kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
ADV /

Gapai Puncak Inklusi, Perlindungan Makin Pasti


Kamis, 17 Oktober 2019 / 13:40 WIB

Gapai Puncak Inklusi, Perlindungan Makin Pasti

Jakarta, 15 Oktober 2019 – Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang didukung penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) kembali mengadakan kegiatan tahunan FINEXPO & SUNDOWN RUN 2019 sebagai puncak dari Bulan Inklusi Keuangan yang dilaksanakan setiap bulan Oktober. Mengusung tema “Gapai Puncak Inklusi, Perlindungan Makin Pasti”, kegiatan ini bertujuan meningkatkan inklusi keuangan dan pemahaman mengenai perlindungan konsumen di Indonesia.

Tirta Segara, selaku Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK menuturkan, “Dalam mencapai inklusi keuangan, kolaborasi aktif antara regulator dan PUJK sangat diperlukan. Hal ini penting untuk saling mendukung dalam meningkatkan literasi keuangan serta mendorong masyarakat untuk menggunakan produk dan layanan jasa keuangan. Selain itu, dalam pelaksanaannya, OJK maupun BI juga akan terus mendukung penguatan sisi perlindungan konsumen sektor jasa keuangan karena kepercayaan masyarakat merupakan salah satu pilar utama yang akan menopang berkembangnya industri sektor keuangan.”

Untuk mendukung peningkatan inklusi keuangan, Presiden RI telah menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). Selain itu, juga menetapkan tanggal 20 Agustus sebagai Hari Indonesia Menabung melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung (HIM). Pemerintah juga menetapkan target tingkat literasi keuangan sebesar 35% di tahun 2019 yang tercantum di dalam Perpres Strategi Nasional Perlindungan Konsumen No. 50 Tahun 2017 untuk membantu mendongkrak tingkat keuangan inklusi di Indonesia mencapai 75% di akhir 2019.

Salah satu bentuk dukungan dari PUJK dalam mengimplementasikan program pemerintah, maka secara bersama-sama PUJK telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan sinergi aksi melalui Kegiatan FINEXPO & SUNDOWN RUN 2019 sejak tahun 2018. Pada tahun ini, akan dilaksanakan selama empat hari sejak tanggal 17-20 Oktober 2019 di Mall Kota Kasablanka. Dalam kegiatan dimaksud akan menghadirkan berbagai macam pameran produk dan/atau jasa keuangan dengan beragam bentuk diskon, reward, cashback, doorprize, bonus dan hadiah yang ditawarkan oleh para PUJK.

Selain itu, terdapat juga berbagai aktivitas seperti talkshow bersama Jouska dan IWAPI serta pemberian penghargaan (awarding) pada program Simpanan Pelajar (SimPel). Tak ketinggalan pula berbagai perlombaan yang telah dinanti seperti Sundown Run, Journalist Writing Competition, Fin Idol Cilik, dan Vlog Competition, yang diikuti oleh PUJK dan masyarakat umum. Puncak kegiatan juga akan dimeriahkan oleh Kahitna, Diskopantera, Ardhito Pramono serta penampilan dari PUJK.

Wani Sabu, Ketua FINEXPO & SUNDOWN RUN 2019 menyatakan, “Biaya hidup terus meningkat, oleh karena itu seseorang harus memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk mencukupi kebutuhannya saat ini dan di masa depan. Dalam FINEXPO & SUNDOWN RUN 2019 kami sengaja berfokus pada pentingnya perlindungan konsumen sebagai salah satu wujud nyata langkah OJK dan BI dalam menggandeng PUJK untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memantapkan kepercayaan konsumen terhadap produk/layanan jasa keuangan, serta membuka akses keuangan untuk sektor Perbankan, Pasar Modal, Perasuransian, Pembiayaan, Pegadaian, Dana Pensiun dan Fintech.”

Dalam kesempatan ini, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI juga akan mencanangkan Hari Indonesia Menabung (HIM) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung untuk mendorong peningkatan kesadaran masyarakat terhadap inklusi keuangan dan budaya menabung.

Cek info selengkapnya di Instagram @finexpo.id.
 


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini

Tag
Terpopuler

×