kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Kolaborasi Kemenpora dan PNM, Bangun Ekonomi Pemuda di mulai dari Pasar


Kamis, 29 Februari 2024 / 17:35 WIB
Kolaborasi Kemenpora dan PNM, Bangun Ekonomi Pemuda di mulai dari Pasar
ILUSTRASI. Kontan - Kemenpora Advertorial Online

KONTAN.CO.ID - Kemiskinan ekstrem menjadi salah satu permasalahan yang harus mendapatkan perhatian serius dan segera diselesaikan di Indonesia. Kemiskinan ekstrem didefinisikan sebagai kondisi dimana kesejahteraan masyarakat berada di bawah garis kemiskinan ekstrem atau setara dengan USD 1.9 PPP (purchasing power parity).

Kontan - Kemenpora Advertorial Online

Pada 2021, angka kemiskinan ekstrem di Indonesia mencapai 4 persen atau berjumlah 10,86 juta jiwa. Melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Presiden Jokowi menargetkan pada 2024 proses pengentasannya rampung dilakukan.

Dalam rangka berpartisipasi untuk melaksanakan instruksi presiden, Kemenpora berkomitmen untuk berkontribusi mengentaskan kemiskinan ekstrem, terutama untuk membangun kemandirian generasi muda. Salah satu upaya yang dilakukan melalui program Wira dengan melatih keterampilan kewirausahaan untuk pemuda-pemudi di pasar.

Menurut Menpora Dito Ariotedjo, pasar menjadi satu ekosistem penting yang harus dikuatkan, mengingat pasar merupakan pusat peradaban dan ruang interaksi sosial masyarakat, serta ekosistem yang menjadi tanggung jawab dari berbagai kementerian, lembaga, dan stakeholder lain.

Kontan - Kemenpora Advertorial Online

Program Wira Muda di Pasar berkolaborasi dengan Permodalan Nasional Madani (PNM), dengan tujuan meningktkan keterampilan dasar generasi muda dalam mengembangkan usaha melalui penguatan literasi keuangan dan pengelolaan permodalan usaha.

Pelatihan ini dilaksanakan pada 28 Februari 2024 di Pasar Induk Kramatjati, dimulai pukul 14.00 - 17.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta dari pemuda-pemudi yang termasuk dalam kategori hidup dalam  kemiskinan ektrem.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Kontan - Kemenpora Advertorial Online

“Kolaborasi Kemenpora dengan PNM saya harapkan bisa membangun perekonomian anak muda di mulai dari pasar, dan saya berharap program ini bisa direplikasi ke seluruh pasar di  Indonesia" tutur Menpora Dito dalam sambutannya.

Menpora Dito juga mendorong agar pelatihan-pelatihan seperti ini tidak hanya diselenggarakan di gedung-gedung mewah, tapi juga di berbagai ruang yang bisa diakses masyarakat.

Program Wira Muda di Pasar bersama PNM diharapkan menjadi langkah yang positif untuk pengentasan kemiskinan ektrem hingga angka nol. Melalui pelatihan ini, diharapkan berbagai persoalan yang dihadapi para pemuda di pasar dapat terselesaikan, dan mendorong kemajuan di berbagai bidang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×