kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Cuan Industri Game Kian Menggiurkan, Bagaimana Cara Membuat Game dari Nol?


Selasa, 20 Desember 2022 / 12:00 WIB
Cuan Industri Game Kian Menggiurkan, Bagaimana Cara Membuat Game dari Nol?

KONTAN.CO.ID - Pada 2022, industri game secara global mencapai tingkat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Total nilai penghasilan industri tersebut, diprediksi mencapai sekitar 200 miliar dollar Amerika Serikat (AS) pada tahun ini.

Dari total nilai tersebut, menurut hasil studi lembaga penyedia data industri game Newzoo, nilai yang dihasilkan game mobile lebih besar dibandingkan gabungan nilai dari game personal computer (PC) dan konsol, yakni sekitar 45 persen.

Tingkat konsumsi game streaming juga meningkat lebih dari 69 persen pada kuartal pertama 2022, dibandingkan periode sama pada 2020. Wilayah Asia-Pasifik menjadi penghasil pendapatan tertinggi di industri ini, yaitu 96,3 miliar dollar AS.

Di Indonesia, berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), pendapatan industri game sebesar 1,1 miliar dollar AS pada 2021. Game mobile masih menjadi segmen yang paling diminati dengan jumlah pengguna mencapai 133 juta.

Pada era teknologi digital saat ini, game memang merupakan salah satu industri yang paling berkembang pesat. Sebagai sumber cuan, industri ini telah menarik minat semakin banyak orang di Tanah Air untuk menjadi game developer.

Ada banyak contoh kesuksesan game developer yang merupakan pemain baru. Sebut saja Stairway Games. Melalui kampanye Kickstarter, game developer asal Yogyakarta ini meraup pendapatan Rp 23 miliar dari game Coral Island yang diluncurkan pada 2021.

Jumlah pendapatan tersebut jauh di atas target awal untuk pendanaan yang nilainya hanya Rp 1 miliar. Keberhasilan ini menjadikan Coral Island sebagai game buatan dalam negeri dengan jumlah pendanaan terbesar di Kickstarter.

Kisah Stairway Games merupakan bukti bahwa semua orang dapat menjadi developer game. Terlebih, saat ini sudah banyak tersedia perangkat lunak (software) yang dapat dimanfaatkan dengan mudah untuk menciptakan game.

Cara membuat game sebenarnya sederhana. Kamu dapat memulainya dengan melakukan riset dan konseptualisasi tampilan game.

Kemudian kamu perlu membuat dokumen desain untuk menentukan jalannya gameplay, karakter, alur cerita, hingga fitur-fitur yang diperlukan. Berbagai aspek tersebut harus disesuaikan dengan target pasar dari game yang kamu buat.

Selanjutnya adalah menentukan software yang akan digunakan. Jika ingin membuat game dengan desain dan gambar 3D, kamu memerlukan software yang lebih spesifik.

Langkah terakhir untuk membuat game adalah memulai pemrograman. Tahap ini mungkin yang paling sulit dilakukan karena kamu perlu memahami coding dan bahasa pemrograman yang didukung oleh software yang digunakan.

Tak hanya membuat game, kamu juga akan diajarkan para mentor untuk monetisasi game yang kamu buat. Dok. Onetwocode Indonesia

Kelas membuat game 3D

Untuk kamu yang tidak punya latar belakang atau pengalaman di bidang programming dan coding, tidak perlu khawatir. Kamu dapat mengikuti kelas membuat game dari Onetwocode Indonesia, Unity 3D Game Development Class.

Selama mengikuti kelas tersebut, kamu akan dibimbing game developer profesional untuk memahami cara membuat game 3D dari nol menggunakan Unity Engine.

Sebagai informasi, Unity Engine merupakan software yang sudah banyak digunakan oleh game developer, baik untuk game mobile, PC, maupun konsol. Unity Engine juga dapat diaplikasikan pada multiplatform.

Tidak hanya itu, software dengan bahasa pemrograman C# ini telah menyediakan fitur dukungan berupa tutorial membuat game, dokumentasi, komunitas, dan koleksi sumber informasi untuk membuat game dari pihak ketiga.

Di kelas Unity 3D Game Development Class, kamu tidak hanya mempelajari Unity Engine dan bahasa pemrograman C#, tetapi juga konsep dan cara memunculkan objek ke dalam game dengan baik. Konsep ini disebut object spawning dan object pooling.

Kamu juga akan mempelajari cara kerja collision detection dan game physics, membuat game control dan user interface sederhana, menyimpan dan mengambil data yang digunakan dalam game, serta cara menggunakan Unity Ads untuk monetisasi atau menghasilkan uang dari game yang dibuat.

Seluruh materi diajarkan secara teori dan praktik melalui pembuatan project. Selain itu, kamu juga akan diajarkan cara mempublikasikan game yang sudah kamu buat.

Onetwocode Indonesia menerapkan metode belajar semi-privat dengan jumlah peserta maksimal enam orang per kelas. Dengan metode tersebut, setiap peserta dapat belajar lebih intensif dan memiliki banyak kesempatan untuk berdiskusi dengan pembimbing.

Peserta juga akan mendapatkan fasilitas berupa akses unlimited untuk materi belajar, rekaman video kelas, dan grup diskusi dengan alumni. Selain itu, peserta akan mendapatkan sertifikat setelah rangkaian seluruh kelas berakhir.

Kelas Unity 3D Game Development dapat kamu ikuti secara offline dan online. Onetwocode Indonesia juga menyediakan opsi pembayaran dengan cicilan hingga 12 bulan tanpa bunga. Bagaimana, menarik bukan?

Apabila kamu ingin mengambil peluang sebagai game developer atau sudah memiliki ide untuk membuat game, kamu dapat memulainya dengan belajar di kelas Unity 3D Game Development dari Onetwocode Indonesia.

Untuk mengetahui informasi lengkap tentang Kelas Unity 3D Game Development, kamu dapat mengunjungi kantor Onetwocode Indonesia di Ruko Daan Mogot Baru, Jalan  Utan Jati Nomor 24, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Atau kunjungi situs web Onetwocode Indonesia di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU

×