kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Dukung Industri Otomotif Tumbuh, IIMS 2023 Tampilkan Ragam Inovasi dan Kolaborasi


Sabtu, 18 Februari 2023 / 21:33 WIB
Dukung Industri Otomotif Tumbuh, IIMS 2023 Tampilkan Ragam Inovasi dan Kolaborasi
ILUSTRASI. Kontan - Dyandra Advertorial Online

KONTAN.CO.ID - Memanfaatkan momentum awal tahun, International Indonesia Motor Show (IIMS) 2023 kembali hadir meramaikan industri otomotif lewat pameran bertaraf internasional pada 16 – 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.  Mengusung tema BOOST (Bringing Opportunity for Otomotive Society Together), IIMS 2023 menghadirkan banyak Agen Pemegang Merek (APM) dan brand (jenama) otomotif yang meluncurkan produk terbaru.

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2023 turut bangga dapat membuka tahun 2023 dengan ajang otomotif internasional sekaligus mendukung pemulihan industri Meeting, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE). IIMS 2023 diharapkan dapat menjadi wadah pelaku bisnis dan komunitas berkolaborasi memajukan industri otomotif nasional.

“Acara ini akan menjadi simbol harapan dan demonstrasi dari ketahanan dan tekad industri otomotif, bahkan IIMS telah menjadi rantai ekosistem baru bagi industri otomotif Indonesia. Acara ini sekaligus mendukung misi pemerintah untuk terus memotivasi mendorong percepatan migrasi dari energi konvensional (fosil) ke listrik atau elektrik,” kata Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung.

Ajang IIMS 2023 juga mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi mengatakan, acara IIMS 2023 sejalan dengan program percepatan migrasi kendaraan elektrik. Pemerintah mendukung pengembangan kendaraan berbasis listrik guna memberikan peluang bisnis baru untuk produktivitas industri nasional di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi mengajak pelaku industri otomotif berorientasi pada ekspor agar perekonomian nasional konsisten tumbuh. “Saya mengajak seluruh industri otomotif untuk lebih berorientasi pada ekspor. Memang peningkatannya sudah cukup tajam dari tahun 2021 ke tahun 2022, dari 300 ribu kurang lebih sudah naik ke hampir 600 ribu. Ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih pada industri otomotif yang sudah meningkatkan ekspornya ke 100 persen,” ujar Presiden Jokowi saat pembukaan acara IIMS 2023, pada Kamis (16/2).

Senada dengan Presiden Jokowi, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama mengatakan, Kompas Gramedia mendukung IIMS 2023 untuk memajukan industri otomotif nasional. Menurutnya, industri otomotif dapat menjadi sektor kunci perekonomian nasional. Pasalnya, banyak negara saling unjuk gigi memamerkan hasil industri otomotif.

Untuk itu, Lilik optimis bahwa IIMS dapat menjadi peluang industri otomotif unjuk gigi di kancah global. "IIMS menjadi platform yang unik bagi negara untuk menampilkan ketangguhan sektor industri otomotif. Dengan menarik perhatian dan investasi internasional, momentum penyelenggaraan pameran otomotif IIMS diharapkan dapat memperkuat profil dan posisi Indonesia sebagai pemain terkemuka dalam pasar otomotif global," kata Lilik.

Sebagai ajang otomotif yang paling bergengsi, IIMS 2023 menyajikan deretan jenama otomotif roda empat terkemuka seperti Mitsubishi, Hyundai, dan Toyota. Sedangkan jenama kendaraan roda dua yang ikut meramaikan pameran antara lain Alva, Benelli, Gelis, KTM, Husqvarna, Namota, Rakata, Royal Alloy, Selis, Smartby, United Motor, dan Yadea. Secara keseluruhan, IIMS 2023 akan menampilkan 20 New Product Launching, termasuk di antaranya adalah empat Indonesia Premiere dari DFSK, Subaru, Morris Garage (MG), Wuling, dan Suzuki.

Mereka pun saling menunjukkan inovasi dalam produk atau kendaraan terbaru. Misalnya, Mitsubishi yang menghadirkan Mitsubishi XFC Concept. Ada pula Suzuki yang meluncurkan produk Suzuki Grand Vitara yang diklaim memiliki fitur canggih serta ekonomis berkat penyematan teknologi hybrid terbaru yang disebut ‘Smart Hybrid Vehicle by Suzuki’.

Jenama asal inggris, MG, meluncurkan mobil crossover listrik mereka yaitu MG4 EV. Kabar baiknya, selama perhelatan IIMS 2023 MG Motor Indonesia memberikan promo menarik kepada 100 pemesan pertama.

