kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%
ADV /

Kenapa Reksadana Jadi Primadona di Kalangan Investor?


Selasa, 31 Agustus 2021 / 11:01 WIB
Kenapa Reksadana Jadi Primadona di Kalangan Investor?
ILUSTRASI. Kontan - Bank DBS Indonesia Adv Online

KONTAN.CO.ID - Pertanyaan yang umum bermunculan di benak pemula di bidang investasi adalah persoalan berapa banyak modal yang harus dikeluarkan? Bagaimana cara menginvestasikan dana? Investasi apa yang sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya bisa meraup untung besar secara aman? Dan sederet pertanyaan lainnya.

Beruntung bagi kamu yang termasuk pemula di bidang investasi, karena kini investasi bisa dilakukan dengan mudah, keamanan terjamin, modal minimal namun keuntungan yang didapatkannya maksimal. Salah satu pilihan investasi yang cukup menarik adalah dengan investasi reksadana. Apa itu reksadana? Secara umum, reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk kemudian dikelola ke dalam bentuk surat-surat berharga seperti saham, obligasi, atau unit penyertaan reksadana oleh manajer investasi.

Investasi reksadana menawarkan beragam kemudahan bagi kamu dalam berinvestasi, karena dana yang kamu tanamkan akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional, sehingga kamu tidak perlu repot repot atau juga pusing memikirkan dan memantau investasi kamu. Ada juga pilihan untuk mencairkan dana yang kamu tanamkan kapanpun kamu butuh tanpa harus menunggu jatuh tempo, jadi kamu nggak perlu khawatir sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana dadakan sementara uangnya sudah kamu masukkan dalam investasi reksadana. Kamu juga tidak perlu takut soal risiko kerugian yang mungkin kamu hadapi, reksadana memiliki perubahan nilai aset (fluktuasi) yang terbilang rendah dan relatif stabil. Selain itu, yang tak kalah penting, modal awal yang kamu butuhkan supaya bisa mulai berinvestasi di reksadana relatif murah. Dengan dana sebesar Rp. 100.000 kamu sudah bisa melakukan transaksi investasi di reksadana pasar uang. menilai keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan investasi reksadana,kamu pasti tergiur untuk mulai investasi, kan?

Kalau kamu sudah memutuskan untuk mulai investasi, ada baiknya kamu menentukan dulu tujuan kamu berinvestasi sebelum melakukan transaksi investasi reksadana. Tujuan yang lebih jelas membantu kamu menentukan jangka waktu investasi. Selain tujuan dan jangka waktu, hal yang tak kalah penting juga paling tidak kamu simak penjelasan singkat mengenai cara investasi reksadana di bawah ini:

● Pilih platform investasi reksadana yang akan digunakan

Kamu bisa pilih platform reksadana online yang menyediakan banyak pilihan untuk mengalokasikan dana investasi kamu melalui digibank reksadana.

● Kenali jenis-jenis reksa dana

Ada beragam jenis reksadana yang tersedia berdasarkan alokasi investasinya, antara lain:

● Reksadana Pasar Uang

Investasi pada jenis reksadana ini seluruhnya ditempatkan pada instrumen pasar uang seperti obligasi, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), dan deposito. Reksadana pasar uang cenderung lebih minim risiko dan transaksi bisa dilakukan dengan modal yang relatif kecil.

● Reksadana Pendapatan Tetap

Pada reksadana ini, investasi dialokasikan pada efek utang dengan menggunakan surat utang (obligasi) baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi.

● Reksadana Saham

Jenis reksadana ini menempatkan alokasi investasinya sejumlah 80% ke berbagai efek saham sedangkan 20% sisanya disalurkan ke pasar uang. Imbal hasil yang didapatkan juga cukup tinggi, namun dengan risiko kerugian yang tinggi juga karena pergerakan nilai yang sangat mudah berubah.

● Reksadana Campuran

Seperti namanya, jenis reksadana ini menggunakan berbagai instrumen investasi dari jenis reksadana yang lain secara sekaligus. Jenis reksadana ini cocok untuk tipe investor konservatif yang cenderung mencari investasi minim risiko dengan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan reksadana pasar uang.

