kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Belajar dan Berkarir Cemerlang Bersama Gen Z dan SB-IPB


Jumat, 08 Maret 2024 / 15:52 WIB
Belajar dan Berkarir Cemerlang Bersama Gen Z dan SB-IPB
Sekolah Bisnis IPB University (SB-IPB)

KONTAN.CO.ID - Indonesia sedang menghadapi bonus demografi yang ditandai dengan tingginya jumlah penduduk usia produktif. Hasil sensus tahun 2020 menunjukkan, 27,94% penduduk Indonesia saat ini adalah Generasi Z atau generasi yang lahir antara tahun 1997 dan 2012. Generasi tersebut digadang-gadang menjadi pendorong aktivitas sosial dan ekonomi, termasuk dalam hal aspirasi, perilaku, dan cara mereka berinteraksi dengan dunia (Kemendikbud, 2021).

Fenomena tersebut menunjukkan bahwa Indonesia punya potensi masa depan yang penuh kreativitas, terlebih Gen Z tumbuh dalam era digital dan informasi yang cepat menyebar. Tak mengherankan pula era digital turut membentuk pandangan dan perilaku Gen Z dalam menentukan pilihan, termasuk dalam hal pendidikan.

Dengan jumlah generasi yang mendominasi dan dukungan digital, Gen Z punya peran penting membawa masa depan Indonesia menjadi lebih baik. Peran tersebut dapat tercapai dengan belajar hingga tingkat pendidikan tinggi atau universitas.

Pendidikan tinggi membantu Gen Z mengenal masalah global yang lebih kompleks seperti perubahan iklim, ketidaksetaraan, dan revolusi industri 5.0. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan sifat kolaboratif serta pemikiran inovatif dan solutif yang ditawarkan oleh perguruan tinggi.

Namun, keterbatasan ekonomi dan ekspektasi sosial terkadang menjadi penghalang Generasi Z mengakses pembelajaran di perguruan tinggi. Belum lagi persaingan masuk ke universitas bergengsi sangat tinggi. Menyikapi permasalah tersebut, Institut Pertanian Bogor (IPB) menawarkan solusi pendidikan kepada calon mahasiswa, khususnya Gen Z. IPB tidak hanya memiliki sistem pendidikan yang berkualitas, tapi juga prospek karir lulusan yang cerah karena memberi keleluasaan mahasiswa dalam mengembangkan potensi diri.

Kualitas pendidikan tersebut juga terlihat dari peringkat IPB yang masuk dalam TOP 5 universitas favorit di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Webometrics 2023 dan telah mendapatkan pengakuan global dengan peringkat 489 dalam QS World University Rankings 2024. Keberhasilan itu menandakan kualitas pendidikan, penelitian, dan kontribusi IPB terhadap solusi nyata untuk tantangan global. (QS World University Rankings, 2024).

IPB melalui Sekolah Bisnis IPB University (SB-IPB), menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru dua kali setiap tahun. Saat ini, SB-IPB telah membuka kembali Program Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Periode ke-1 untuk Program Magister dan Doktor Manajemen dan Bisnis, dengan pendaftaran dibuka hingga 16 Maret 2024. Terdapat tiga kelas untuk Program Magister Manajemen dan Bisnis, yakni Kelas Reguler, Kelas Eksekutif Bogor, dan Kelas Eksekutif Jakarta. Sementara untuk Program Doktor Manajemen dan Bisnis tersedia kelas reguler.

Program Magister Manajemen dan Bisnis di SB-IPB mengarahkan mahasiswa meraih gelar "MM". Program itu juga mendapat pengakuan luas dari instansi dan perusahaan terkemuka di Indonesia, terlebih SB-IPB menawarkan lulusannya untuk melanjutkan studi hingga jenjang Doktor (S3). Akreditasi "Unggul" dari BAN-PT dengan No 4118/SK/BAN-PT/Akred-PMT/M/VII/2022. dan pengakuan internasional dari ABEST21 (The Alliances on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization) dari sebuah lembaga akreditasi ternama berbasis di Tokyo menjadi bukti program ini dalam meningkatkan pendidikan bisnis berkualitas guna menghadapi tantangan global masa depan.

Selain Magister, program Doktor Manajemen Bisnis di SB-IPB dikenal sebagai program pendidikan tinggi yang berprestasi, mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) No. 303/DE/A.5/AR.10/III/2023 dengan predikat "Unggul". Program tersebut punya keunggulan dalam mengintegrasikan penelitian dan praktik manajemen guna meningkatkan kapasitas manajerial dan memberikan kontribusi inovatif pada dunia bisnis. Dengan fokus pada pemahaman teori yang solid dan praktik lapangan, program ini mempersiapkan para lulusannya untuk menghadapi dan menyelesaikan tantangan bisnis aktual dengan solusi yang berbasis penelitian.

Dengan program sarjana, magister dan doktor yang dirancang untuk mengembangkan pemikiran solutif dan sikap kepemimpinan, SB-IPB memastikan Gen Z menghadapi tantangan global dengan persiapan yang matang. Di SB-IPB, Gen Z berkesempatan belajar dengan para akademisi dan praktisi terkemuka, berpartisipasi dalam proyek penelitian yang berdampak, dan membangun jaringan profesional yang luas. Selain itu, SB-IPB membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang solutif dan inovatif di masa depan.

Untuk meningkatkan jenjang pendidikan, Gen Z yang menempuh pendidikan pascasarjana di Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB) didorong untuk mampu menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam studi dan karir. Banyak juga lulusan SB-IPB yang dapat menjadi panutan karena punya segudang prestasi, di antaranya Dr. Budi Yulianto, S.E., M.Si, sebagai CEO dari PT Multi Buana Kreasindo (MKB Group), Indra Sugiarto, S.Si., M.M, sebagai CEO Masuk Kampus, Dr. Ir. Indra Iskandar, M.Si., M.IKom (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Sekretariat Jenderal dan BK DPR RI), hingga Dr. Ir. Suyus Windayana, M.App., Sc, Sekretariat Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional yang berinovasi dalam perancangan sertifikat tanah elektronik dengan peluncuran inovasi secara resmi oleh Presiden Jokowi. Para alumni ini mewakili standar tinggi dari SB-IPB dalam mempersiapkan lulusan yang punya dampak positif dalam berbagai bidang.

Memilih SB-IPB sebagai langkah perjalanan akademis dan profesional adalah pilihan bijak dan strategis Gen Z karena menawarkan pendidikan yang berkualitas tinggi serta menciptakan perubahan berkelanjutan bagi masyarakat luas. Untuk mendukung pendidikan Gen Z, SB-IPB kini sedang membuka Program Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktor Manajemen dan Bisnis 2024 yang dibuka hingga tanggal 16 Maret 2024.

Informasi selengkapnya mengenai PPMB Sekolah Bisnis IPB University dapat dicek pada situs web admisi.ipb.ac.id dan sb.admisi.ipb.ac.id. Ikuti juga media sosial Instagram dan TikTok (@sekolahbisnisipb), Twitter @sbipbuniversity, YouTube SB IPB University, dan WhatsApp 081111-08358.

Jadilah ahli bisnis dengan kuliah bersama praktisi bisnis kompeten di Sekolah Bisnis IPB University. Kualitas terakreditasi tinggi oleh LAMEMBA dan ABEST21. Nikmati fasilitas internasional dan bangun jaringan bisnis berkualitas. SB-IPB, tempat Gen Z menjadi lulusan unggul dan pemimpin bisnis masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU

×