kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%
ADV /

Bank Mandiri kembali berperan sebagai Bank Penyalur Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021


Minggu, 05 September 2021 / 19:46 WIB
Bank Mandiri kembali berperan sebagai Bank Penyalur Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 mempengaruhi pendapatan banyak orang, termasuk pekerja atau buruh di seluruh Indonesia. Demi menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian Ketenagakerjaan lewat Bank Mandiri, menyalurkan Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) kepada buruh agar lebih lancar dan tepat sasaran.

Hasilnya, Bank Mandiri telah menyalurkan BSU kepada total 800 ribu pekerja/buruh dengan nilai Rp 800 miliar yang dilakukan dalam dua batch penyaluran, yakni pada 11 Agustus 2021 dan 21 Agustus 2021. Sedangkan nilai bantuan subsidi gaji/upah yang disalurkan yakni sebesar Rp 1 juta per pekerja/buruh untuk periode dua bulan yaitu Agustus dan September.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan saat ini pihaknya juga sedang memproses penyaluran BSU batch 3 bagi penerima yang dilakukan pembukaan rekening baru sebanyak 324.545.

 "Atas rekening tabungan baru yang telah terbentuk, selanjutnya oleh Kemenaker akan diverifikasi. Setelah itu Bank Mandiri akan menyalurkan dana BSU kepada penerima BSU yang lolos verifikasi Kemenaker,” kata Rohan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/8).

Rohan melanjutkan, komitmen kuat perseroan pada program BSU dilatarbelakangi keinginan Bank Mandiri untuk menyukseskan agenda PEN guna menjaga momentum laju pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi pandemi Covid-19. Program BSU sendiri diinisiasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan melibatkan beberapa institusi lainnya seperti BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) sebagai penyedia data penerima bantuan dan Bank Mandiri serta anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) lainnya sebagai bank penyalur.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Idah Fauziah dalam kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/8) kemarin berkesempatan mengunjungi dengan beberapa penerima Program Bantuan Subsidi Gaji/Upah yang disalurkan Himbara. Didampingi Regional CEO Bank Mandiri VII/Jawa 2 Dessy Wahyuni, Menaker juga bertatap muka dan berdialog dengan penerima BSU yang disalurkan Bank Mandiri. Khusus untuk Kota Semarang, total dana BSU yang telah disalurkan Bank Mandiri pada tahun 2021 sebanyak 72 Miliar.

Sejak diluncurkan pada pertengahan lalu 2020 Bank Mandiri bersama Bank HIMBARA lainnya telah menyalurkan total bantuan subsidi gaji/upah kepada 10,2 juta pekerja/buruh di seluruh Indonesia dengan total nilai penyaluran bantuan sebesar Rp 12,26 triliun.

Kemudian pada tahun 2021, HIMBARA kembali berpartisipasi dalam penyaluran bantuan gaji/upah yang rencananya akan disalurkan kepada 8,7 juta pekerja/buruh di seluruh Indonesia dengan total nilai penyaluran bantuan sebesar Rp 8,7 triliun. "Sejak awal, Bank Mandiri telah menjalankan fungsi sebagai Agent of Development dan kami siap untuk terus mendorong penyaluran program bantuan kepada masyarakat, termasuk pada masa seperti saat ini," imbuhnya.

Hingga Juni 2021, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.426 kantor cabang dan 1.686 jaringan mikro yang terdiri dari unit dan kios mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.102 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/ Plus, Electronic Data Capture (“EDC”), serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking, dan Call Center 14000.


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini

TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

×