kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,63   -3,01   -0.30%
  • EMAS962.000 0,73%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%
ADV /

Ayo Gunakan Ukur.com Toko Bahan Bagunan dengan Penjualan Transparan


Kamis, 25 Agustus 2022 / 17:00 WIB
Ayo Gunakan Ukur.com Toko Bahan Bagunan dengan Penjualan Transparan
ILUSTRASI. Toko bahan bangunan (material). KONTAN/Cheppy A. Muchlis

KONTAN.CO.ID - Usaha toko bangunan memang memiliki banyak keutamaan. Bagaimana tidak, rumah termasuk kebutuhan pokok manusia, selama semua orang masih membutuhkan tempat tinggal, selama itu juga toko material bangunan akan tetap ada.

toko bangunan dan furniture atau disebut juga sebagai toko material merupakan sebuah tempat di mana kita bisa membeli segala kebutuhan bangunan, seperti kayu, besi, beton, triplek, paku, dan juga lain sebagainya. Semua macam bahan-bahan dan material yang dibutuhkan dalam membangun rumah, dan juga melakukan renovasi biasanya dapat ditemukan di tempat ini.

Selain menguntungkan, membangun sebuah bisnis juga membutuhkan strategi tersendiri, agar usaha yang sedang berjalan dapat berkembang juga memberikan timbal balik yang sepadan. Utamanya jika Anda akan membuka toko kebutuhan bangunan – yang pada awalnya menelan dana tidak sedikit, diperlukan cara khusus dalam menjalankan bisnis ini agar lebih menguntungkan.

Bagaimana kiat membuat toko bangunan dan furniture?

Tidaklah sulit menemukan toko yang menjual alat-alat serta material kebutuhan bangunan. Setidaknya, ada dua hingga tiga toko bangunan yang terdapat di suatu daerah. Banyaknya orang yang memiliki usaha toko bangunan membuat kita harus memutar otak jika ingin membuat model bisnis yang sama. Tidak usah khawatir, berikut merupakan tips agar toko material yang Anda miliki dikunjungi oleh banyak orang.

1. Berada Pada Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis untuk toko bangunan dan furniture ini adalah lokasi-lokasi yang sering dikunjungi oleh masyarakat, misalnya lokasi yang berada di dekat terminal, pasar, hingga dekat dengan daerah kompleks perumahan. Pemilihan lokasi sendiri merupakan satu faktor yang sangat penting untuk kesuksesan jalannya sebuah usaha.

Oleh karena itu, banyak orang-orang rela mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan lokasi strategis. Hal ini dikarenakan memiliki toko bangunan di pada tempat-tempat tersebut membuat masyarakat jauh lebih mudah menemukan toko Anda, serta membuka berpeluang mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

2. Barang yang Akan Dijual Pada toko bangunan dan furniture

Bagi pelaku usaha baru, menyusun daftar barang yang akan dijual pada toko Anda merupakan prosedur yang susah-susah gampang. Jika tidak dilakukan dengan benar, bisa saja perputaran modal yang dikeluarkan menjadi terkendala.

Oleh sebab itu, pada awalnya cobalah untuk memaksimalkan modal pada barang-barang yang memiliki perputaran relatif cepat, seperti halnya pasir, bata, semen, besi, dan cat tembok, serta lain sebagainya. Hal ini supaya modal tersebut bisa lebih cepat menghasilkan dan juga perputaran bisnis Anda berjalan dengan lancar.

3. Melakukan Promosi

Apapun jenis usaha yang Anda tekuni, melakukan promosi ketika bisnis tersebut baru saja dimulai adalah sebuah keharusan. Karena tidak ada gunanya Anda membangun sebuah bisnis jika tidak dikenal oleh orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan promosi pada bisnis yang Anda jalankan.

Pertama-tama mulailah dari orang-orang terdekat Anda, seperti saudara, teman, dan orang-orang terdekat anda yang lain. Selain itu, bukalah jejaring lebih luas lagi seperti halnya berkumpul dengan pengusaha toko bangunan lainnya. Sebarkanlah informasi terkait toko Anda di sosial media dan minta teman-teman Anda untuk membagikannya.

4. Tetapkan Harga yang Bersaing Untuk toko bangunan dan furniture

Bisnis memang memiliki tujuan untuk mencari laba, namun menetapkan laba yang terlampau tinggi di atas harga pasaran juga berpotensi dapat merusak bisnis Anda tersebut. Apalagi berbicara tentang toko bangunan, orang-orang yang membeli bahan untuk bangunan tentu lebih tertarik berbelanja kebutuhan bangunan pada toko material yang termurah.

