kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
ADV /

Dorong Produktivitas Karyawan dengan Layanan Konseling dari BIPI Consulting


Kamis, 25 Juli 2024 / 10:00 WIB
Dorong Produktivitas Karyawan dengan Layanan Konseling dari BIPI Consulting
ILUSTRASI. Dok. Freepik

KONTAN.CO.ID -  Menjaga dan mengelola sumber daya manusia (SDM) penting dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa potensi dan minat karyawan tersalurkan secara maksimal.

Pengelolaan SDM tidak hanya mencakup pengembangan keterampilan dan peningkatan kompetensi, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi dan mendukung pertumbuhan profesional mereka.

Dengan langkah ini, perusahaan dapat memperkuat posisi mereka di lapangan, sekaligus menjaga well being karyawan. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah metode yang bisa dilakukan perusahaan untuk pengembangan karyawan. 

1.      Psikotes

Psikotes dapat menjadi alat ukur untuk membantu perusahaan memahami potensi, minat, bakat, dan gaya kerja calon karyawan maupun karyawan yang sudah ada.

Melalui tes ini, perusahaan dapat menempatkan individu di posisi yang sesuai dengan karakteristik mereka.

Dengan begitu, perusahaan bisa mendongkrak produktivitas karyawan, sekaligus menekan angka turnover atau pergantian karyawan.

2.      Assessment karyawan

Assessment karyawan dapat memberikan gambaran obyektif tentang kinerja individu, kekuatan, kelemahan, hingga potensi atau bakat yang berhubungan dengan pekerjaan.

Berbekal hasil assessment, perusahaan dapat merancang program pengembangan yang terarah dan personal, meningkatkan kompetensi, serta mempersiapkan karyawan agar lebih siap dalam menghadapi tantangan di masa depan.

3.      Training

Untuk mendorong kinerja dan kemampuan karyawan, perusahaan dapat melakukan training atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan atau bakat mereka.

Training dapat dikemas dalam berbagai cara, mulai dari menyiapkan sesi pelatihan internal yang dipandu oleh ahli di bidangnya hingga mengirimkan karyawan untuk mengikuti seminar atau workshop yang relevan.

Selain itu, perusahaan juga dapat memanfaatkan atau menyediakan pelatihan online atau e-learning yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

4.      Konseling

Untuk menjaga kesejahteraan mental dan emosional karyawan, perusahaan juga perlu menyediakan layanan konseling.

Layanan ini dapat dihadirkan melalui program konseling individu dengan psikolog atau konselor yang berpengalaman, konseling kelompok untuk membahas isu-isu tertentu, atau menyediakan akses ke platform konseling online yang terpercaya.

Dengan adanya layanan konseling, karyawan dapat memperoleh dukungan dan bantuan yang mereka butuhkan untuk mengatasi berbagai masalah, seperti stres kerja, konflik interpersonal, atau masalah pribadi.

Agar program pengembangan SDM dapat berjalan sesuai kebutuhan karyawan, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan penyedia layanan konsultasi psikologi dari pihak ketiga.

Kolaborasi ini dapat membantu perusahaan untuk memperoleh wawasan mendalam tentang kebutuhan individu dan tim, merancang program pengembangan yang lebih personal dan efektif, serta memberikan dukungan psikologis yang komprehensif bagi karyawan.

Sebagai rekomendasi, perusahaan dapat mengandalkan layanan dari BIPI Consulting yang bergerak di bidang pengembangan SDM.

Untuk kebutuhan bisnis, BIPI Consulting tidak hanya menyediakan keempat layanan di atas, tetapi juga menawarkan jasa dan layanan rekrutmen atau executive search untuk level staf ke atas, sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Selain itu, penyedia layanan ini juga menawarkan jasa pembuatan sistem manajemen karyawan untuk memudahkan tugas departemen sumber daya manusia (HRD) dalam mengkoordinasi, memantau performa, hingga menjawab keluhan karyawan.

BIPI Consulting juga memiliki layanan khusus untuk agenda outing karyawan dengan layanan yang tersebar di 30 kota-kota besar di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, hingga Jayapura dan Sabang.

Untuk mengetahui layanan dan lokasi cabang, kunjungi www.biropsikologi.com atau www.bipiconsulting.com.

Informasi lainnya juga dapat diakses melalui sosial media BIPI Consulting di Instagram @bipi_consulting, Facebook, Linkedin, Tiktok, dan Youtube dengan mengetik “Bipi Consulting”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU

×