kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45787,24   -2,30   -0.29%
  • EMAS937.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%
ADV / ADV

BNI Lanjutkan Program 30.000 Swab Test Gratis ke Sumatera Selatan


Senin, 08 Juni 2020 / 19:52 WIB
BNI Lanjutkan Program 30.000 Swab Test Gratis ke Sumatera Selatan
ILUSTRASI. Kontan - BNI ADV Online

KONTAN.CO.ID - Swab Test menjadi salah satu senjata penting dalam upaya bersama menekan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Atas dasar itulah PT Bank Negara Indonesia  (Persero) Tbk (BNI) melaksanakan Swab Test Covid-19 secara gratis untuk 30.000 peserta di seluruh Indonesia dalam payung Program BNI Berbagi Swab Test.

Setelah sukses digelar di Jakarta pada 20 – 21 Mei 2020, di Padang 2 Juni 2020, dan di Sekretariat Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya - Palembang pada 7 Juni 2020,  kini giliran masyarakat Palembang mendapatkan Swab Test secara gratis dari BNI di Stadion Jakabaring,  Minggu-Senin (7-8 Juni 2020). Pada  kesempatan tersebut BNI bekerja sama dengan jaringan Rumah Sakit Bunda Jakarta, JSK Group, dan Rumah Sakit Bhayangkara Palembang untuk menyediakan 2.000 swab test gratis.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, LO BPNB Penanggulangan Covid-19 Antoni Simamora, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Wahono Edhi Prastowo, dan Head of Region BNI Wilayah Palembang Dodi Widjajanto.

Langkah ini menjadi bagian dari program mewujudkan BUMN yang terbebas dari Virus Corona, #CovidsafeBUMN serta merupakan bagian dari Program BNI yang memberikan 30.000 Swab Test Gratis bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Dodi Widjajanto mengatakan, "Ini langkah kami untuk membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar virus Covid-19 di Sumatera Selatan. Dengan dukungan jaringan Rumah Sakit Bunda Jakarta dan Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, kami laksanakan bantuan swab test ini secara gratis bagi masyarakat, nasabah BNI, tenaga medis dan aparat kepolisian di Kota Palembang dan sekitarnya."

"Ini merupakan pelaksanaan hari kedua dari rangkaian acara swab test gratis yang dilakukan selama 2 hari. Melalui pemeriksaan ini akan diperoleh data yang akurat sehingga mempercepat penanganan kasus Covid-19 terutama bagi tenaga medis yang berada di garda depan," lanjut Dodi.

Secara terpisah CEO JSK Group, Dennis Jang Sang Kyu, menambahkan “Untuk memastikan fasilitas pengujian yang aman dan akurat kepada massa, kami mengambil inisiatif untuk mendatangkan alat-alat pengujian dari Korea yaitu PCR Swab Kit, Tenda Medis yang bertekanan, Bilik Pengujian yang memungkinkan pengujian Covid19 yang aman baik untuk tenaga medis maupun pasien yang dilakukan secara berkelanjutan. Kami senang bisa bekerja sama untuk tujuan mulia ini bersama BNI dan Bunda dan ada rasa gembira yang dialami kami bersama dengan petugas di lapangan dalam menyampaikan program ini ke banyak kota.

Direktur Bisnis dan Marketing Bunda Group Yusrahma Nurina juga mengatakan bahwa Group Rumah Sakit  Bunda Jakarta dan Laboratorium Diagnos dibawah naungan Bundamedik Healthcare System (BMHS) telah  melakukan pemeriksaan RT-PCR sejak awal pandemi sesuai dengan rekomendasi  Kementerian Kesehatan RI  sebagai jejaring laboratorium swasta untuk COVID 19. Dengan  infrastruktur, teknologi laboratorium serta tenaga yang profesional , GRoup Rumah Sakit Bunda mampu  mengerjakan lebih dari 500 test sehari.

Pelaksanaan swab gratis dilengkapi  pemantauan Epidemiologi  dan follow up kasus yang  berkolaborasi dgn Rumah Sakit  Bhayangkara Palembang dan hasilnya dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Kota Palembang. Hal tersebut merupakan  bagian yang sangat penting dalam peningkatan kecepatan penanganan kasus positif Corona.

Dengan pengalaman ini BNI menggandeng BMHS dan jejaring Rumah Sakit Bunda untuk mendistribusikan pengambilan sampel swab di beberapa daerah di Indonesia ,yang diharapkan selain mempercepat pemutusan rantai penyebaran juga mempercepat pemulihan produktifitas atau menuju new normal," tutupnya.

Selama masa pandemi ini, bantuan CSR yang telah BNI berikan berupa 950 APD Hazmat suit, 100 APD Fullset dan 5.000 Masker yang telah di salurkan kepada Rumah Sakit rujukan dan Tenaga Medis di Wilayah Sumatera Selatan. Kami juga memberikan bantuan berupa paket sembako untuk seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan dengan total 2.421 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi Virus Covid-19, warga yang kurang mampu, anak yatim, yayasan dan panti asuhan di area kerja BNI Wilayah Palembang.

Pada kegiatan tersebut terlihat animo masyarakat yang antusias mengikuti test swab gratis. Protokol kesehatan Covid-19 diterapkan dalam kegiatan ini. Mulai dari tahapan kedatangan peserta dilakukan cek suhu dan cuci tangan, registrasi awal, antrian yang menerapkan physical distancing, lokasi yg selalu disemprot desinfektan, hingga pelaksanaan lainnya hingga selesai. Selain itu Petugas medis yang melayani Test Swab ini juga menggunakan baju APD Lengkap.


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal


×