kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
ADV / ADV

Ciri-Ciri Toxic Friendship, Pernah Mengalaminya Atau Tidak?


Kamis, 21 November 2019 / 16:49 WIB
Ciri-Ciri Toxic Friendship, Pernah Mengalaminya Atau Tidak?
ILUSTRASI. Photo by Pexels

KONTAN.CO.ID - Toxic friendship adalah hubungan pertemanan yang merugikan salah satu sisi. Sementara itu, sisi satunya lebih banyak diuntungkan karena adanya satu sisi yang telah ia rugikan. Hal ini memang menyebalkan. Sejatinya, pertemanan itu harus saling bahu membahu dan susah senang bersama. Namun, meskipun kita tahu apa pengertian dari toxic friendship tapi terkadang kita tidak menyadari bahwa kita sendiri yang sedang atau pernah terjebak dalam situasi tersebut. Untuk lebih paham, berikut adalah 5 tanda kamu sedang berada dalam toxic relationship.

 

  1. Kamu takut mengutarakan pendapat karena takut temanmu marah

Karena kamu telah berteman cukup lama, kamu sudah paham sifat temanmu ini. Kamu tahu temanmu memiliki sifat yang emosional, oleh karena itu kamu sering takut berbuat salah. Jadinya, kamu sering sekali mengiyakan pendapatnya tanpa mengutarakan pendapatmu sendiri. Teman itu saling sharing bukan? Kalau kamu tidak bisa sharing, berarti dia tidak pantas jadi temanmu.

 

  1. Kamu lebih nyaman dan lega saat tidak lagi bersama

Momen bersama teman atau sahabat harusnya menjadi momen yang sangat menyenangkan, tapi bukan untuk kali ini. Kamu malah merasa lebih nyaman dan lega ketika tidak bersama temanmu. Hal itu bisa menjadi tanda bahwa, temanmu selama ini membuat kamu tidak nyaman. Tidak perlu bertengkar, kamu hanya perlu mulai menyusun rencana untuk menjauhi dia. Jika dia memang teman terbaikmu, dia akan mencarimu dan meminta maaf.

 

  1. Drama yang tidak ada habisnya

Satu hal yang bisa kamu yakini dari hubungan yang toxic adalah drama. Hal itu bisa kamu lihat dari dimanapun orang itu berada pasti ada masalah dan drama terjadi yang disebabkan olehnya. Teman yang toxic akan sukar melihat temannya sendiri bahagia. Oleh karena itu, dia suka membuat masalah dan mempersulit hal yang membuat kamu bahagia.

 

  1. Diam-diam, dia meniru semua tentang kamu

Ciri lainnya adalah ketika temanmu diam-diam meniru semua yang kamu lakukan atau kamu pakai. Contohnya ketika kamu menggunakan tas baru, lalu seminggu kemudian temanmu menggunakan tas yang sama dan bilang jika  ia mempunyainya sejak dulu. Bukan hanya barang saja, bahkan mereka bisa menyukai orang yang sama seperti kamu. Bahaya banget kan?

 

  1. Teman sering beralasan demi ditraktir

Hal ini mungkin jarang kamu sadari, karena kasihan kamu sering akhirnya mentraktir teman sekali. Bukan satu hingga dua kali saja, namun teman kamu selalu beralasan demi untuk ditraktir. Alasannya pun bisa bermacam-macam seperti ketinggalan dompet dan lain-lain. Contohnya Saat hangout, kamu yang membayar makanan dan minuman. Saat liburan, kamu yang membayar uang bensin dan tiket masuk obyek pariwisata. Oleh karena itu, uang kamu sering terkuras setiap bulannya.

Tapi kamu jangan khawatir, jika kamu sedang dihadapkan dalam situasi seperti ini dan kamu lagi tidak bisa menolaknya. Tapi kamu jangan khawatir, Traveloka menyediakan fitur PayLater yang mengizinkan kamu untuk beli tiket online sekarang dan membayarnya di akhir bulan. Menarik bukan? Selain itu Paylater Traveloka juga bisa gunakan untuk membeli makanan dan minuman, lho!

Metode pembayaran Traveloka ini adalah salah satu bentuk cara bayar tiket melalui kredit online.  Jika kamu takut akan keamanan menggunakan PayLater Traveloka, tenang saja PayLater Traveloka sudah menjadi alat pembayaran yang aman karena sudah bekerja sama dengan Danamas untuk sistem pendanaannya. Jadi, semua transaksi yang dilakukan oleh Danamas saat meminjam dana ke nasabah dan pembelian produk Traveloka oleh nasabah peminjam akan tercatat juga di OJK.

Jika kamu masih ragu, Paylater Traveloka juga menggunakan fitur Traveloka Secure untuk memberikan kenyamanan dan keamanan para pengguna saat bertransaksi.


Sumber : Commercial Content
Editor: Ridwal Prima Gozal
Tag

TERBARU

×