kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%
ADV /

Bulan Inklusi Keuangan: Membangun Optimisme Ekonomi 2023


Selasa, 08 November 2022 / 19:28 WIB
Bulan Inklusi Keuangan: Membangun Optimisme Ekonomi 2023

KONTAN.CO.ID - RODA ekonomi nasional mulai berputar seiring dengan Pandemi Covid-19 yang mereda dan terkendali. Namun di tengah kegembiraan tersebut Indonesia harus kembali menghadapi tantangan dengan keadaan ekonomi dunia yang kurang baik. Walau demikian, ekonomi Indonesia terus bertumbuh namun dengan laju yang lebih lambat dari harapan semula. Salah satu faktor pendukung yang signifikan adalah kontribusi dan kerja keras regulator dan anggota industri jasa keuangan di Indonesia yang fokus kepada pertumbuhan UMKM dan menggalakkan inklusi keuangan untuk seluruh rakyat Indonesia. Bank Mayapada sebagai bagian dari Industri Jasa Keuangan turut mendukung dengan berpartisipasi kegiatan Bulan Inklusi Keuangan selama Bulan Oktober.

Selama lima hari, dari tanggal 26 – 30 Oktober 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali menggelar Financial Expo (FinExpo) 2022 di Central Park Mall, Jakarta. FinExpo yang bertemakan “Go Inklusif, Go Produktif”, merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang telah berlangsung sepanjang bulan Oktober ini. FinExpo 2022 diikuti oleh 134 booth pameran yang terdiri dari berbagai industri jasa keuangan mulai dari perbankan, asuransi, pasar modal, pembiayaan, dana pensiun, pegadaian, fintech, dan e-commerce, hingga para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Acara puncak yang dilangsungkan pada tanggal 29 Oktober 2022 dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, didampingi oleh Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyno, Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi, Direktur Eksekutif LPS Rudi Rahman beserta pimpinan LJK di Indonesia.

Sesuai dengan tema utama BIK tahun 2022, “Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat”, pergelaran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan masyarakat terhadap  produk dan/atau layanan jasa keuangan sehingga dapat mendorong pencapaian target inklusi keuangan sampai dengan 90% pada tahun 2024 serta sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional.

Bank Mayapada Turut Memeriahkan BIK 2022

Sebagai bagian dari Industri Jasa Keuangan, Bank Mayapada juga turut mendukung Bulan Inklusi Keuangan dengan pembukaan booth di acara FinExpo 2022 serta peluncuran berbagai program seru dan menarik sepanjang pergelaran BIK tahun 2022. Salah satu program seru tersebut adalah pemberian hadiah langsung dan cash reward serta lucky dip untuk pembukaan rekening di FinExpo 2022.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk turut serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia yang pencapaiannya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 menunjukkan bahwa Indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia meningkat sebesar 49,68% dan inklusi keuangan sebesar 85,10%. Sedangkan hasil SNLIK 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03% dan inklusi keuangan 76,19%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×