kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45958,95   2,34   0.24%
  • EMAS1.028.000 1,08%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%
ADV /

GPS Tracking Ini Punya Fitur Lengkap Yang Terintegrasi Kemenhub & Jakarta Smart City


Jumat, 13 Januari 2023 / 08:00 WIB
GPS Tracking Ini Punya Fitur Lengkap Yang Terintegrasi Kemenhub & Jakarta Smart City

KONTAN.CO.ID - GPS tracking menjadi teknologi esensial dalam keberlangsungan dan persaingan bisnis saat ini. Alat tersebut dibutuhkan terutama oleh perusahaan di sektor logistik, pariwisata, transportasi umum, dan jasa rental kendaraan.    

Pasalnya, GPS tracking memiliki berbagai fungsi, mulai dari memantau kondisi dan lokasi kendaraan, merekam riwayat perjalanan, hingga mengawasi perilaku pengemudi.

Dengan menggunakan GPS tracking, Anda dapat meningkatkan keamanan aset kendaraannya dari tindak kejahatan dan kecurangan. Selain itu, teknologi ini juga dapat meningkatkan kinerja dalam pengelolaan aset dan layanan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun telah mewajibkan perusahaan yang memiliki kendaraan umum dalam trayek dan non-trayek untuk memasang GPS tracking di armadanya, seperti taksi, bus, mobil boks, truk, dan kendaraan rental.

Ketentuan itu tertuang antara lain dalam Permenhub Nomor 60 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor di Jalan, serta Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP.2081/AJ.801/DRJD/2019.

Peraturan tersebut bertujuan agar pengawasan atas kendaraan komersial lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, menggunakan GPS tracking yang sudah terintegrasi dengan sistem Kemenhub biasanya memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Namun, tidak semua penyedia GPS tracking terintegrasi dengan sistem Kemenhub. Salah satu penyedia GPS tracking yang sudah menerapkannya adalah IzzyTrack.

IzzyTrack merupakan GPS tracking karya anak bangsa yang dikembangkan oleh perusahaan dengan core business di bidang IT. Oleh karena itu, IzzyTrack tidak mengembangkan sistemnya menggunakan jasa pihak ketiga.

Dengan memiliki tim riset dan teknisi berpengalaman, IzzyTrack dapat melakukan perubahan dan improvisasi pada sistemnya dengan lebih cepat dan lebih optimal.

IzzyTrack juga mudah diintegrasikan dengan sistem lain. Selain dengan Kemenhub, sistem GPS tracking ini juga sudah terintegrasi antara lain dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Jakarta Smart City.

GPS tracking IzzyTrack telah terintegrasi dengan sistem Kemenhub dan Jakarta Smart City. Dok. IzzyTrack

Punya fitur lengkap

Teknologi GPS tracking karya anak bangsa ini memiliki fitur lengkap dan canggih, mulai dari fitur keamanan, manajemen pemeliharaan kendaraan, hingga kustomisasi.

Fitur-fitur tersebut dirancang untuk menjadi solusi dalam mengatasi berbagai kendala internal perusahaan Anda, seperti kecurangan yang dilakukan pengemudi, pengelolaan proses bisnis yang kurang efisien, dan kesalahan pencatatan.

Pada aspek keamanan, Anda dapat memanfaatkan fitur Real-time Monitoring untuk memantau lokasi seluruh armada secara real-time 24 jam dalam waktu bersamaan.

Peta yang digunakan untuk monitoring juga memiliki lisensi dari Google Map dan didukung fitur Google Street View. Apabila terdapat aktivitas mencurigakan, Anda akan menerima notifikasi secara otomatis kepada pengguna.

Notifikasi dikirim melalui email dan pop up pada aplikasi. Adapun aktivitas mencurigakan dapat berupa pelepasan aki, kendaraan keluar dari daerah operasional, dan pelanggaran lain terhadap standar operasional prosedur perusahaan.

Anda juga akan dihubungi oleh tim call center dari IzzyTrack apabila GPS tracking tidak mengirimkan data selama 24 jam.

Fitur keamanan lain yang dapat Anda manfaatkan adalah Asset Status. Fitur ini berfungsi untuk mengetahui status mesin kendaraan dalam kondisi mati atau menyala, status baterai cadangan, dan status pintu dalam posisi tertutup atau terbuka.

Lalu terdapat fitur Playback History yang dapat Anda gunakan untuk melihat riwayat perjalanan yang ditempuh pengemudi, beserta informasi kecepatan dan odometer.

Pada aspek manajemen perawatan, Anda dapat menggunakan fitur Maintenance Reminder dan Maintenance History. Fitur Maintenance Reminder berfungsi untuk memberi notifikasi jadwal perawatan yang perlu dilakukan dalam waktu dekat.

Sementara fitur Maintenance History berisi seluruh data terkait perawatan, penggantian suku cadang, dan perpanjangan dokumen. Data tersebut menampilkan tanggal dan jam maintenance dilakukan, serta perbandingannya dengan perencanaan maintenance.

Menariknya, IzzyTrack memiliki fitur Kustomisasi agar sistem yang Anda gunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Kustomisasi juga dapat dilakukan pada tampilan dashboard dan output report yang diunduh dari sistem IzzyTrack.

Sebagai informasi, IzzyTrack telah digunakan oleh banyak perusahaan logistik sebagai asset management system sejak diluncurkan pada 2013. Meski demikian, GPS tracking ini juga dapat Anda gunakan untuk kendaraan pribadi.

Untuk informasi lebih lengkap tentang profil dan produk, kunjungi situs web izzytrack.com. Anda juga dapat mengikuti dan membaca informasi seputar IzzyTrack melalui Instagram IzzyTrack Official dan blog IzzyTrack.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×