kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

FWD Insurance Gemakan Pentingnya Kesehatan Mental Lewat Acara FWD CelebratiON


Kamis, 21 Desember 2023 / 17:02 WIB
FWD Insurance Gemakan Pentingnya Kesehatan Mental Lewat Acara FWD CelebratiON
ILUSTRASI. Erin

KONTAN.CO.ID - Kesehatan mental yang baik sangat penting bagi kesejahteraan kita. Tanpa mental yang sehat, produktivitas dan aktivitas kita sehari-hari akan terganggu.

Namun, nyatanya kesehatan mental menjadi masalah yang dekat dengan kehidupan manusia modern. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia(WHO), satu dari delapan orang di dunia hidup dengan masalah kesehatan mental.

Sementara itu, hasil Riset Kesehatan Dasar2(Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI tahun 2018 menunjukkan angka prevalensi gangguan mental emosional mencapai 9,8%. Diperkirakan, lebih dari 19 juta penduduk Indonesia berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional dan lebih dari 12 juta penduduk di atas 15 tahun mengalami depresi.

Mengutip laman ayosehat.kemkes.go.id3, tiga kondisi kesehatan mental yang paling umum terjadi adalah stres, gangguan kecemasan, dan depresi. Dampak dari stres bisa mengakibatkan kita mengucilkan diri dan sulit mengontrol emosi. Gangguan kecemasan dapat disertai dengan gejala fisik seperti sesak napas dan sakit kepala. Adapun depresi bisa membuat kita kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu, bahkan menyakiti diri sendiri.

Jika Anda merasa mengalami stres berat, gangguan kecemasan, atau depresi, segera sampaikan pada keluarga maupun orang terdekat, dan cari bantuan tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater. Di era digital ini, layanan konsultasi kesehatan mental juga sudah bisa dilakukan secara online. Salah satunya, layanan Program Dukungan FWD Mind Strength dari PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance).

FWD Mind Strength merupakan sebuah platform solusi kesehatan mental digital pertama yang dikeluarkan perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memungkinkan masyarakat Indonesia memperkuat mental secara proaktif, privat, dan positif. Program dukungan ini merupakan hasil pengembangan dan kolaborasi antara FWD Insurance dengan penyedia layanan kesehatan mental digital berskala internasional.

Program ini dapat diakses oleh siapa saja baik nasabah maupun non-nasabah FWD Insurance melalui fwd.co.id/mindstrength. Dalam program ini, masyarakat bisa memperoleh layanan pemeriksaan kondisi mental hanya dalam hitungan menit melalui Mind Strength Assessment. Skrining awal ini berupa kuesioner pemeriksaan sederhana dan tervalidasi secara ilmiah yang dikembangkan oleh Koa Health, penyedia layanan kesehatan mental digital. Hasil assesment akan menunjukkan skor Mind Strength dan menunjukkan opsi dukungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan mental.

Selain itu, FWD Mind Strength juga menyediakan layanan konsultasi dengan ahli di bidang kesehatan mental melalui Mind Guidance Sessions. Konsultasi ini berupa sesi percakapan melalui chat secara privat dengan ahli kesehatan mental melalui aplikasi ThoughtFull, dimana pengguna dapat memilih ahli dan bahasa yang dikehendaki. Pengguna juga memperoleh fasilitas beberapa sesi konsultasi selama satu bulan tanpa biaya tambahan - di mana saja, kapan saja, semuanya dapat dilakukan dari telepon genggam.

assesment

Menariknya lagi, pengguna juga dapat mempelajari cara memperkuat mental melalui materi-materi yang tersedia di website FWD Mind Strength.

Desy N. Widjaya, Direktur FWD Insurance, mengatakan bahwa masyarakat Indonesia semakin menyadari pentingnya kesehatan mental. Namun karena stigma budaya dan sosial yang terkait dengan kesehatan mental, masyarakat masih ragu untuk berbuat lebih banyak.

Agar nasabah dan masyarakat ikut memahami pentingnya menjaga kesehatan mental, FWD Insurance memperkenalkan program FWD Mind Strength melalui acara FWD CelebratiON yang dimulai di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Selasa (19/12) lalu.

Vivi Sulistyowati Regional Sales Director Central FWD Insurance memberikan sambutan di FWD Celebrati

Acara FWD CelebratiON di Solo dibuka oleh Vivi Sulistyowati, Regional Sales Director Central FWD Insurance. Dalam acara tersebut, FWD Insurance menggelar edukasi kesehatan mental bagi nasabah dan komunitas lainnya yang disebut Passionate People. Dipandu Erin Indriani, konselor tersertifikasi dan terdaftar dari Thoughtfull, peserta diajak untuk membongkar mitos mengenai kesehatan mental dan mendalami serba serbi kesehatan mental pribadi.

Setelah itu, Passionate People mengikuti penilaian Mind Strength melalui website https://www.fwd.co.id/id/mindstrength dan mendapatkan tautan yang berisi hasil penilaian serta akses bebas biaya untuk 30 hari konsultasi dengan pakar kesehatan mental melalui aplikasi Thoughtfull. Selanjutnya, peserta diajak membuat reed diffuser yang memberikan manfaat aromaterapi untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan dalam workshop bersama Rumah Atsiri. Acara FWD CelebratiON kemudian ditutup dengan social gathering bersama Passionate People di Solo.

FWD Insurance akan terus mengembangkan program FWD Mind Strength dengan layanan inovatif terbaru serta konten-konten secara berkelanjutan. Layanan ini kedepannya juga akan terhubung dengan manfaat asuransi yang disediakan oleh FWD Insurance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×