kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   -10,56   -1.11%
  • EMAS926.000 -0,32%
  • RD.SAHAM 0.35%
  • RD.CAMPURAN 0.29%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%
ADV /

Ayo siapkan anak untuk segera vaksin Covid-19!


Kamis, 11 November 2021 / 12:09 WIB
Ayo siapkan anak untuk segera vaksin Covid-19!

KONTAN.CO.ID - Setelah pelaksanaan vaksinasi anak rentang usia 12-17 tahun, pemerintah akan memperluas program vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun. Hal ini menyusul keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak-anak usia 6-11 tahun.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah menggodok rencana terkait prosedur pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk anak 6-11 tahun. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan program vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun itu bisa dilaksanakan pada awal 2022. Untuk vaksinasi ini, Kemenkes tengah menyiapkan tiga jenis vaksin Covid-19. Yani, Sinovac, Sinopharm dan Pfizer.

Jika menilik pengalaman selama pandemi ini, tak dipungkiri, penularan Covid-19 terhadap anak terus terjadi. Bahkan, saat terjadi tingkat angka penularan tinggi, penularan pada anak-anak juga ikut menunjukkan tren kenaikan.

“Berdasarkan data, angka positif terpapar Covid-19 umur 0-5 tahun sebesar 2,9 %, dan pada usia 6-18 tahun sebesar 9,9% atau meningkat drastis dibandingkan dengan angka pada awal tahun,” jelas Ahmad Miftah, Dokter Puskesmas di daerah Tangerang, memaparkan data saat terjadi lonjakan Covid-19 pertengahan tahun ini, pada Focus Group Discussion (FGD) Vaksinasi Anak yang digelar Kontan dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) beberapa saat lalu.

Oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 di masa mendatang, vaksinasi Covid-19 untuk anak menjadi sangat penting. “Sebagai orang tua, saya mendukung untuk pemberian vaksin kepada anak agar anak punya daya tahan tubuh yang cukup untuk melawan virus Covid-19” tegas Fitri Ana, seorang ibu rumah tangga yang bermukim di Bekasi.   

Sejauh ini, dengan melihat efikasi vaksin terhadap daya tahan tubuh anak terbukti efektif. Daripemberian vaksin Sinovac pada anak usia 12-18 tahun sampai dengan dosis kedua, efikasi mampu meningkat sampai dengan 98,9%. Ini menunjukkan bawah efikasi vaksin Sinovav pada anak lebih besar daripada efikasi pada orang dewasa.

Tak seperti orang dewasa, efek samping, pemberian vaksin Sinovac pada anak-anak cukup ringan.“Hanya muncul keluhan seperti pusing, namun tekanan darah tetap normal,” kata Ahmad. Keluhan lainnya, seperti rasa pegal atau bengkak ringan pada area yang disuntik.

Demikian pula dengan akses untuk pendaftarannya. Fitri mengungkapkan, registrasi vaksinasi anak tak terlalu sulit. Bahkan, petugas di lingkungannya aktif menjemput bola dengan mendata anak-anak yang siap vaksin. “Biasanya kerjasama pihak pemerintah dan tim medis dengan sekolah untuk pendataaan ini,” terang Fitri.

Menjelang vaksinasi, anak-anak pun harus dalam fit dan sehat. Selain itu, persiapan yang dilakukan adalah menjaga waktu istirahat, jangan sampai kurang tidur, sarapan terlebih dahulu sebelum divaksin, dan jangan memaksakan untuk ikut vaksin jika sedang dalam kondisi kurang sehat. Yang penting lagi, jangan merasa cemas ketika akan dilakukan penyuntikan vaksin.

Untuk mengetahui lebih banyak soal vaksinasi anak Anda bisa mengunjugi kanal Youtube Kontan TV untuk menyaksikan FGD ini.

Selanjutnya: Volume penjualan meningkat, pendapatan bersih Indocement naik 4,5% per September 2021


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini
Tag

TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

×