kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Ini Tips Aman Mengendarai Mobil Jarak Jauh dari Otoklix


Selasa, 25 Oktober 2022 / 15:00 WIB
Ini Tips Aman Mengendarai Mobil Jarak Jauh dari Otoklix
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - Momen libur akhir pekan biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berlibur ke luar kota menggunakan mobil. Lantaran jaraknya yang jauh, butuh persiapan yang matang mulai dari kondisi fisik hingga kendaraan yang digunakan. Jika mobil dalam keadaan kurang sehat, sebaiknya dibawa ke bengkel terdekat atau bengkel rekanan Otoklix terlebih dahulu guna mendapatkan perawatan. Berikut ini adalah tips perjalanan jauh naik mobil:

1. Siapkan Tubuh yang Sehat

Tips perjalanan jauh naik mobil bagi perempuan yang pertama adalah menyiapkan kondisi tubuh yang sehat dan prima. Pasalnya, mengemudikan mobil untuk perjalanan jauh dapat membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk. Jika sudah demikian, risiko kecelakaan semakin besar.

Sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya istirahatkan tubuh lebih dulu dengan jangan bergadang, mengonsumsi makanan yang sehat serta olahraga yang cukup.

2. Cek Kondisi Mobil

Selain menyiapkan tubuh yang sehat, jangan lupa untuk memeriksa kondisi mobil. Ini penting supaya perjalanan jauh Anda tidak terganggu dengan hal-hal seperti mobil mogok dan lain-lain.

Sebelum bepergian jauh, sebaiknya cek sejumlah komponen di mobil Anda seperti air radiator, filter dan selang bensin, busi dan oli mesin, kipas pendingin mesin atau AC, aki, timing belt, rem mobil, saringan udara, lampu, wiper, dan kondisi ban termasuk ban cadangan. Bila perlu, lakukan juga tune up mobil Anda supaya lebih aman dan nyaman saat dikendarai

Promo Ganti Oli OTOGAJIAN dari Otoklix

Saat ini Otoklix tengah mengadakan promo OTOGAJIAN agar ganti oli di akhir bulan seperti ini jadi makin hemat dan Oli dijamin ori! Gunakan kode promo OTOGAJIAN dan dapatkan DISKON 11% tanpa minimum pembelian. Gratis filter oli + jasa pasang. Periode booking: 25 Oktober 2022 - 6 November 2022 dan Periode servis: 25 Oktober 2022 - 31 Desember 2022.

3. Rute Perjalanan yang akan Dilalui

Tips perjalanan jauh naik mobil yang aman dan nyaman berikutnya yakni menyiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Dengan menentukan jalur mana saja yang akan dilewati membuat pengemudi tidak membuang-buang waktu untuk mencari jalur perjalanan menuju tujuan.

Menentukan rute perjalanan juga bisa memanfaatkan aplikasi penentu arah. Namun, jangan terlalu percaya terhadap aplikasi tersebut karena bisa saja mobil Anda di bawa ke jalur yang salah.

4. Siapkan Bahan Bakar

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan bahan bakar mobil sudah terisi penuh. Jangan sampai mengisi bahan bakar menjadi penghambat perjalanan karena harus mengantri di pom bensin yang tentunya membuang-buang waktu.

Gunakan bahan bakar berkualitas baik supaya mesin mobil tetap awet dan performanya selalu maksimal.

5. Bawa Barang Seperlunya

Biasanya saat ingin bepergian jauh, orang akan menyiapkan beberapa barang keperluan yang paling sering dipakai. Misalnya obat-obatan, perlengkapan bayi dan anak, serta barang elektronik seperti power bank.

Barang-barang tersebut wajib kamu letakkan atau rapikan di tempat yang mudah terlihat, sehingga saat ingin memakainya kamu tidak kewalahan mencari.

6. Bawa Makanan Sendiri

Karena pandemi Covid-19 belum usai, disarankan untuk tidak membeli makanan di luar. Hal ini lantaran kita tidak tahu apakah makanan tersebut bersih atau sudah terkena kotoran. Belum lagi harga makanannya yang belum jelas.

Nah, lebih baik membawa makanan atau bekal dari rumah. Selain higienis dan terjaga kebersihannya, membawa makanan dari rumah juga bisa membuat kantong lebih irit.

7. Istirahat Minimal 2 Jam

Jika perjalanan yang dilakukan memakan waktu lebih dari 5 jam, maka lakukan jeda di sela-sela perjalanan seperti istirahat setiap 2 jam. Istirahatkan tubuh minimal 15-30 menit. Berbeda dengan laki-laki, tubuh perempuan rentan lelah dan membutuhkan banyak istirahat dan asupan gizi yang seimbang.

Selain mengembalikan kesegaran dan fokus pengemudi, istirahat juga bertujuan untuk mendinginkan mesin kendaraan. Sehingga tidak ada salahnya untuk memasukkan istirahat ke dalam tips aman perjalanan jauh dengan mobil.

8. Berkendara Secara Aman

Salah satu hal yang wajib diperhatikan pengemudi yakni berkendara secara aman. Jaga jarak mobil apabila melalui jalan bebas hambatan atau tol. Pastikan kecepatan mobil sesuai dengan rambu-rambu yang berlaku agar keselamatan penumpang terjaga.

9. Putar Musik dan Lagu Kesukaan

Perjalanan jauh biasanya membuat pengemudi maupun penumpang merasa bosan, karena terus berada di dalam mobil. Kondisi ini tentu tidak baik dan membuat perjalanan jadi tidak menyenangkan.

Maka itu, adanya musik atau hiburan lain seperti podcast bisa menghidupkan kembali suasana liburan. Anda dan keluarga bisa saling mengobrol sambil berbagi tawa bersama. Momen ini sangat berharga dan sangat disayangkan bila dilewatkan.

10. Hindari Melakukan Perjalanan Malam Hari

Sebagian orang suka bepergian jauh saat malam hari karena suasananya sejuk dan tidak banyak pengemudi lainnya. Namun di satu sisi, mengemudi di malam hari juga mempunyai risiko yang cukup besar apalagi bagi seorang perempuan misalnya seperti jalanan yang sepi hingga suhu udara yang dingin bisa membuat pengemudi hilang kewaspadaan.

Tak hanya itu, melakukan perjalanan jauh saat malam hari bisa menimbulkan masalah baru yang dapat menyebabkan kecelakaan. Sebisa mungkin, pilih waktu bepergian di pagi hari saja. Karena pagi hari merupakan waktu di mana orang-orang mulai beraktivitas.

Itulah beberapa tips perjalanan jauh naik mobil bagi perempuan yang bisa diterapkan. Paling penting adalah sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima seperti mengganti oli, memeriksa kaki-kaki, filter AC, perawatan eksterior hingga interior. Jangan lupa lakukan service berkala di bengkel terpercaya atau di bengkel milik Otoklix.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU

×