● Tentukan jangka waktu investasi

Seperti sudah disinggung sebelumnya, tujuan yang pasti membantu menentukan jangka waktu investasi. Selain itu, jangka waktu investasi juga berkaitan dengan jenis reksadana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kalau kamu ingin merasakan hasil investasi dalam jangka pendek, biasanya dibawah 1 tahun, kamu bisa pilih reksadana pasar uang. Untuk jangka waktu 1-5 tahun kamu bisa pilih reksadana pendapatan tetap atau reksadana campuran. Jangka waktu di atas 5 tahun lebih cocok untuk reksa dana saham.

● Pelajari dan pelajari prospektus investasi

Hal yang sangat penting namun sering terabaikan adalah soal prospektus. Prospektus memuat seluruh dokumen yang berkaitan dengan investasi reksadana kamu, seperti kinerja, popularitas, scoring, hingga kredibilitas manajer investasi yang mengelolanya. Memahami prospektus bisa membantu kamu menentukan pilihan yang paling bisa menjamin keuntungan bagi investasimu.

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang di mana pergerakan dituntut serba cepat namun mobilitas kita begitu terbatas, digibank by DBS memberikan sajian lengkap seperti nasi padang, dan juga kemudahan dengan investasi melalui aplikasi yang seluruhnya bisa kamu lakukan secara online. Ada setidaknya 5 kemudahan yang bisa kamu dapatkan dengan transaksi investasi reksadana melalui aplikasi digibank by DBS, di antaranya:

● Modal awal investasi yang relatif terjangkau

Kamu ragu memulai investasi karena takut butuh modal yang besar? Jangan khawatir, investasi reksadana di digibank by DBS bisa dilakukan mulai dari Rp. 100.000, dengan begitu kamu cukup sisihkan sebagian uang jajan atau pendapatan bulananmu dan mulai berinvestasi.

● Kelola investasi reksadanamu dalam jangkauan ibu jari

Prospektus, analisa profil tingkat risiko dan profil risiko serta otorisasi transaksi investasi sudah tersedia di aplikasi digibank by DBS, sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot datang kantor bank untuk melakukannya. Aplikasi digibank by DBS akan memberimu SID yang nantinya bisa memudahkan kamu melakukan transaksi investasi berkali-kali tanpa harus mendaftar lagi tiap kali transaksi.

● Produk investasi yang sangat bervariasi

melalui aplikasi digibank by  DBS, kamu dapat mempelajari lebih dari 50 produk yang tersedia sebelum menentukan produk investasimu. dengan data yang teraktual, mengamati kinerja dan popularitas reksadana tertentu bisa membantu kamu menentukan akan dialokasikan kemana dana investasimu.

● Tersedia pilihan 3 kategori reksadana

digibank by DBS menyediakan pilihan produk reksadana yang dapat kamu pilih berdasarkan 3 kategori yaitu berdasarkan kinerja terbaik, reksadana terpopuler, dan scoring terbaik.

● Jaminan 100% aman

DBS dinobatkan sebagai “Bank Teraman di Asia” selama 12 tahun berturut-turut oleh Global finance. Hal tersebut tentunya bisa tercapai dengan memberi dan menjaga jaminan keamanan transaksi investasi.

Merespon ketimpangan antara lonjakan minat investasi dengan pengetahuan mengenai investasi, DBS menghadirkan digibank by DBS sebagai solusi kemudahan investasi untuk kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera unduh aplikasi digibank by DBS dan daftarkan dirimu sebagai bagian dari masyarakat investasi Indonesia!

 

Reference:

https://www.danareksa.co.id/publikasi/artikel/tips-jitu-investasi-reksa-dana-bagi-para-pemula/

https://www.cermati.com/artikel/cara-investasi-reksadana-yang-menguntungkan-dan-mudah

https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana

 

Screenshot plagiarism check:

Kontan - Bank DBS Indonesia Adv Online

Kontan - Bank DBS Indonesia Adv Online

Kontan - Bank DBS Indonesia Adv Online


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal
Tag

TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

×