kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%
ADV /

Kenali Solusi Teknologi HVAC dan Water Heater untuk Hotel Anda


Sabtu, 01 Oktober 2022 / 10:00 WIB
Kenali Solusi Teknologi HVAC dan Water Heater untuk Hotel Anda

KONTAN.CO.ID - Bagi penghuni gedung bertingkat, sebut saja hotel, apartemen, dan service apartment, sirkulasi udara yang baik serta ketersediaan air hangat untuk mandi merupakan hal yang krusial. Pasalnya, kedua hal tersebut merupakan penunjang kenyamanan selama menghuni kamar atau unit apartemen.

Bayangkan saja, bagaimana jadinya jika kamar atau unit lembap akibat sirkulasi udara yang kurang baik. Ketika ingin melepas penat dengan mandi air hangat, sistem water heater juga tidak bekerja dengan baik.

Oleh sebab itu, pengelola gedung perlu mempertimbangkan teknologi terbaik untuk memastikan kenyamanan penghuni.

Berbicara tentang ventilasi udara, gedung bertingkat umumnya dibangun sistem HeatingVentilation, dan Air Conditioning (HVAC). Sistem tata udara ini berfungsi untuk dapat mengontrol suhu, kelembapan, kebersihan, pola aliran suhu, dan tekanan udara di dalam gedung.

Tujuan penataan sistem ventilasi adalah memberi kenyamanan setiap aktivitas di dalam gedung. Keberhasilan sistem ini sangat tergantung pada temperatur, kecepatan, dan tingkat kontaminasi udara yang terjadi pada sebuah ruangan.

Oleh sebab itu, pada saat melakukan proses desain, pemilihan komponen yang hendak digunakan juga harus  memperhatikan detail.  Dalam memilih fan blower, misalnya, harus dipastikan mana yang sesuai dengan kebutuhan, baik fan untuk suplai udara maupun fan untuk membuang udara.

Selain itu, fan supply juga harus diperhatikan dengan teliti. Jangan hanya terfokus pada fan exhaust. Sistem ventilasi yang baik bukan hanya membuang udara kotor ke luar gedung dan selesai begitu saja, tetapi juga menyuplai udara segar ke dalam gedung.

Idealnya, udara yang masuk ke dalam ruangan harus menggantikan udara kotor sehingga kestabilan udara bersih dapat selalu dijaga. Namun, akan lebih baik lagi jika kapasitas suplai udara yang masuk ke dalam gedung lebih besar dibandingkan kapasitas udara yang dibuang ke luar gedung.

Sistem sirkulasi udara tersebut akan menciptakan suatu kondisi yang dikenal dengan istilah positive pressure atau tekanan positif.

Positive pressure merupakan kondisi tekanan udara di dalam ruangan lebih besar dibandingkan tekanan udara di luar. Jadi, udara dari luar tidak bisa masuk ke dalam ruangan melalui celah atau bukaan pintu.

Contoh ruangan yang membutuhkan positive pressure adalah ruang tunggu sopir. Ruangan ini biasanya terletak di dekat parkiran. Kondisi positive pressure akan memblok udara dari parkiran agar tidak masuk ruangan karena udara tersebut mengandung gas monoksida yang berbahaya bagi kesehatan.  

Berkebalikan dari positive pressurenegative pressure adalah kondisi ketika tekanan udara dari dalam ruangan tidak bisa keluar. Sistem ini cocok diterapkan pada toilet agar bau tak sedap dari dalam tidak menguar ke ruangan lain. 

PT. Andero Michaniki Indonesia Menyediakan Solusi Pemanas Air Heat Pump Komersial untuk Perusahaan Anda

Sistem water heater yang baik

Terkait dengan sistem water heater, teknologi yang canggih diperlukan oleh pengelola hunian vertikal atau gedung bertingkat. Saat ini, sistem water heater terbaik ditawarkan oleh Ariston.

Ariston merupakan produsen water heater asal Italia yang telah berdiri sejak 1930. Ariston memiliki serangkaian produk baik untuk perorangan maupun skala bisnis. 

Selain mudah dipasang, perangkat heat pump pada water heater Ariston telah mendukung kelestarian lingkungan. 

Ariston telah mengembangkan heat pump generasi terbaru, yaitu NUOS dan AR Series. Dengan menyerap panas langsung dari udara luar, alat ini mampu memanaskan air dengan kuantitas yang tinggi dan konsumsi listrik yang sangat rendah.

Tipe NUOS menggunakan siklus termodinamika untuk memanaskan air di dalam tangki penyimpanan melalui udara yang masuk oleh kelompok termal yang membalikkan panas secara alami.

Tipe NUOS dilengkapi dengan tiga mode, yaitu Mode Green, Auto, dan Boost. Pada mode Green, heat pump bekerja hanya dengan 250 watt untuk memanaskan air hingga mencapai suhu 55 derajat Celcius.

Kemudian, mode Auto heat pump bekerja dengan mendapatkan bantuan dari elemen heater untuk memanaskan air dari suhu 55 derajat Celcius hingga 70 derajat Celcius.

Sementara pada mode Boost, heat pump bekerja bersama elemen heater  sehingga suhu yang diinginkan dapat lebih cepat tercapai. Mode ini digunakan saat terjadi penambahan kebutuhan air panas yang cepat.

Untuk kebutuhan komersial, ada beberapa produk heat pump Ariston yang dapat digunakan di antaranya AR 35 PTP, AR 6 PM, dan AR 10 PM.

Untuk memenuhi kebutuhan air panas dalam jumlah yang besar pada gedung bertingkat, sebaiknya pompa panas komersial berdaya tinggi digunakan. Misalnya, AR-35 PTP dengan daya output nominal 45 KW. 

Air panas yang dihasilkan disimpan pada suhu 60 derajat Celcius dalam silinder MAXIS CD1 2500, tangki penyimpanan kumparan tunggal dengan kapasitas nominal 2500 liter (l). 

Untuk menghemat energi, Anda dapat menggunakan heat pump AR 6 PM dengan teknologi system refrigerant R-417A. Sementara, heat pump AR 10 PM hanya menggunakan satu per tiga dari energi listrik yang diperlukan untuk memanaskan air dibandingkan dengan pemanas air tradisional.

Untuk kebutuhan yang lebih besar lagi, seperti pemanas air kolam renang, Anda dapat memilih produk AR 6-8-12 SM, AR 50 STP, atau AR 20 STP.

Kebutuhan desain sistem HVAC maupun water heater Ariston dapat dipenuhi oleh PT Andero Michaniki Indonesia. Perusahaan tersebut bergerak di bidang HVAC untuk commercial building dan industrial.

PT Andero Michaniki Indonesia memiliki fokus utama, yaitu mendesain dan membangun sistem HVAC terbaik pada sebuah bangunan.

Perusahaan yang berlokasi di Ruko Hawaii Blok A No.61 Cengkareng Timur, Jakarta Barat ini, merupakan supplier heat pump Ariston. Oleh sebab itu, dengan menghubungi PT Andero Michaniki Indonesia, Anda dapat memperoleh solusi desain HVAC sekaligus water heater untuk gedung bertingkat.  

PT Andero Michaniki Indonesia dapat dihubungi melalui nomor  Whatsapp  atau alamat e-mail info.michaniki@gmail.comAnda juga bisa mengunjungi situs web resmi https://michaniki.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×