kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
ADV /

Gaji Di Bawah UMR Kota Apakah Bijak Mengajukan Cicilan dan Pinjaman?


Rabu, 24 Juli 2024 / 16:30 WIB
Gaji Di Bawah UMR Kota Apakah Bijak Mengajukan Cicilan dan Pinjaman?
ILUSTRASI. Cicilan dan Pinjaman. Kontan - Kredivo Adv Online

KONTAN.CO.ID - Bagi Anda memiliki pendapatan di bawah UMR kota-kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Makassar dan lain sebagainya, yang memiliki UMR mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp5 jutaan dan berniat ingin mengajukan cicilan dan pinjaman, kini sudah bisa, lho!

Sebab, kini fintech seperti Kredivo memiliki syarat yang cukup bisa dijangkau oleh banyak masyarakat, yaitu minimal berpenghasilan Rp3 juta, Anda bisa menikmati beragam layanan dari Kredivo.

Namun pertanyaannya adalah, apakah bijak mengajukan cicilan dan pinjaman, apalagi jika gaji Anda masih di bawah UMR kota-kota besar. Mari simak ulasan berikut:

Lebih Baik Pinjam Sesuai Kemampuan

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin mengajukan pinjaman, apalagi jika pendapatan di bawah UMR adalah mengetahui kemampuan bayar diri sendiri. Sebab, dengan cara ini Anda tidak perlu mengorbankan segala kebutuhan pokok per bulannya untuk membayar tagihan per bulan.

Misalnya, jika Anda mengeluarkan biaya setiap bulannya untuk kebutuhan tempat tinggal, makan, transportasi, bayar internet, hingga biaya malam mingguan dan lain sebagainya, sehingga menyisakan uang Rp400 ribu, maka itu adalah kemampuan bayar Anda setiap bulannya.

Nah, dari sini secara kasar bisa diambil kesimpulan bahwa Anda hanya bisa mencicil barang dengan harga Rp400 ribu per bulan, dan kurang lebih barang dengan harga Rp4 juta untuk cicilan 12 bulan.  

Hindari Pinjaman Konsumtif

Ketika Anda sudah mengetahui kondisi keuangan, dan sudah tahu cara membagikannya sesuai dengan kebutuhan, mengajukan pinjaman juga tidak boleh gegabah dan serampangan. Apalagi jika Anda memiliki pendapatan yang tidak sesuai dengan standar hidup di tempat Anda tinggal.

Oleh karenanya, hindar pinjaman yang bersifat konsumtif, yang tujuannya hanya memenuhi gengsi atau FOMO (Fear Of Missing Out) saja, sehingga barang tersebut ternyata tidak terlalu dibutuhkan, bahkan bisa Anda beli dengan harga yang jauh lebih murah.

Misalnya jika Anda ingin membeli handphone, ingat Anda hanya memiliki kemampuan bayar Rp400 ribu per bulan dan Rp4 jutaan untuk cicilan 12 bulan, jadi jangan paksakan untuk membeli handphone keluaran baru dengan harga yang tinggi, meski limit yang kamu punya cukup memadai.

Pilih Layanan Pinjaman dengan Bunga Rendah

Meski penggunaanya sudah bijak, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar, Anda juga harus selektif dalam memilih aplikasi fintech yang menyediakan layanan cicilan dan pinjaman. Lebih baik memilih aplikasi yang memberikan bunga rendah, sehingga tidak begitu membebani tagihan Anda setiap bulannya.

Salah satu aplikasi fintech yang direkomendasikan adalah Kredivo, yang memberikan bunga sangat rendah. Khusus pengguna Premium Kredivo, Anda bisa menikmati bunga mulai dari 0% untuk tenor 1 dan 3 bulan, serta bunga rendah mulai dari 1,99% per bulan untuk pilihan tenor lebih panjang, yaitu 6, 12, 18 dan 24 bulan.

Anda bisa menggunakan Kredivo di ribuan merchant yang sudah bermitra, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Lazada, iBox, Erafone, Digimap, IKEA, Informa dan ribuan merchant lainnya.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan cicilan dan pinjaman tunai, Anda juga bisa mencairkan sebagian limit Anda langsung dari aplikasi, dengan bunga ringan mulai dari 1,99% per bulan dan tenor hingga 12 bulan.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan layanan Kredivo yang #Sefleksibelitu? Yuk, download aplikasinya di Play Store atau Apps Store yang ada di ponsel Anda, lalu dapatkan kesempatan untuk mendapat limit hingga Rp50 juta!

Namun selalu ingat untuk bijak saat menggunakan cicilan dan pinjaman, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×