kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Jangan Asal Pakai Paylater, Pahami Juga Prinsip Dasar Berutang


Senin, 29 Januari 2024 / 18:56 WIB
Jangan Asal Pakai Paylater, Pahami Juga Prinsip Dasar Berutang
ILUSTRASI. Kontan - Kredivo Adv Online

KONTAN.CO.ID - Mudahnya mendaftar paylater dan lengkapnya fitur yang diberikan, membuat banyak sekali orang menggunakan metode pembayaran ini, bahkan tidak sedikit orang merasakan pengalaman kredit dari sini.

Kini, hampir semua e-commerce dan marketplace juga menyediakan metode pembayaran paylater. Tidak ketinggalan, e-commerce besar seperti Tokopedia juga menyediakan layanan ini. Cara mengaktifkan Tokopedia paylater juga sangat mudah, apalagi jika Anda sudah memiliki akun paylater yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia.

Namun, dibalik kemudahan yang diberikan, Anda juga harus memahami bahwa paylater sama dengan utang, yang harus memiliki komitmen dan disiplin untuk membayar tagihan.

Oleh karenanya, agar penggunaan paylater tetap lancar dan sesuai aturan, simak prinsip dasar berutang, yang ada pada ulasan berikut:

Kemampuan dan Kedisiplinan untuk Membayar

Kemampuan bayar adalah hal utama yang harus Anda tanamkan sebelum berutang atau menggunakan paylater. Oleh karena itu, secara logis hitunglah berapa pendapatan Anda saat ini, kurangi dengan kebutuhan sehari-hari, dan tabungan, lalu sisanya adalah kemampuan Anda untuk membayar cicilan.

Nah, jika kemampuan bayar di atas kertas sudah ada, Anda juga harus memiliki kedisiplinan untuk membayar tepat waktu, dan jangan sampai lalai. Sebab, akan ada denda yang akan menambah beban cicilan, serta menurunnya skor kredit yang Anda miliki.

Tidak hanya itu, kesadaran diri untuk membayar juga perlu diperhatikan, apalagi dalam keadaan genting. Misalnya, cicilan Anda sisa 3 bulan, tetapi Anda di PHK di tengah jalan. Daripada mendiamkan cicilan, lebih baik menghadap ke perusahaan peminjam.

Cobalah untuk melakukan negosiasi untuk restrukturisasi atau penundaan pembayaran. Jangan sekali-kali mengabaikan atau menghilang atau lalai dari kewajiban. Hal ini akan menimbulkan kesulitan di kemudian hari.

Utamakan Kebutuhan Dibanding Keinginan

Tidak sedikit orang yang baru mendapatkan limit paylater, lalu langsung gelap mata membeli barang yang diinginkan secara konsumtif tanpa memikirkan arus keuangan. Contohnya, Anda membutuhkan HP baru, bukan berarti Anda memaksakan untuk mencicil HP flagship keluaran terbaru, karena ingin mengikuti tren saja.

Jika seperti itu, Anda membeli barang yang Anda inginkan, bukan yang Anda butuhkan. Jadi, utang Anda bersifat konsumtif.

Oleh karena itu lebih baik utamakan membeli barang yang Anda butuhkan. Misalnya,

Belilah HP sesuai dengan kemampuan Anda mencicil, dengan spesifikasi yang masih mumpuni untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jika mengambil langkah ini, berarti utang Anda produktif.

Pilih Paylater dengan Bunga Rendah

Apabila Anda baru berencana untuk mendaftar paylater, sangat disarankan untuk memilih lembaga keuangan yang memberikan bunga rendah, sehingga cicilan setiap bulannya terasa lebih ringan.

Jika Anda ingin mengaktifkan Tokopedia paylater ke fintech yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia, Kredivo bisa menjadi pilihan yang baik, karena bunga yang diberikan mulai dari 0% saja.

Jika Anda mengajukan akun Premium Kredivo, maka akan ada banyak layanan Kredivo yang #Sefleksibelitu, yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari paylater dalam 30 hari, dan cicilan 3 bulan, dengan bunga 0%. Lalu cicilan 6 bulan, serta cicilan 12 bulan, dengan bunga ringan, hanya 2,6% per bulan.

Tenang, bukan hanya di Tokopedia saja, Kredivo juga bisa Anda gunakan di ribuan merchant online dan offline, seperti Lazada, Bukalapak, BliBli, Erafone, iBox, Digimap, IKEA, Alfamart, Indomaret dan lain sebagainya.

Nah, seperti itulah prinsip dasar berutang, serta ada tambahan rekomendasi fintech berbunga rendah yang bisa Anda ajukan.

Sudah bulat untuk mengajukan paylater? Yuk, download aplikasi Kredivo Apps Store dan Play Store yang ada di ponsel Anda. Lalu dapatkan limit maksimal Rp50 juta dari Kredivo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×