Pada kesempatan yang sama, DFSK ikut memamerkan empat mobil listrik, antara lain Gelora E Van, Pick-up EC 31, Glory E3, dan Mini EV. Sebagai komitmen dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, DFSK memulai produksi lokal kendaraan komersial DFSK Gelora E di Indonesia dengan harga jual yang lebih kompetitif.

Tak ketinggalan pula BMW yang memperkenalkan BMW X7 dan Chery yang memperkenalkan Omoda 5. BMW menawarkan harga khusus saat pre-booking selama IIMS 2023 berlangsung.

Jenama asal Korea, Hyundai, meluncurkan Hyundai Creta Dynamic Black Edition. Ada juga Subaru yang secara resmi meluncurkan Subaru WRX generasi kelima, yakni Subaru WRX Sedan dan Subaru WRX Wagon.

Sedangkan brand asal Jepang, Toyota, meluncurkan New Corolla Cross Hybrid EV GR Sport, dan Wuling yang mengusung tema ‘Experience All At Once’, menghadirkan compact SUV terbaru, Alvez.

Tidak hanya jenama internasional saja, jenama lokal pun ikut meramaikan IIMS 2023, dua di antaranya PT Solo Manufaktur Kreasi (ESEMKA) dan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero). Dalam kesempatan ini, ESEMKA menghadirkan Bima 1.3 dan Bima EV yang memiliki dua tipe berupa Mini Van dan Cargo Van yang mengusung tenaga listrik murni.

Sedang PLN akan menampilkan sejumlah kendaraan klasik yang telah dikonversi dari mesin konvensional menjadi bertenaga listrik, di antaranya Vespa PX150 dan Vespa PS150. Selain itu PLN juga mengkonversi kendaraan listrik tipe chopper berbasis chasis Yamaha Scorpio 200cc yang berdaya angkut hingga 200 kg dan memiliki dua baterai yang mampu bertahan untuk jarak tempuh 100 km.

Ruang kolaborasi

Tak hanya pameran industri otomotif saja, IIMS 2023 juga berkolaborasi dengan F1 H20 untuk mendukung ajang The Formula 1 Powerboat World Championship yang akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara. Dengan adanya kolaborasi antara IIMS dan F1 H20 ini, diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan banyak pihak kepada industri otomotif tanah air yang semakin menunjukkan tren positif.

Kontan - Dyandra Advertorial Online

Selain kolaborasi bersama F1 H20, IIMS 2023 bersama Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI) juga bekerja sama menghadirkan ruang pameran dengan wahana air sebesar 160 m2 yang berada di Hall B2, JIExpo Kemayoran. Wahana ini turut dipakai jenama otomotif menampilkan produk mereka, di antaranya Barakuda, Deep and Extreme Indonesia (DXI), F1 Powerboat, Gladiator SUP, Hyundai Seasall & OXE Diesel, IAPS, IPERINDO, JSeven Outdoor, Keman Boat, Lalizas, MDA Insurance Broker, Pusat Marine, SBMI, Sentral Marindo, SF Marina Indonesia, dan Suzuki Marine.

Agar semakin memanjakan pengunjung, IIMS 2023 menggelar panggung musik bertajuk Infinite Live IIMS untuk pecinta otomotif dan musik selama sebelas hari penuh. Panggung Infinite Live 360 derajat akan meramaikan penyelenggaraan IIMS 2023 setiap hari dengan menghadirkan berbagai musisi ternama Indonesia yaitu Ananda Badudu feat. Monita Tahalea, The Adams, Ari Lasso, The Changcuters feat Nidji, Dewa 19 Feat. Virzha, Dikta Wicaksono, For Revenge, God Bless, Hivi!, Isyana Sarasvati feat Deadsquad, JKT 48, J-rocks, Juicy Lucy, Kunto Aji, Last Child, Nadin Amizah, Parade Hujan, Project Pop feat. Alvin Witarsa (Project Popchestra), Reality Club, Rizky Febian, The Sigit, Soegi Bornean, Vierratale feat. RE:UNION, Yovie & Nuno, dan Yura Yunita.

Pengunjung hanya perlu membayar harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp50.000 untuk tiket masuk pada hari Senin – Kamis (weekdays) dan Rp85.000 selama weekend (hari Jumat – Minggu). Sedangkan untuk harga tiket masuk IIMS yang mencakup acara Infinite Live, dikenakan biaya sebesar Rp200.000 untuk weekdays dan Rp250.000 untuk weekend.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×