi berbagai segmen masyarakat di Indonesia dan membangun ketahanan yang lebih baik bagi perekonomian dalam berbagai situasi.”

Ini bukan kali pertama Unilever dan Gojek berkolaborasi. Sebelumnya, Unilever dan Gojek juga berkolaborasi dalam penerapan protokol kesehatan dan kebersihan puluhan ribu mitra pengemudi dan konsumen Gojek di tengah pandemi melalui distribusi hand sanitizer Lifebuoy Skin Immunity Boosting di kota-kota besar seluruh Indonesia.

Selain itu, Unilever dan Gojek juga meluncurkan program Sahabat Sekolah, yakni sebuah program pelatihan bagi ribuan siswa di Bandung Raya yang bertujuan mendidik generasi muda tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan.

Hemant Bakshi, Presiden Direktur Unilever Indonesia, mengatakan, “Agility atau ketangkasan selalu menjadi salah satu kualitas utama kami sebagai perusahaan yang harus terus relevan dengan masa depan (future-fit). Dalam situasi yang berubah dengan cepat seperti sekarang ini, prioritas kami tetap sama: untuk terus memenuhi kebutuhan harian konsumen kami, dengan memastikan produk-produk berkualitas kami selalu tersedia dan mudah didapatkan. Teknologi dan keahlian Gojek akan membantu kami dalam mengoptimalkan program-program kami, termasuk kampanye pemasaran dan promosi agar lebih efektif menjangkau audien yang tepat. Dengan demikian, masyarakat luas dapat memperoleh manfaat dari kerja sama yang saling melengkapi ini.”

Kolaborasi yang dilakukan oleh kedua perusahaan ini dalam mendorong rangkaian inisiatif agar seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dapat memenuhi kebutuhan di tengah pandemi COVID-19 maupun di masa selanjutnya merupakan salah satu kunci untuk menuju Indonesia Maju.

“Unilever percaya pada kolaborasi yang bisa memberikan manfaat kebaikan yang lebih besar untuk banyak orang, dan kami sangat berharap bahwa nilai-nilai yang tercipta dari kerja sama ini dapat membantu UMKM di Indonesia untuk tidak hanya bertahan, tetapi berkembang seraya kita melewati krisis ini. Kami berharap kerja sama antar-pemimpin bisnis seperti yang kami lakukan akan bisa membantu kita semua bangkit menuju Indonesia yang lebih sehat, sejahtera dan maju,” ujar Hemant.

https://www.unilever.co.id/about/unileveruntukindonesia/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×