kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%
ADV /

Bank Mandiri dan BPD Maluku jalin kerjasama kartu kredit pemerintah domestik


Kamis, 29 September 2022 / 18:56 WIB
Bank Mandiri dan BPD Maluku jalin kerjasama kartu kredit pemerintah domestik

KONTAN.CO.ID - Jakarta, 29 September 2022. Bank Mandiri terus mengembangkan layanan untuk mendukung digitalisasi sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas belanja dan mengoptimalisasi APBD. Salah satu penerapannya, Bank Mandiri menggandeng  BPD Maluku Maluku Utara (BPD Maluku Malut) untuk menerbitkan Kartu Kredit Pemerintah Domestik (KKP Domestik) guna memenuhi kebutuhan transaksional satuan kerja dengan efektif dan efisien. Produk keuangan ini telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Agustus 2022 lalu dimana diharapkan KKP Domestik dapat meningkatkan kelas serta kapabilitas jutaan UMKM di Indonesia melalui digitalisasi pembayaran atas pembelian barang dan jasa pemerintah pusat maupun daerah. KKP Domestik adalah skema pembayaran domestik berbasis fasilitas kredit untuk memfasilitasi transaksi pemerintah pusat dan daerah dalam bentuk Kartu Kredit Pemerintah yang diproses secara domestik menggunakan mekanisme QRIS dapat digunakan di lebih dari 20 juta merchant QRIS secara terinterkoneksi antar penyelenggara, KKP Domestik juga dapat memfasilitasi belanja pengadaan Pemerintah sehingga akan mengoptimalkan penggunaan uang persediaan oleh satuan kerja untuk kebutuhan belanja operasional ataupun belanja perjalanan dinas.

“Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Domestik ini menjadi bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap objektif Gerakan Bangga Buatan Indonesia, serta sejalan dengan kebijakan sistem pemerintahan untuk transaksi cashless yang berbasis transaksi domestik atau dalam negeri dalam mengelola likuiditas keuangan negara melalui sistem pembayaran nasional. Selain itu telah dilakukan serta terus berlangsung berbagai kolaborasi dengan Bank Pembangunan Daerah dalam segala lini baik berupa kerjasama ecosystem pembayaran, wholesale, retail, treasury, dan support kolaborasi lainnya guna tumbuh bersama memajukan perekonomian Indonesia”, Ujar Ibu Eka Fitria selaku Senior Vice President International Banking Financial Institutions Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

“Penggunaan KKP Domestik melalui Livin’  dapat memudahkan Satuan Kerja Pemerintah Daerah dalam melakukan belanja operasional ataupun belanja perjalanan dinas, untuk sistem monitoring dan analisa pengeluaran dengan Mandiri Cash Management 2.0 by KOPRA," terang Retail Transaction and Consumer Head Region X / Sulawesi dan Maluku Bank Mandiri Noviandhika Sukanto.

“Dengan kerjasama ini tentu akan membantu Satuan Kerja di Daerah Maluku Malut menjadi lebih efisien serta meningkatkan prudential dan transparansi dalam pengelolaan anggaran daerah. Bersama Bank Mandiri, BPD Maluku Malut pun telah menjalin berbagai kolaborasi kerjasama penting baik dari kerjasama layanan bank sponsor BI-Fast, eksplorasi kerjasama ekosistem pembayaran biller, cash management, penggunaan super apps wholesale Kopra, treasury, dan masih banyak kerjasama lainnya yang membawa BPD Maluku Malut yang semakin handal, setia melayani semua kebutuhan Pemda serta masyarakat di Maluku dan Maluku Utara" ujar Bapak Syahrisal Imbar selaku Direktur Utama BPD Maluku Malut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×