kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%
ADV /

Cari Pahlawan Pandemi, KG Media Ajak Masyarakat Donor Darah dan Plasma Konvalesen


Kamis, 29 Juli 2021 / 11:47 WIB
Cari Pahlawan Pandemi, KG Media Ajak Masyarakat Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Jakarta, 28 Juli 2021. Ketika banyak orang berjuang melawan virus corona, tidak sedikit pula yang memerlukan perawatan intensif dan transfusi darah.

Sebut saja seorang anak yang terkena demam berdarah, ibu yang mengalami komplikasi kehamilan, atau kepala keluarga yang harus menjalani operasi akibat kecelakaan. Di sisi lain, pihak tenaga kesehatan (nakes) juga membutuhkan bantuan untuk mengurangi penumpukan pasien di rumah sakit.

Pertanyaan, apakah kita akan membiarkan Indonesia terus terpuruk? Tentu saja tidak. 

KG Media percaya bahwa masih ada harapan untuk pulih dan bangkit, karena semua orang adalah pahlawan pandemi.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Indonesia, KG Media bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan komunitas Plasmahero.id menghadirkan Sentra Peduli yang merupakan bagian dari kampanye Kita Bangkit.

Dian Gemiano (Gemi), Chief Marketing Officer KG Media, mengatakan, “Sejak awal pandemi terjadi KG Media selalu mendorong aksi nyata untuk membantu masyarakat yang terdampak. Mulai dari pengadaan fasilitas kesehatan, pengumpulan dan penyaluran dana sosial, membantu UMKM untuk tetap tumbuh sampai berkontribusi dalam penyelengaraan vaksinasi Covid-19. Kali ini kami berkolaborasi dengan PMI dan Plasmahero.id untuk membantu penyediaan darah dan plasma konvalesen yang sangat dibutuhkan saat ini.”

Gemi juga menambahkan bahwa donor darah khususnya donor plasma konvalesen adalah salah satu upaya penting yang dilakukan untuk penanganan pasien Covid-19. Ia turut mengucapkan rasa terima kasihnya atas keterlibatan pihak-pihak yang membantu demi terselenggaranya kegiatan ini.

“Semoga banyak kantong darah plasma yang dapat dihasilkan dari kegiatan ini, sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat yang terselamatkan” ungkap Gemi.

Adapun tujuan dari gerakan sosial ini adalah menyalakan optimisme dan menggugah semangat patriotisme. Lewat Sentra Peduli, masyarakat bisa berkontribusi berdasarkan kondisi dan kemampuannya masing-masing.

Para penyintas yang baru sembuh dapat menyumbangkan plasmanya untuk membantu percepatan pemulihan pasien Covid-19. Sementara bagi yang berada dalam kondisi sehat bisa mendonorkan darahnya.

Jika punya rezeki lebih, maka disarankan untuk menyalurkan donasi melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dan Kitabisa.com. Nantinya, dana yang terkumpul akan disumbangkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi dan juga dalam bentuk alat-alat kesehatan, mulai dari baju hazmat hingga tabung oksigen.

Khusus kegiatan donor darah dan plasma konvalesen, masyarakat bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui situs resmi Kita Bangkit. Setelah mengisi formulir dan memenuhi syarat, maka calon pendonor akan dihubungi untuk tahap skrining, yaitu pengambilan sampel darah.

Apabila dinyatakan lolos, calon pendonor plasma akan mendapatkan undangan untuk tahap pengambilan plasma. Jika tidak, calon pendonor dapat melakukan donor darah.

Semua kantong darah maupun plasma yang terkumpul akan didistribusikan oleh PMI ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas yang membutuhkan stok.

Di setiap tetes darah dan plasma, tersimpan harapan untuk bangkit. Ayo berdonor serta berdonasi lewat Sentra Peduli agar kita bisa #BangkituntukMerdeka.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Kita Bangkit maupun Sentra Peduli, kunjungi kitabangkit.id atau follow akun Instagram @kitabangkit_id.


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini

TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

×