kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,72   2,08   0.22%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Genset Standby, Tak Perlu Khawatir Listrik Padam


Sabtu, 19 November 2022 / 10:00 WIB
Genset Standby, Tak Perlu Khawatir Listrik Padam

KONTAN.CO.ID - Kawasan perkantoran yang kerap mengalami listrik mati tentu merasa sangat terganggu. Begitu juga di perumahan, ketika listrik padam lebih dari beberapa jam, banyak orang akan mulai panik dan berharap mereka memiliki rencana cadangan.

Genset akan menjadi solusi di saat genting semacam itu. Sangat penting untuk memahami apa itu genset, apa yang dapat mereka lakukan, dan banyak pilihan yang mereka hadirkan. Yuk kenali lebih jauh mengenai pengertian genset dan manfaatnya.

Genset merupakan singkatan dari generator set yang dirancang khusus untuk dapat digunakan sebagai pengganti aliran listrik. Pengguna genset di Indonesia sebagian besar memanfaatkannya ketika terjadi pemadaman listrik bergilir, padahal genset juga bisa digunakan untuk menambah daya listrik apabila tidak mencukupi.

Apa itu Genset Standby?

Genset standby/siaga adalah sumber daya cadangan yang menyala secara otomatis saat listrik utama padam. Mereka dipasang secara permanen di luar rumah atau bisnis. Mereka terbungkus dalam kotak tahan cuaca untuk melindunginya dari elemen.

Tenaganya berasal dari sumber bahan bakar independen seperti gas alam atau propana. Ini berbeda dari genset portabel tradisional yang membutuhkan bensin untuk menjalankannya. Ini menghemat perjalanan untuk mendapatkan bensin dan mengisi ulang sesuai kebutuhan dengan model portabel.

Ketika terjadi kegagalan daya, saklar transfer otomatis merasakan hilangnya utilitas dan mengirimkan sinyal ke genset untuk memulai, setelah kira-kira 10 detik kontak relay saklar transfer otomatis akan menutup dan akan segera mulai memasok daya ke sistem kelistrikan Anda.

Setelah genset beroperasi, genset akan memberi daya pada sistem dan peralatan penting, termasuk sistem pendingin atau pemanas, lampu, lemari es, pompa air, dan banyak lagi.

Apakah Rumah Saya Membutuhkan Genset?

Pemadaman listrik dapat terjadi kapan saja. Beberapa pemadaman berlangsung singkat, tetapi yang lain dapat berlangsung selama berjam-jam atau berhari-hari dan menimbulkan risiko kesehatan dan keselamatan yang signifikan.

Pemadaman dapat terjadi karena berbagai alasan, mulai dari badai yang merobohkan pohon, hewan di saluran listrik, atau perusahaan listrik Anda mengalami masalah dengan jaringannya. Jika penting bagi Anda untuk menjaga sistem pemanas dan pendingin Anda tetap berjalan atau menyalakan lampu selama pemadaman listrik, Anda harus mempertimbangkan untuk memasang genset siaga.

Namun, apapun yang terjadi, pastikan Anda berpikir ke depan dan memiliki rencana praktis tentang bagaimana Anda akan menangani pemadaman listrik di wilayah Anda.

Berapa Ukuran Genset yang Anda Butuhkan?

Genset siaga rata-rata untuk perumahan hingga komersial kecil berkisar antara 8-150 kilowatt dan akan memenuhi hampir semua kebutuhan daya. Jadi, sangat penting untuk memilih genset yang akan memenuhi kebutuhan dan gaya hidup spesifik Anda.

Misalnya, jika Anda hanya ingin memberi daya pada beberapa peralatan utama dalam struktur besar atau segala sesuatu di rumah yang lebih kecil, genset 8 hingga 30 kilowatt mungkin cocok untuk Anda. Di sisi lain, jika Anda ingin memberi daya pada segala sesuatu di rumah besar, yang lebih besar akan lebih masuk akal untuk memberi Anda apa yang Anda butuhkan.

Untuk itu, selalu direkomendasikan untuk melakukan perhitungan beban yang tepat untuk menentukan genset ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda. Ada beberapa pertimbangan lain yang harus diperhatikan sebelum memilih ukuran yang tepat, termasuk:

  • Lokasi
  • Kode listrik
  • Layanan dan meteran gas yang memadai
  • Peraturan kebisingan lokal Anda
  • Estetika

Bagi Anda yang sedang mencari genset standby/siaga berkualitas tinggi, maka Anda dapat mempercayakannya pada Hartech. Hartech merupakan perusahaan manufaktur genset pertama dan terbesar di Indonesia yang menjual genset beserta spare part/suku cadang genset yang original dan lengkap dengan harga yang bersaing.

Tidak hanya menjual genset, Hartech juga melayani jasa penyewaan dan perawatan genset (layanan purna jual) dengan jangkauan sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh dengan mengakses official website Hartech di hartech.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

×