Oleh karena itu, tentukan harga secara wajar dan juga bersaing, hal ini dilakukan agar calon-calon pembeli berminat berbelanja di toko milik anda, dan Anda juga masih bisa mendapatkan laba atas usaha yang sedang dijalankan.

5. Jujur dan Juga Beri Pelayanan Terbaik

Jujur merupakan kunci menjaga pelanggan agar tetap loyal terhadap toko milik Anda. Ketika seseorang merasa dibohongi, maka kepercayaan orang tersebut akan luntur dan tidak percaya lagi dengan toko tersebut. Selain alasan tersebut, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan membuat mereka sebagai pembeli ia merasa dihargai dan diakomodir segala kebutuhannya.

Percaya atau tidak percaya, penjual toko bangunan yang komunikatif dan juga kooperatif jauh lebih disenangi oleh pelanggan. Karena, para pembeli cenderung banyak bertanya ketika dia membeli kebutuhan bangunan.

6. Kelebihan Dalam Membuka Usaha toko bangunan dan furniture

Sebelumnya telah kita bahas, bahwa membuka usaha toko bangunan dan furniture atau material memiliki kelebihannya sendiri jika dibandingkan dengan usaha lainnya. Tetapi, apa saja kelebihan tersebut? Apakah dengan membuka usaha alat-alat kebutuhan bangunan bisa mendapatkan untung yang besar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjabaran di bawah ini.

- Kebutuhan dan Permintaan Selalu Ada

Usaha toko bangunan dan furniture memang tidak akan habis masanya. Seperti yang telah disebutkan, selama manusia masih membutuhkan tempat tinggal ataupun bangunan untuk kepentingan lain, selama itu pula toko material akan terus ada. Apalagi sekarang ini, banyak sekali gedung dan bangunan lain yang terus dibangun.

Agar dapat membangun bangunan-bangunan itu tentu kita membutuhkan bahan bangunan dari toko material. Sehingga tidak perlu memikirkan tentang pangsa pasar, sebab kebutuhan bahan bangunan sangat tinggi dan permintaan akan selalu ada.

- Tidak Memiliki Masa Kadaluarsa

Berbeda dengan halnya makanan, mayoritas barang yang dijual pada toko bangunan tidak memiliki masa kadaluarsa ataupun jangka waktu yang singkat. Jika barang-barang tersebut tidak terjual hari ini, maka masih bisa untuk diperjual belikan kembali keesokan harinya, sampai akhirnya barang barang tersebut habis terjual. Oleh karena itu, salah satu keunggulan membuka usaha toko material atau toko bahna bangunan adalah Anda tidak perlu khawatir dengan adanya penyusutan nilai produk usaha.

-  Memiliki Potensi Perolehan Laba yang Besar

Semua pebisnis pasti memiliki orientasi pada keuntungan. Berdasar pada alasan tersebut, membuka usaha toko bangunan merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan laba yang terhitung cukup besar. Hal ini disebabkan, harga jual produk bahan bangunan mempunyai margin yang sangat tinggi dibandingkan dengan modalnya.

Dengan selisih margin yang cukup tinggi, tentu membuat keuntungan menjadi jauh lebih besar. Jangan khawatir jika barang yang dijual tidak berputar secara cepat. Sebagai bahan yang termasuk bahan ekslusif, material bangunan memang memiliki perputaran yang terhitung lambat, namun menawarkan keuntungan yang besar.

- Partnership Guna Meminimalisir Modal

Inilah alasan dibalik betapa pentingnya membangun sebuah toko bangunan dengan reputasi baik, terutama bagi Anda yang tidak mempunyai modal terlalu besar untuk membangun sebuah usaha.

Hal ini disebabkan, biasanya supplier bahan bangunan memberikan pinjaman barang sebagai modal pada toko material yang dikenal memiliki reputasi baik. Mengingat kembali sulitnya menjual barang-barang eksklusif, mendapatkan barang baru tanpa perlu menambah beban modal usaha ialah sebuah keuntungan tersendiri.

toko bangunan dan furniture atau toko material menjadi salah satu penyedia bahan pokok untuk menunjang kehidupan. Meratanya distribusi material ke seluruh negeri sudah seharusnya terjadi pada saat ini, hal ini dimaksudkan agar terjadi percepatan pembangunan di Indonesia.

Menjawab persoalan ini, ukur.com hadir sebagai marketplace konstruksi dengan memberikan inovasi jual dan beli pada bahan material. Ukur.com memberikan fasilitas guna pemerataan pembangunan di Indonesia dengan transparan. Hal ini tentu saja dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Seperti yang telah dijelaskan diatas pada bagian kiat-kiat untuk toko bahan bagunan. Ayo gunakan ukur.com sebagai marketplace konstruksi untuk menjual ataupun membeli bahan bangunan anda dari seluruh pelosok negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×